6 Jenis Kegiatan Disbursement dalam Dunia Bisnis

27 Desember 2023
Jenis Disbursement

Disbursement merupakan kegiatan pencairan dana yang dilakukan perusahaan dari suatu rekening atau dana lain. Biasanya, perusahaan akan memiliki rekening khusus untuk disbursement agar pembayaran dapat dilakukan secara cepat dan otomatis.

Ada banyak jenis disbursement dalam dunia bisnis. Namun, artikel ini akan membahas lebih jauh tentang berbagai kegiatan disbursement yang umumnya dilakukan perusahaan.

Jenis Disbursement
Sumber : Envato

Pembayaran Vendor 

Untuk memastikan agar bisnis berjalan lancar, maka hubungan baik dengan vendor harus benar-benar dijaga. Salah satunya adalah dengan memastikan pembayaran kepada vendor tidak pernah terlambat dan harus dibayarkan sesuai perjanjian.

Pembayaran disbursement menggunakan aplikasi bisnis akan memudakan hal ini. Apalagi jika kamu harus melakukan pembayaran rutin ke sejumlah vendor sekaligus. Pembayaran disbursement dengan cara ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan.

Pembayaran Gaji dan Tunjangan 

Pembayaran gaji yang dilakukan secara manual sangatlah tidak praktis dan memakan banyak waktu. Bahkan, metode ini juga rawan kesalahan apalagi ketika perusahaan sudah semakin berkembang dan mempekerjakan banyak karyawan.

Disbursement bisa membantu pembayaran gaji dan tunjangan karyawan lebih mudah. Pembayaran ke banyak rekening bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sistem yang otomatis juga bisa mengurangi kemungkinan terjadi kesalahan saat mengirimkan dana dalam ke banyak rekening sekaligus.

Proses Pinjaman 

Jenis disbursement selanjutnya bisa membantu mencairkan dana untuk memproses pinjaman. Melalui metode ini, pemilik usaha tidak perlu melakukan transfer secara manual ke masing-masing peminjam. 

Platform pinjaman dilengkapi dengan sistem yang sudah terintegrasi untuk memeriksa kelengkapan pinjaman. Selanjutnya, ketika seluruh syarat sudah dilengkapi, pencairan dana ke rekening peminjam bisa dilakukan dengan lebih cepat melalui sistem disbursement.

Pembayaran Pajak dan Utilitas 

Pembayaran pajak dan utilitas merupakan pengeluaran rutin perusahaan. Proses pembayaran secara manual untuk tagihan seperti ini akan memakan banyak waktu setiap bulan dan meningkatkan risiko kesalahan input data.

Pembayaran disbursement bisa dilakukan dengan otomatis sehingga memudahkan transfer untuk pembayaran pajak dan utilitas. Oleh karena itu, perusahaan umumnya menggunakan disbursement untuk memudahkan proses.

Pembayaran Dividen 

Dividen adalah pembayaran yang dilakukan perusahaan kepada pemegang saham ketika perusahaan berhasil meraih laba.  Perusahaan bisa menginvestasikan kembali laba tersebut untuk perusahaan, atau membagi sebagian atau seluruhnya kepada investor. 

Dividen merepresentasikan pendapatan bagi investor dan merupakan salah satu tujuan utama mereka. Karena itulah pembayaran dividen merupakan salah satu jenis disbursement yang bisa dilakukan untuk memastikan pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Pembelian Aset Tetap 

Aset tetap merupakan aset yang dibeli untuk pemakaian jangka panjang dan memiliki kemungkinan kecil untuk bisa diubah kembali menjadi uang. Beberapa contoh aset tetap adalah tanah, bangunan, dan peralatan perusahaan. 

Proses pencairan dana melalui pembayaran disbursement juga bisa dilakukan ketika membeli aset tetap untuk perusahaan. Cara ini lebih praktis dan transaksi akan tercatat dengan rapi dalam aplikasi untuk pembayaran disbursement.

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan disbursement yang umumnya dilakukan oleh perusahaan. Ada berbagai jenis disbursement, jadi kamu bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk mendapatkan manfaat disbursement, kamu bisa menggunakan OttoPay Bisnis yang menyediakan beragam solusi terbaik untuk membantu mengembangkan bisnis. OttoPay memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis dengan berbagai solusi bisnis yang ditawarkan seperti Payment Gateway, EDC, QRIS, Dashboard, Payment Link, POS, dan Vending Machine.

Tidak hanya itu saja, ada berbagai macam layanan yang disediakan oleh OttoPay. Menariknya lagi, layanan tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Jadi, kamu bisa fokus mengelola dan mengembangkan bisnis tanpa menghabiskan banyak waktu maupun biaya untuk urusan administrasi.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: