Tips Praktis Menghitung Uang Kembalian

6 Maret 2023
Uang Kembalian

Memiliki bisnis pribadi berupa toko atau rumah makan merupakan pencapaian yang diinginkan banyak orang. Apalagi jika bisnis bisa berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan. Bagi yang memiliki pegawai, pekerjaan melayani pelanggan di bagian pembayaran mungkin tidak terlalu berat.

Namun jika semuanya masih dilakukan sendiri, kerap muncul kendala-kendala kecil yang mungkin membuat perhitungan keuangan di hari tersebut kacau. Salah satu kendala yang sering muncul adalah salah menghitung uang kembalian. Meskipun kelihatannya sepele, hal ini bisa mempengaruhi kredibilitas tempat usaha dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis.

Supaya tidak timbul masalah tambahan atau agar menghitung uang kembalian menjadi lebih mudah, Ottopay punya beberapa tips yang bisa kita lakukan, di antaranya:

1. Ucapkan Harga Pembelian dengan Keras

Mengucapkan harga pembelian dengan keras tidak hanya membantu kita mengingat jumlah pembelian dan uang yang harus dikembalikan tetapi juga membuat pelanggan tahu berapa total belanja mereka. Jika pelanggan tahu, mereka bisa memperkirakan harus membayar berapa atau berapa uang kembalian yang akan diterima.

Keras bukan berarti berteriak. Pastikan saja ucapan kamu bisa didengar oleh pelanggan atau rekan kerja yang ada di samping. Dengan mengucapkan harga pembelian secara keras, kita juga akan dibantu untuk mengoreksi apabila terjadi salah hitung atau harga tersebut dirasa tidak sesuai dengan prediksi pelanggan.

Selain memudahkan, menyebut harga pembelian secara keras juga termasuk salah satu cara menghitung uang kembalian dengan cepat. Kecepatan di bisnis ini sangat penting mengingat para pelanggan biasanya butuh dilayani dengan cepat atau ingin menyelesaikan pembelanjaan mereka dalam waktu singkat.

2. Letakkan Uang di Meja

Tips selanjutnya agar tidak salah menghitung uang kembalian adalah dengan meletakkan uang yang telah diterima dari pelanggan di meja kasir. Meletakkan uang di meja kasir akan memudahkan kita menghitung berapa kembalian yang harus diberikan ke pelanggan.

Selain itu, meletakkan uang di meja kasir juga akan membuat pelanggan selalu ingat berapa uang yang diberikan kepada kita dan mengantisipasi adanya kecurangan. Dalam beberapa kasus, ada tipe pelanggan yang berbuat curang dengan cara mengaku memberikan uang Rp100.000 padahal hanya memberikan uang Rp50.000. 

Nah dengan meletakkan uang yang diberikan oleh pelanggan di meja kasir, hal semacam itu dapat kita cegah. Selain itu, hal ini termasuk cara menghitung kembalian uang dengan cepat dan praktis.

3. Gunakan Alat Hitung atau Mesin Kasir

Terakhir, kamu bisa menggunakan alat hitung atau mesin kasir. Cara ini tidak hanya memudahkan penjual tetapi juga mempercepat proses pembayaran pelanggan. Risiko salah hitung juga sangat kecil ketika kita menggunakan mesin. Beberapa mesin bahkan sudah mencantumkan berapa uang yang harus dikembalikan ke pelanggan.

Jadi begitu mendapatkan uang pembayaran, kita tidak perlu repot lagi menghitung berapa uang kembalian yang harus diberikan kepada pelanggan. Ada banyak alat hitung dan mesin kasir yang bisa kita gunakan. Pilih alat yang sesuai dan benar-benar dibutuhkan agar kita tidak perlu modal tambahan untuk mengembangkan bisnis.

Itulah beberapa tips menghitung uang untuk dikembalikan ke pelanggan. Supaya bisnis semakin lancar, sebaiknya kamu mulai memanfaatkan sistem pembayaran yang modern dan berteknologi tinggi. Apalagi saat ini, ada banyak sekali pilihan metode pembayaran yang dapat diaplikasikan pada bisnis kita. Salah satunya QRIS.

QRIS merupakan metode pembayaran berupa QR Code yang terhubung ke nomor rekening toko atau tempat usaha. Pelanggan yang menggunakan metode pembayaran ini hanya perlu men-scan QR Code yang biasanya terletak di kasir dan memasukkan jumlah pembayaran.

Dengan menggunakan QRIS, pelanggan tidak perlu lagi membawa uang tunai saat mereka akan berbelanja ke toko kita. Berapapun jumlah belanjaannya, kita juga tidak perlu repot mencari uang kembalian karena semua pembayaran langsung masuk ke rekening tempat usaha.

Menarik bukan? Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan jasa dari QRIS OttoPay untuk memaksimalkan potensi toko dan mempermudah proses pembayaran di tempat usahamu. Pendaftarannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi atau memasang aplikasi OttoPay di Smartphone. 

Itulah ulasan tentang tips praktis menghitung kembalian uang. Jangan lupa untuk menggunakan jasa OttoPay agar usahamu berkembang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: