5 Penyebab Neraca Saldo yang Tidak Balance dan Cara Mengatasinya

6 Februari 2024

Neraca saldo merupakan laporan keuangan yang menunjukkan aset dan kewajiban perusahaan Anda. Aset dan kewajiban harus seimbang dalam neraca saldo, namun ada kalanya terjadi beberapa kesalahan dalam penyusunan yang bisa membuat neraca menjadi tidak seimbang. 

Neraca yang tidak seimbang bisa membuat perusahaan kesulitan membuat keputusan sehingga bisa memengaruhi kemampuan untuk mendapatkan laba. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi neraca saldo yang tidak balance

Neraca Saldo yang Tidak Balance
Sumber : Envato

Data Rusak atau Salah Tempat 

Kerusakan data bukanlah hal yang mustahil. Biasanya, kerusakan data ini terjadi karena adanya perbedaan tiba-tiba dalam laporan. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memeriksa ulang daftar yang ada dalam laporan dan kemungkinan juga perlu memperbaiki data agar neraca bisa kembali seimbang.

Terkadang memasukkan data di tempat yang salah juga bisa menjadi penyebab neraca saldo tidak seimbang. Untuk menghindari kesalahan ini, Anda harus memeriksa ulang data yang dimasukkan hingga hasilnya akurat. Audit neraca bisa dilakukan agar kesalahan ini tidak terjadi sekaligus membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan adanya manipulasi data. 

Salah Memasukkan Transaksi

Salah memasukkan transaksi adalah kesalahan umum dan Anda harus tahu bahwa hal ini dapat terjadi kapan saja. Biasanya, kesalahan dapat berupa memasukkan transaksi dengan rincian yang salah. Misalnya kesalahan memasukkan angka, tidak memedulikan kategori entri, atau hanya memasukkan sisi debit maupun kredit saja.

Cara mengatasi neraca saldo yang tidak balance karena salah memasukkan transaksi adalah dengan memeriksa ulang catatan keuangan Anda. Luangkan juga waktu untuk melatih kembali staf keuangan agar kesalahan seperti ini tidak terjadi lagi.

Menggunakan Mata Uang yang Berbeda

Jika industri Anda bersifat global dan sering bertransaksi dengan pihak dari negara lain, maka masalah mata uang yang berbeda juga bisa menjadi penyebab neraca tidak seimbang. Dalam hal ini, akan sulit membuat satu catatan keuangan saja untuk semua transaksi.

Nilai tukar uang yang selalu berubah-ubah akan menyulitkan ketika memutuskan nilai tukar mana yang harus dimasukkan dalam laporan. Oleh karena itu, ketika Anda memasukkan nilai tukar uang yang salah, maka hasilnya adalah neraca saldo yang tidak seimbang. 

Perubahan Inventaris

Perubahan inventaris akan memengaruhi laporan arus kas. Pasalnya, inventaris dari bulan sebelumnya harus dikurangi dengan inventaris pada bulan berjalan. Jumlah ini harus dikurangi dari neraca saldo.

Menghitung nilai inventaris ini bisa sedikit sulit dan dapat memengaruhi neraca saldo Anda. Karena itulah, Anda perlu melakukan pencatatan dengan saksama. Jika perlu, mintalah bantuan akuntan profesional untuk memastikan agar neraca yang tidak seimbang tidak terjadi.

Perhitungan Ekuitas

Cara mengatasi neraca saldo yang tidak balance selanjutnya adalah dengan memeriksa total nilai ekuitas pemilik. Peningkatan aset juga akan membuat ekuitas ikut meningkat juga. 

Neraca saldo tidak akan seimbang jika ekuitas tidak menunjukkan perbedaan antara aset dan kewajiban atau pasiva. Karena itulah, kesalahan menghitung ekuitas bisa menjadi salah satu penyebab neraca saldo tidak seimbang.

Lima hal di atas sering kali menjadi penyebab neraca saldo tidak seimbang. Namun, sekarang Anda tahu beberapa cara mengatas neraca saldo yang tidak balance tersebut. Menggunakan aplikasi bisnis seperti OttoPay Bisnis juga bisa membantu dalam penyusunan neraca saldo Anda agar tetap seimbang.

OttoPay Bisnis merupakan solusi dashboard yang memberikan layanan bisnis portal yang mencatat semua transaksi oleh pelanggan dan merchant. Jadi, semua transaksi dan laporan keuangan akan lebih transparan yang memudahkan menghitung dan mengatur cashflow. Anda bahkan bisa mengelola transaksi di semua cabang usaha dalam satu dashboard.Jadi, yuk download OttoPay sekarang juga dan nikmati kemudahan mengelola bisnis Anda!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: