Mau Warung Kelontong Kamu Jadi Lebih Modern? Begini Caranya!

21 Februari 2023
Toko Kelontong Modern

Warung kelontong adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kita. Sebagai salah satu sektor pendukung perekonomian, pengusaha warung kelontong juga mengalami sejumlah tantangan. Salah satunya adalah gempuran berbagai swalayan modern yang menyebar dari kota besar sampai ke desa-desa di Indonesia. Kalau kamu adalah salah satu pengusaha warung kelontong, ini adalah problem yang harus segera dicari jalan keluarnya. Karena kalau tidak, kamu bisa kehilangan pelanggan.

Saat ini, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mentransformasikan warung kelontong yang kamu punya dengan tampilan yang lebih modern. Dengan begitu, kamu tidak akan kalah saing dengan merchant-merchant swalayan di sekitarmu. Simak beberapa tipsnya berikut ini!

  1. Ubah Tampilan Display Produkmu

Dulu toko kelontong identik dengan barang-barang yang dipajang tak beraturan. Beberapa produk sengaja digantung dan sebagian lagi masih berada di dalam kotak-kotak di depan warung. Selain kurang rapi, konsep toko kelontong semacam ini akan menyulitkan pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan.

Salah satu cara untuk mengubah warung milikmu jadi lebih modern adalah dengan mengubah tampilan display atau caramu menyusun produk. Gunakan rak-rak khusus seperti yang digunakan di mini market modern. Sebisa mungkin hindari menggantung produk karena ini akan membuat toko jadi terlihat sumpek. Beri pencahayaan yang baik agar konsumen bisa dengan mudah menemukan barang yang ingin mereka beli.

  1. Buat Nama yang Jelas dan Desain Signage yang Menarik

Kebanyakan warung kelontong masih menggunakan spanduk untuk menampilkan nama toko mereka. Meski efisien dan murah, spanduk akan cepat rusak dan terkesan kurang modern. Sebagai ganti, kamu bisa membuat nama toko dengan billboard berbahan kayu atau besi yang lebih kuat dan tahan lama. Pastikan juga desain papan nama terlihat menarik dan mudah dibaca.

  1. Selalu Up-to-date dengan Produk Baru

Dengan teknologi yang makin canggih, sangat mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai produk baru yang tengah populer atau viral. Sebagai pengusaha, penting bagimu untuk bisa mengikuti tren dengan menyediakan beragam produk baru yang diminati oleh konsumen. Dengan selalu up-to-date pada produk-produk baru, warung kelontongmu akan terkesan lebih modern. 

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pengelolaan stok barang adalah dengan melakukan perubahan kategori barang secara berkala. Kelompokkan produk mana yang cepat terjual dan mana yang kurang laku. Dengan begitu, kamu bisa tahu varian mana yang harus dipertahankan serta diperbanyak stoknya dan mana yang sebaiknya ditiadakan.

  1. Sediakan Lahan Parkir yang Luas dan Area Tunggu yang Nyaman

Saat ini sudah banyak warung kelontong bertransformasi menjadi one stop store. Dengan konsep ini, kamu bisa memberikan kenyamanan lebih pada pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan beragam varian produk sekaligus sehingga konsumen tidak perlu berpindah-pindah ke toko lain.

Kenyamanan lain yang juga bisa kamu tawarkan adalah dengan menyediakan area parkir yang luas serta area tunggu bagi pelangganmu. Perpaduan kedua strategi ini akan mengundang lebih banyak pelanggan untuk berbelanja ke warungmu.

  1. Sediakan Pembayaran Digital

Bukan rahasia lagi jika pembayaran digital menjadi bagian yang makin lekat dengan masyarakat kita. Tidak hanya di supermarket besar, warung-warung kelontong juga bisa menyediakan pembayaran non-tunai, salah satunya lewat QRIS. Selain lebih praktis, menyediakan berbagai opsi pembayaran akan membuat pelanggan makin nyaman berbelanja di warungmu.Ingin menambah jenis produk tetapi tidak mau repot-repot membeli rak baru untuk display? Menjual beragam produk digital dari OttoPay bisa jadi opsi yang menarik. Instal aplikasinya, daftarkan diri sekarang juga untuk mulai berjualan. Klik informasi lengkapnya di sini!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: