Tagihan Listrik: Waktu Pembayaran, Denda Keterlambatan, dan Konsekuensi Menunggak

23 Mei 2023
Tagihan Listrik

Tagihan listrik harus dibayar agar kamu bisa menikmati layanan terbaik dari PLN. Tanpa listrik, kamu akan kesulitan melakukan berbagai kegiatan. Terlebih di era serba modern ini penggunaan alat elektronik untuk menunjang aktivitas sangatlah tinggi. Oleh karenanya, sangat penting memastikan bahwa kamu membayar tagihan PLN pascabayar secara rutin setiap bulan. 

Tagihan Listrik
Sumber : Envato

Kapan Waktu Pembayaran Tagihan Listik? 

Tagihan PLN pascabayar dapat dilakukan sejak tanggal 1 dengan batas maksimal pembayaran tanggal 20 setiap bulannya. Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan langsung ke loket PLN atau melalui aplikasi yang telah bekerja sama dengan PLN. Baik pengguna listrik prabayar maupun pascabayar dikenakan tarif listrik berdasarkan golongan serta batas daya. Adapun besaran tarifnya, sebagai berikut.

  • Golongan R1 batas daya 900 VA pemakaian reguler dan prabayar Rp1.352 per kWh.
  • Golongan R1 batas daya 1.300 VA dan 2.200 VA pemakaian reguler dan prabayar Rp1.444 per kWh.
  • Golongan R2 batas daya 3.500 VA sampai 5.500 VA pemakaian reguler dan prabayar Rp1.699 per kWh.
  • Golongan R3 batas daya 6.600 VA ke atas pemakaian reguler dan prabayar Rp1.699 per kWh. 
  • Golongan B2 batas daya 6.600 VA sampai 200 kVA pemakaian reguler dan prabayar Rp1.444 per kWh. 
  • Golongan P1 batas daya 6.600 VA sampai 200 kVA pemakaian reguler dan prabayar Rp1.699 per kWh. 

Baca juga: Jangan Sampai Telat, Catat Tanggal Bayar Pulsa Pascabayar

Berapa Besar Denda Keterlambatan Pembayaran Listrik? 

Berdasarkan peraturan yang berlaku, tagihan PLN pascabayar harus dibayar sebelum jatuh tempo. Apabila terlambat melakukan pembayaran melampaui batas yang ditetapkan, kamu akan dikenakan denda dengan besaran bervariasi sesuai batas daya.

Adapun rincian denda keterlambatan pembayaran listrik, sebagai berikut.  

  • Batas Daya 450 dan 900 VA Rp3 ribu per bulan.
  • Batas Daya 1.300 VA Rp5 ribu per bulan.
  • Batas Daya 2.200 VA Rp10 ribu per bulan.
  • Batas Daya 3.500 – 5.500 VA Rp50 ribu per bulan.
  • Batas Daya 6.600 – 14.000 VA sebesar 3% dari total tagihan listrik dengan batas minimum Rp75 ribu per bulan. 
  • Batas Daya di atas 14.000 VA sebesar 3% dari total tagihan listrik dengan batas minimum Rp100 ribu per bulan.

Konsekuensi Menunggak Pembayaran Listrik 

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh PLN, keterlambatan pembayaran listrik akan dikenakan denda. Namun, PLN berhak melakukan pemutusan listrik secara sepihak apabila pelanggan menunggak dalam batas waktu tertentu. Supaya lebih jelas, berikut konsekuensi menunggak pembayaran tagihan listrik.

Menunggak Satu Bulan 

PLN akan melakukan pemutusan listrik sementara melalui MCB (Miniature Circuit Breaker) ketika pelanggan tidak melakukan pembayaran selama satu bulan. MCB berfungsi untuk melindungi rangkaian instalasi listrik dari over current (arus lebih). Apabila kamu menunggak, secara otomatis listrik akan padam. Setelah melakukan pelunasan, listrik akan kembali menyala seperti semula.  

Menunggak Dua Bulan

Apabila tunggakan tidak dibayar hingga bulan kedua, PLN akan memberikan sanksi lebih berat. Listrik akan diputus sementara dengan cara membongkar APP (Alat Pengukur dan Pembatas berupa kWH meter dan MCB. PLN juga akan memutus aliran dari tiang migrasi yang menuju meteran listrik di rumah. 

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan IndiHome, Cukup dari Hp

Menunggak Tiga Bulan

PLN memberikan batas tunggakan pelunasan pembayaran tagihan selama tiga bulan. Setelah melewati batas tersebut, PLN akan melakukan tindakan tegas dengan mencoret nama kamu dari daftar pelanggan. PLN juga akan memutus aliran listrik secara permanen. Apabila hal ini terjadi, kamu harus melunasi tunggakan sekaligus membayar biaya pasang dan penyambungan baru menggunakan kWH meter prabayar.

Untuk mengantisipasi pemutusan aliran listrik, pastikan kamu melakukan pengecekan tagihan secara berkala. Gunakan aplikasi OttoPay untuk memudahkan pembayaran tagihan listrik atau pembelian token dengan harga bersaing. Berbekal aplikasi OttoPay, kamu akan terbebas dari keterlambatan pembayaran. Asyiknya lagi, kamu bisa mendapatkan cashback setiap kali melakukan transaksi.

Tunggu apa lagi? Yuk, instal aplikasinya!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: