Kamu Perlu Tahu! Ini Alasan Petugas PLN Mengambil Foto Meteran Listik

23 Mei 2023
Petugas PLN

Pernahkah kamu melihat pengambilan foto meteran listrik yang dilakukan petugas PLN? Sebenarnya, kegiatan ini bukanlah hal yang baru. Mengambil foto stand KwH meteran listrik merupakan salah satu tanggung jawab petugas lapangan PLN. 

Kendati demikian, perlu diingat bahwa pencatatan meteran hanya dilakukan pada pelanggan listrik pascabayar. Pelanggan listrik prabayar tidak membutuhkan foto meteran karena pemakaian daya disesuaikan dengan token. 

Petugas PLN
Sumber : Envato

Alasan Petugas PLN Mengambil Foto Meteran Listrik 

Alasan utama petugas lapangan PLN mengambil foto meteran untuk memastikan tagihan listrik sesuai dengan pemakaian pelanggan. Foto meteran listrik menjadi basis penghitungan daya yang digunakan pelanggan selama satu bulan ke belakang. Berbekal foto tersebut, data akan lebih akurat dan minim risiko lonjakan tagihan listrik. 

Umumnya, pencatatan meter dilakukan antara tanggal 24 hingga 27 setiap bulannya. Petugas akan datang ke rumah kemudian memeriksa meteran. Setelah mengambil foto, petugas akan kembali ke PLN.

Baca juga: Cara Aman Bertransaksi dengan Uang Elektronik

Bagaimana Jika Petugas PLN Tidak Bisa Masuk Rumah? 

Kendati mengambil foto meteran merupakan tanggung jawab petugas lapangan PLN, di masa pandemi hal ini boleh dilakukan secara mandiri. Selain itu, keadaan rumah yang kosong atau tidak memungkinkan petugas masuk pun diperbolehkan untuk melakukan foto meteran secara mandiri. Layanan ini disebut sebagai Baca Meter Mandiri yang berfungsi untuk memudahkan pelanggan. 

Layanan Baca Meter Mandiri dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 08122123123. Serupa dengan petugas PLN, pelaporan mandiri dapat dilakukan setiap tanggal 24 sampai 27 setiap bulannya. PLN akan menghitung tagihan berdasarkan penggunaan rata-rata selama 3 bulan terakhir apabila lokasi rumah tidak memungkinkan untuk didatangi petugas dan pelanggan pun tidak mengirimkan laporan mandiri.

Pelaporan mandiri tersebut akan dianggap valid dan menjadi prioritas dasar utama perhitungan tagihan sekalipun petugas catat meter mendatangi rumah. Namun, perlu diingat bahwa PLN akan melakukan pencocokan foto angka kWh meter yang dikirim oleh pelanggan dengan angka faktual pembacaan petugas lapangan PLN. Setelahnya, PLN akan melakukan penyesuaian perhitungan tagihan. 

Baca juga: 3 Cara Mematikan Alarm Token Listrik Agar Tidak Berisik

Agar proses penyesuaian tersebut dapat berjalan cepat dan akurat, PLN menghimbau agar pelanggan mengirimkan foto angka dan stand sesuai yang tertera di kWh meter. Tujuannya untuk meminimalisasi penyesuaian tagihan listrik naik ataupun turun secara berlebihan. Untuk membaca meter secara mandiri, kamu bisa menghubungi PLN dengan cara:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Hubungi PLN di nomor 08122123123.
  • Ketik Halo.
  • Ketik 2 untuk membaca meter mandiri.
  • Informasi akan muncul di layar.
  • Masukan ID pelanggan. Apabila ID pelanggan serta hari baca telah sesuai, ketik angka stand kWh meter.
  • Klik Ambil.
  • Kirim foto kWh meter dengan catatan angka stand terlihat jelas.
  • Klik Selesai. 
  • PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirim.

Setelah verifikasi data selesai, tagihan akan keluar dan bisa dicetak untuk segera dibayar. Pembayaran tagihan yang melewati batas maksimal akan dikenakan denda sesuai golongan tarif listrik PLN. Tagihan listrik bisa dibayar sejak tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya. 

Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi loket PLN atau melalui online. Salah satu yang direkomendasikan adalah aplikasi OttoPay. Ottopay merupakan aplikasi aggregator, pembayaran QR sekaligus payment gateway yang memudahkan pelaku usaha di segala segmen. OttoPay memungkinkan kamu membayar tagihan listrik dengan cepat dan mudah. Adapun langkahnya:

  • Buka aplikasi OttoPay
  • Klik ikon Listrik PLN
  • Masukkan nomor pelanggan
  • Klik Cek Tagihan
  • Klik Bayar
  • Transaksi berhasil
  • Lihat Detail Resi

Demikianlah informasi mengenai alasan mengapa petugas PLN mengambil foto meteran listrik. Bagi kamu yang hendak membayar tagihan listrik atau membutuhkan token listrik prabayar, jangan ragu memilih OttoPay. Nikmati kemudahan pembayaran tagihan dan pembelian token dengan bersaingan. Dapatkan bonus berupa cashback setiap kali transaksi. Apa lagi yang kamu tunggu?

Yuk, pakai OttoPay dan instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: