5 Pertimbangan Dalam Memilih Layanan Disbursement untuk Bisnis

12 Februari 2024

Kecepatan pembayaran merupakan salah satu faktor yang dapat membuat karyawan maupun seller atau penjual tetap puas dan setia dengan bisnismu. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan jika kamu sedang memperluas bisnis ke lingkungan atau pasar yang baru.

Karena itulah, ketika memilih penyedia layanan disbursement, cari tahu terlebih dahulu fitur apa saja yang ditawarkan. Berikut ini 5 hal yang harus kamu pertimbangan ketika sedang memilih penyedia jasa disbursement untuk bisnismu.

Layanan Disbursement
Sumber : Envato

Kecepatan Pembayaran 

Faktor proses pembayaran yang cepat tidak hanya terbatas pada bisnis e-commerce saja. Faktor ini juga diperlukan untuk pembayaran lainnya seperti kepada pelanggan, pemasok, dan karyawan. 

Pembayaran dengan cara lama menggunakan transfer bank sering kali membutuhkan faktor pemrosesan yang lama. Apalagi jika dilakukan antar bank yang berbeda di dalam negeri maupun antar bank secara internasional.

Seiring dengan makin meningkatnya ekspektasi dan permintaan pelanggan, maka kamu harus memastikan bahwa proses pembayaran dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Karena itulah, kamu harus memastikan bahwa jasa disbursement yang digunakan mampu menyediakan proses pembayaran yang cepat.

Fleksibilitas 

Infrastruktur pembayaran global yang bisa mendukung perluasan bisnis secara global cenderung sulit untuk ditemukan. Jika kamu berencana untuk melakukan perluasan bisnis hingga ke pasar internasional, maka diperlukan solusi disbursement yang bisa memberikan layanan global.

Layanan disbursement yang sesuai untuk kebutuhan global harus mampu mencapai karyawan, penjual, pemasok, dan kontraktor dimanapun mereka berada. Selain itu, layanan tersebut harus mampu memberikan kemudahan bagi penerima sehingga mereka bisa menerima pembayaran dengan metode yang diinginkan seperti transfer bank, e-wallet, tunai, dan lain-lain.

Keamanan 

Pembayaran lintas bank hingga lintas negara membutuhkan integrasi dengan partner bank dan vendor. Setiap pihak penyedia jasa harus memahami dan mampu mematuhi kewajiban dan peraturan finansial dan perbankan yang sudah ditetapkan. 

Peraturan ini umumnya berbeda di setiap negara dan akan sering kali akan mengalami perubahan setiap waktu. Jadi, solusi disbursement yang baik dan cocok untuk bisnis global harus mampu menyediakan keamanan data dan transaksi secara maksimal.

Kemudahan Pemakaian 

Saat ini, makin banyak bisnis yang beralih ke sistem digital dan makin banyak pula konsumen yang memanfaatkan kemudahan pembelian maupun pembayaran digital. Jadi, sebagai bisnis yang juga memanfaatkan kemudahan transaksi digital, sangat penting memilih layanan disbursement yang menawarkan kemudahan pemakaian.

Pilih penyedia jasa disbursement dengan antarmuka yang mudah digunakan. Antarmuka yang baik juga harus menyediakan laporan kegiatan disbursement, laporan transaksi, dan berbagai metrik penting untuk memeriksa lalu lintas transaksi perusahaanmu.

Fiturnya Mudah Disesuaikan

Terakhir, pilih jasa disbursement dengan fitur yang mudah disesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu. Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan target bisnis, maka kebutuhan jasa disbursement perusahaan juga akan berubah. Kemudahan menyesuaikan fitur seperti negara, mata uang, integrasi, dan cara penggunaan akan sangat mempermudah bisnismu.

Nah, itulah 4 tips yang wajib diperhatikan jika sedang mencari penyedia jasa disbursement. Ketika mendapatkan jasa disbursement yang sesuai dengan kebutuhan, maka kinerja keuangan bisnismu akan lebih efisien dari segi waktu maupun biaya. Dalam jangka panjang, hal ini bisa membantu perkembangan bisnis.

OttoPay Bisnis menyediakan layanan disbursement yang aman dan tepercaya untuk bisnismu. OttoPay menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola bisnis dengan beragam solusi bisnis yang ditawarkan. Beberapa diantaranya termasuk EDC, QRIS, Payment Gateway, Payment Link, POS, dan Vending Machine. 

Manfaatkan kemudahan yang ditawarkan OttoPay agar kamu lebih mudah mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas! Yuk daftar OttoPay Bisnis sekarang juga!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: