Ingin Toko Kelontong Sukses? Pastikan 7 Barang Dagangan Ini Ada di Tokomu

08/29/2022

Meskipun kelihatannya berskala kecil, toko kelontong termasuk salah satu bisnis yang banyak dicari. Bagaimana tidak, barang dagangan yang dijual toko kelontong adalah barang yang akan selalu dibutuhkan orang setiap hari. Jadi jika ingin memulai sebuah bisnis, toko kelontong bisa jadi salah satu ide yang patut dipertimbangkan. 

Memulai Bisnis Toko Kelontong

Untuk memulai bisnis toko kelontong, kita butuh tempat usaha memadai. Memadai artinya, tempat tersebut mampu menampung barang yang akan di-display dan stok untuk memenuhi kebutuhan toko. Selain tempat usaha, kamu juga butuh tempat penyimpanan seperti rak atau lemari. 

Setelah itu, rencanakan barang apa saja yang sekiranya laku dan bisa dijual di toko kelontongmu. Untuk mempermudah, OttoPay telah merangkumkan daftar beberapa barang dagangan yang bisa dijual di toko kelontongmu. 

Barang Dagangan di Toko Kelontong

1. Sembako

Barang-barang seperti beras, gula, minyak goreng, tepung, mi, dan telur merupakan kebutuhan harian yang selalu dibutuhkan. Jadi ketika membuka toko kelontong, pastikan kamu memasukkan sembako ke dalam daftar dagangan toko kelontong untuk dijual kembali ke konsumen.

Sembako sendiri termasuk komoditas yang harganya bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti iklim ekonomi suatu negara. Supaya tidak rugi, dapatkan sembako melalui distributor. Harga yang ditawarkan distributor biasanya cenderung lebih murah dibanding jika kita membeli stok barang di toko grosir.

2. Alat Mandi dan Cuci

Jenis barang dagangan lain yang wajib ada di toko kelontong adalah alat mandi dan cuci atau kebersihan lainnya. Sama seperti sembako, barang jenis ini pasti dibutuhkan orang dan setiap hari akan selalu ada yang membeli. Alat mandi dan cuci yang dijual bisa berupa sabun mandi, sampo, sikat dan pasta gigi, deterjen, pembersih lantai, piring, hingga pembersih kamar mandi.

3. ATK

Terlihat tidak penting nyatanya ATK (alat tulis kantor) juga hampir setiap hari dibutuhkan orang terutama anak-anak sekolah. Barang dagangan yang termasuk ATK adalah pensil, bolpoin, penggaris, penghapus, kertas, buku, dan amplop. Kamu bisa menyediakan stok ATK dalam jumlah sedikit saat awal membuka toko kelontong apabila belum terlalu yakin.

Dibanding barang jenis lain di toko kelontong, ATK termasuk salah satu yang memberikan keuntungan cukup menarik. Apalagi jika kita bisa menghemat biaya transportasi belanja stok barang dengan membeli secara online melalui aplikasi OttoPay. 

4. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang dimaksud di sini adalah makanan dan minuman ringan seperti minuman kemasan, keripik, kacang telur, air mineral, atau jajanan anak kecil. Meskipun untungnya cukup kecil, jenis barang ini termasuk laris dan sering dibeli orang. Jadi ketika membuka sebuah toko kelontong, pastikan ada makanan dan minuman di tokomu.

5. Bahan Memasak

Barang dagangan toko kelontong yang wajib ada lainnya adalah bahan memasak. Bahan memasak ini bisa berupa mi telur, tepung bumbu, kaldu bubuk, rempah bubuk, atau bumbu masakan instan. Selain dibutuhkan ibu rumah tangga, bahan memasak juga kerap dicari anak kos atau mereka yang tinggal di asrama. Stok barang toko kelontong berupa bahan memasak bisa kamu beli secara online melalui jasa seperti OttoPay.

6. Obat-Obatan

Tidak hanya makanan, minuman, dan alat kebersihan, sebuah toko kelontong juga membutuhkan stok obat-obatan. Meskipun dalam skala kecil, cobalah untuk menyediakan stok obat yang tidak memerlukan resep dokter seperti paracetamol, asam mefenamat, ibuprofen, minyak kayu putih, atau obat merah.

Diakui atau tidak, obat-obatan juga termasuk salah satu barang dagangan yang dibutuhkan orang setiap hari. Jadi jika menjual obat-obatan, kamu tidak akan merugi. Meskipun begitu, kita harus berhati-hati karena di pasaran banyak beredar obat palsu. Pastikan kamu membeli stok obat melalui distributor tepercaya.

7. LPG

Terakhir, LPG. Saat ini hampir semua rumah, terutama di daerah perkotaan, menggunakan LPG untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi tidak heran apabila barang ini masuk sebagai salah satu barang yang wajib ada di toko kelontong. Supaya bisa memenuhi kebutuhan konsumen, sediakan beberapa jenis LPG terutama variasi 3kg yang banyak dibutuhkan orang.

Itulah 7 barang dagangan yang harus ada di toko kelontong. Untuk memudahkan kamu memulai bisnis ini, manfaatkan jasa penyedia barang dagangan OttoPay. Selain bisa dipesan melalui CS pada situs resmi, kamu juga bisa memesan barang melalui aplikasi OttoPay yang bisa diunduh di Play Store. Semoga bermanfaat.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: