Dijamin Cuan! Ini 7 Rekomendasi Franchise Barbershop Terbaik

1 Februari 2024

Selain di bidang Food and Beverages (F&B), franchise barbershop juga sedang populer belakangan ini. Ada banyak sekali brand barbershop terkenal yang menawarkan kerja sama bagi siapa saja yang berminat memulai usaha.

Nah, kalau kamu berniat menjalankan usaha, tapi nggak punya ide segar, usaha franchise atau waralaba ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk usaha barbershop, berikut beberapa rekomendasi franchise terbaik yang bisa dipilih!

Franchise Barbershop
Sumber : Envato

1. Raja Cukur

Raja Cukur adalah salah satu barbershop terkenal yang berpusat di Kota Semarang. Dikutip dari situs resminya, rajacukurbarbershop.com, usaha ini sudah memiliki 135 cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kalau kamu berminat mengambil franchise Raja Cukur, ada beberapa paket yang bisa dipilih.

Pertama, ada Paket Hemat A dengan biaya kerja sama senilai Rp29 juta. Lalu, ada Paket Hemat B senilai Rp39 juta, Paket Hemat C (Rp44 juta), Paket Hemat D (Rp65 juta), dan Paket Hemat E (Rp77 juta). Di samping itu, ada pula Paket Super Hemat (Paket Hemat F) dengan biaya Rp17,5 juta hingga Rp25 juta.

2. Arfa Barbershop

Rekomendasi franchise barbershop berikutnya adalah Arfa Barbershop. Usaha potong rambut khusus pria ini setidaknya sudah buka 60 gerai di berbagai wilayah Pulau Jawa, dan pusatnya berada di Yogyakarta.

Untuk menjalin kerja sama dengan brand ini, dibutuhkan biaya sekitar Rp50 juta. Biaya itu nantinya akan digunakan untuk fasilitas barbershop, mulai dari perlengkapan tempat, branding, pelatihan barberman, hingga peralatan cukur rambut lainnya.

3. Serious Cut Barbershop

Selanjutnya ada Serious Cut Barbershop, sebuah franchise barbershop dengan nilai Rp90 juta. Kalau kamu mengambil pilihan ini, kamu akan mendapat berbagai item guna mendukung kegiatan usaha barbershop. Mulai dari peralatan, desain interior, sofa, AC, hingga CCTV dan sebagainya.

Di situs resminya, seriouscut.id, dijelaskan bahwa franchise ini mampu mencapai Break Even Point (BEP) selama 8 bulan hingga 1,6 tahun, sesuai paket yang dipilih.

4. FI Barbershop

Beralih ke franchise barbershop berikutnya. Ada FI Barbershop yang siap mendukung kamu menjadi pengusaha potong rambut pria. Brand yang satu ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Jakarta, Lubuk Linggau, Palembang, Tangerang, dan lainnya.

Kalau kamu mendaftarkan diri menjadi mitra franchise FI Barbershop, kamu akan mendapat beberapa keuntungan. Mulai dari desain interior tempat usaha yang menarik, brand yang sudah dikenal, sumber daya manusia kompeten, dan sebagainya.

5. Franchise Barbershop Ixobox

Tak kalah dengan berbagai brand barbershop lainnya, Ixobox juga memberi banyak penawaran menarik buat siapa saja yang ingin jadi pengusaha barbershop.  Mulai dari pelatihan serta penyediaan hairstylist, sistem bisnis yang autopilot,  dan sebagainya.

Saat ini Ixobox memiliki 60 gerai yang tersebar luas di 15 kota seluruh Indonesia. Artinya, Ixobox punya reputasi yang cukup bagus sebagai salah satu franchise barbershop.

6. Lanang Barbershop

Sering lihat barbershop dengan nama Lanang ada di mana-mana, kan? Itu karena usaha franchise ini sudah dimulai sejak 2007 silam, sehingga saat ini perkembangannya menjadi sangat pesat.

Buat kamu yang ingin memulai kerja sama waralaba dengan Lanang Barbershop, sedikitnya siapkan dana Rp50 juta hingga Rp60 juta. Dari situ kamu akan mendapat perlengkapan yang cukup komplet, sekaligus bimbingan untuk menjalankan usaha barbershop.

7. Giovani Barbershop

Terakhir, ada Giovani Barbershop yang punya penawaran menarik terkait franchise barbershop.  Giovani memberlakukan konsep direct management, artinya pengelolaan manajemen dari barbershop ini seluruhnya dikelola oleh tim Giovani. Tentunya hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Untuk bekerja sama dengan Giovani Barbershop, kamu perlu menyiapkan modal awal sebesar Rp70 juta. Setelah itu, untuk operasional selama tiga bulan ke depan, diperlukan biaya tambahan hingga Rp280 juta.

Walau terbilang mahal, tetapi hal ini cukup worth it dengan fasilitas yang akan didapatkan.

Itulan tujuh rekomendasi franchise barbershop buat kamu yang ingin memulai usaha tanpa harus memikirkan konsepnya. Selanjutnya, setelah usaha berjalan, jangan lupa menyiapkan beragam metode pembayaran agar pelanggan kian nyaman.

Kamu bisa memanfaatkan layanan Solusi Offline dari OttoPay. Cukup melalui satu device EDC, pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan QRIS, kartu kredit, serta kartu debit. Selain itu EDC OttoPay bisa diintegrasikan dengan Sistem POS pilihan merchant. Daftar jadi Mitra Bisnis OttoPay sekarang, dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: