Jangan Sampai Telat, Catat Tanggal Bayar Pulsa Pascabayar

3 Maret 2023
Pulsa pascabayar

Jumlah pengguna layanan seluler pascabayar di Indonesia menunjukkan peningkatan, tetapi jumlahnya masih kalah banyak dibandingkan pengguna layanan prabayar. Salah satu hal yang kerap jadi alasan khususnya pengguna awam untuk tidak menggunakan pulsa pascabayar adalah karena takut tagihan yang akan membengkak.

Padahal nyatanya, layanan pascabayar juga bukan berarti tanpa batasan. Kamu pun dapat memilih paket tertentu sehingga besarnya tagihan akan menjadi flat selama berlangganan. Dengan begitu, tagihan di akhir bulan juga tidak akan melonjak.

pulsa pascabayar
Sumber : Envato

Apa Itu Kartu Pascabayar?

Operator seluler, seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan sebagainya mengeluarkan dua jenis produk utama: prabayar dan pascabayar. Seperti namanya, hal utama yang jadi perbedaan prabayar dan pascabayar adalah dari metode pembayarannya.

Kartu prabayar berarti kamu harus mengisi sejumlah pulsa terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan layanan, seperti telepon, SMS, maupun paket data. Misal, kamu mengisi pulsa sebesar Rp20.000,00 dan menggunakannya untuk telepon. Apabila pulsa telah habis, kamu harus kembali mengisi ulang pulsa dengan membeli sejumlah nominal yang diinginkan—begitu seterusnya.

Sementara itu, pulsa pascabayar adalah layanan yang memungkinkanmu untuk melakukan aktivitas telepon, SMS, maupun internetan selama sebulan. Lalu, kamu akan membayar tagihan di akhir periode (setiap bulan).

Adapun dari segi pendaftaran awal, layanan prabayar dan pascabayar juga berbeda. Kamu bisa membeli kartu perdana prabayar di mana saja dan kapan saja, sedangkan untuk pascabayar kamu harus melalui prosedur yang lebih formal. Biasanya kamu perlu mengajukan diri ke pihak operator dan melampirkan beberapa data, seperti KTP. 

Keuntungan Menggunakan Pascabayar

Menjadi pelanggan pascabayar akan memberikanmu banyak keuntungan, baik dari segi teknis maupun nonteknis seperti berikut.

Koneksi Lebih Lancar

Pelanggan pascabayar memiliki tingkat prioritas lebih tinggi dibandingkan pelanggan prabayar. Oleh karena itu, koneksi untuk keperluan telepon dan SMS maupun penggunaan paket data (internet) pascabayar lebih baik dibandingkan prabayar. 

Tagihan Terkontrol

Sebagai pengguna pulsa pascabayar kamu justru dapat lebih mudah untuk membatasi besarnya pengeluaran bulanan untuk keperluan komunikasi. Pasalnya, sejak awal kamu sudah dapat memilih sendiri paket yang tersedia sehingga besarnya tagihan tidak akan melebihi nominal paket yang kamu pilih.

Contoh, kamu menggunakan layanan pascabayar dari Telkomsel dengan paket Rp110.000,00 per bulan. Paket tersebut telah mencakup gratis telepon ke sesama operator hingga 200 menit, gratis SMS ke sesama operator hingga 150 SMS, dan internet sebesar 4 GB. Selain itu, kamu juga menambahkan limit sebesar Rp20.000,00 yang akan digunakan saat kamu memakai layanan di luar paket, seperti telepon ke operator lain. 

Itu artinya, besarnya tagihan yang pasti kamu bayarkan dalam satu bulan adalah Rp110.000,00 dan maksimal adalah Rp130.000,00. Jika ternyata di akhir periode kamu hanya menggunakan Rp5.000,00 dari batas Rp20.000,00 yang tersedia, maka total tagihan adalah hanya Rp115.000,00.

Baca Juga: Cara Jualan Voucher Game Online Cepat Laku 

Tidak Perlu Bolak-Balik Isi Pulsa

Kamu tidak perlu takut kehabisan pulsa dan harus bolak-balik melakukan isi ulang pulsa jika memakai pascabayar. Untuk mendukung layanan ini, kamu bisa memilih paket yang paling cocok untukmu. Pilihan paket pascabayar pun cukup variatif—bahkan  unlimited sekalipun.

Tanggal Pembayaran Pascabayar

Tanggal bayar pulsa pascabayar berbeda-beda sesuai periode yang diberlakukan oleh masing-masing operator. 

Di XL misalnya, untuk periode penggunaan tanggal 1 sampai akhir bulan (dalam bulan yang sama), maka tagihan akan muncul pada tanggal 4 di bulan berikutnya dan jatuh tempo (batas pembayaran maksimal) adalah pada tanggal 27 di bulan munculnya tagihan (dua pekan setelah munculnya tagihan).

Sementara itu, di Telkomsel, untuk periode penggunaan tanggal 1 hingga akhir bulan (dalam bulan yang sama), tagihan akan muncul pada setiap tanggal 5 di bulan berikutnya. Batas akhir pembayaran yang bisa diterima adalah tanggal 21. Adapun periode penggunaan tanggal 11 hingga tanggal 10 bulan berikutnya, pembayaran dilakukan mulai tanggal 13 hingga 25.

Untuk mengetahui tanggal pembayaran pascabayar selengkapnya, kamu dapat mengecek di aplikasi operator atau menanyakan pada customer service. Selain itu, biasanya tagihan juga akan dikirim via email, SMS, atau bahkan telepon.

Baca Juga: Cara Mengecek Tagihan dan Status BPJS

Nah, untuk melakukan pembayaran pulsa pascabayar, kamu cukup menggunakan OttoPay. Aplikasi Android untuk pembayaran pulsa dan paket data ini akan memudahkan membayar tagihan seluler dengan lebih mudah. Tidak cuma itu, kamu juga akan mendapat cashback untuk tiap pembayaran tagihan pascabayar.

Yuk, download OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: