Cara Meningkatkan Penjualan PPOB Lewat Media Sosial

24 Januari 2023
Penjualan PPOB

Saat ini hampir semua bisnis memiliki akun media sosial sendiri termasuk bisnis PPOB. Ada berbagai alasan mengapa bisnis sebaiknya punya media sosial:

  • Meningkatkan visibilitas bisnis di antara calon konsumen
  • Memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas
  • Membuat profil bisnis secara gratis sekaligus meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan peluang konversi.

Bagi kamu yang ingin berbisnis PPOB (Payment Point Online Bank), ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan lewat media sosial. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca Juga: Belanja Grosir VS Belanja Eceran, Mana Lebih Hemat?

Penjualan PPOB
Sumber : Envato

Buat Akun Media Sosial Khusus Bisnis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa menjual produk di media sosial adalah dengan membuat akun media sosial khusus untuk berjualan. Hindari menggunakan akun pribadi karena ini bisa mengganggu algoritma media sosial yang tidak bisa mendeteksi bahwa akunmu memang akun bisnis.

Beberapa media sosial seperti Instagram misalnya, menyediakan opsi akun bisnis. Dengan akun bisnis, ada berbagai fitur pendukung yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Selain Instagram, kamu juga bisa membuat akun di platform lain seperti Twitter dan Facebook untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Sediakan Produk yang Variatif

Layanan PPOB terbilang mudah dijalankan oleh siapa saja. Karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki strategi agar bisa menang dari para pesaing. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan produk yang bervariasi. Semakin banyak pilihan yang kamu sediakan, semakin besar kesempatanmu menjangkau lebih banyak segmen pasar. Jangan lupa sertakan foto yang menarik untuk mendukung penjualanmu.

Berikan Penawaran dan Diskon Menarik

Memberikan harga diskon atau promo khusus juga bisa jadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Tapi jangan lupa, promo juga harus dilakukan secara tepat sasaran. Jangan sampai karena promo keuntunganmu jadi terpangkas drastis dan berpengaruh pada omzetmu.

Selain promo dan diskon, loyalty program seperti pengumpulan stempel dan poin juga bisa jadi cara meningkatkan retensi pelanggan. Ini tentu akan jauh lebih mudah ketimbang harus mencari pelanggan baru.

Layani Pelanggan dengan Sepenuh Hati

Meskipun kamu tidak bertatap muka langsung dengan pelanggan di media sosial, bukan berarti kamu bisa santai melayani mereka. Tetap optimalkan pelayanan yang kamu berikan dengan cara memberikan respons cepat saat ada pesanan, menanggapi keluhan pelanggan dengan sigap dan masih banyak lagi. 

Pelayanan yang baik juga bisa ditunjukkan dengan tingkat keaktifan akun media sosialmu. Selain dengan sering membuat postingan dan story, sesekali menjawab pertanyaan atau sekadar menyapa audiens dari kolom komentar juga tidak ada salahnya. Ini akan membuat bisnismu terasa lebih dekat dan relatable dengan calon konsumen. Pada akhirnya, kepercayaan mereka terhadap bisnis PPOB-mu juga akan meningkat.

Gunakan Vendor PPOB yang Berpengalaman

Sebagus apa pun strategi pemasaran produk PPOB-mu di media sosial, tidak akan ada gunanya jika vendor yang kamu gunakan tidak punya pengalaman. Bayangkan saja bagaimana perasaan konsumenmu ketika pulsa yang mereka beli tak kunjung masuk, atau voucher game yang baru saja mereka bayar ternyata tidak bisa digunakan. Hal-hal semacam ini akan sangat mengganggu dan pada akhirnya bisa menghilangkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: Tips Tambah Langganan Supaya Usahamu Makin Laris

Pilihlah vendor terbaik yang sudah punya pengalaman. Dengan begitu, layanan yang kamu berikan bisa optimal.

OttoPay yang berada di bawah naungan PT Reksa Transaksi Sukses Makmur merupakan layanan terafiliasi Salim Group yang sudah melayani ribuan pelaku UMKM dan pengusaha PPOB di seluruh Indonesia sejak tahun 2018. Dengan pengalaman ini, OttoPay bertekad untuk jadi mitra terbaikmu menjual produk-produk digital sekaligus menyediakan layanan pembayaran.

Ingin bergabung jadi mitra OttoPay? Unduh aplikasinya sekarang juga di sini. Gratis!

Fadianto Pudan

Fadianto Pudan

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: