Bisnis Es Potong Singapura – Modal Kecil, Untung Besar

3 Mei 2023
Bisnis Es Potong

Siapa sih yang tidak suka es krim? Camilan beku bercita rasa manis ini digandrungi oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saking populernya, banyak orang menjadikan kudapan ini sebagai bisnis rumahan bermodal kecil. Salah satu yang kini sedang menjamur di Indonesia adalah bisnises potong khas negara tetangga, yakni Singapura.

Sekilas Tentang Es Potong Singapura

Sudah pernah jalan-jalan ke kawasan Orchard Road, Singapura? Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan sosok penjual es krim legendaris di sana. Ice Cream Uncle, begitu orang-orang menyebutnya, adalah penjual es krim potong yang menjadi jajanan wajib para turis di sana.

Sesuai namanya, es potong disajikan dalam bentuk potongan balok yang diapit dengan roti tawar seperti sandwich. Begitu digigit, lembutnya perpaduan roti dan es krim akan langsung membuat siapa pun ketagihan. Cara penyajiannya inilah yang membuat es krim potong kini banyak dijajakan di Indonesia.

Cara Memulai Bisnis Es Potong Singapura

Bisnis Es Potong
Sumber : Youtube

Bisnis es kirim potong termasuk salah satu usaha rumahan minim modal yang cocok bagi pemula. Walau modalnya kecil, laba usaha ini cukup menggiurkan. Apalagi jika usaha ini benar-benar ditekuni. Nah, buat kamu yang tertarik memulai usaha es potong, simak dulu sejumlah tips berikut ini.

1. Pilih bahan dasar es krim yang akan dijual

Langkah pertama sebelum memulai bisnis es potong adalah menentukan bahan dasarnya. Apakah kamu ingin menjual es potong berbahan susu, santan, atau mungkin yoghurt? Dengan mengetahui bahan dasarnya, kamu akan lebih mudah dalam memilih varian rasa. Lakukan riset singkat tentang rasa es potong yang digemari banyak orang.

Ingat, salah satu daya tarik utama bisnis makanan adalah cita rasa yang orisinal. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dan membuat ciri khas tersendiri. Cobalah untuk menciptakan rasa baru yang mungkin belum ada pada jenis es potong lain. Dengan begitu, usaha es krim ini pasti akan dilirik banyak calon pembeli.

2. Buat daftar perincian modal

Terlepas dari besar kecilnya bisnis, membuat daftar perincian modal adalah sebuah keharusan. Kamu bisa menggunakan buku catatan khusus untuk merinci modal yang keperluan. Kalau tidak mau repot, coba gunakan aplikasi mobile khusus untuk mengatur uang.

Biaya yang umumnya dibutuhkan untuk memulai usaha es potong adalah biaya bahan baku, biaya operasional, dan peralatan produksi. Biaya lain seperti gaji karyawan dan sewa tempat tak perlu dimasukkan dulu.

Ingat, kamu berencana menjalankan bisnis rumahan. Jadi, jalankan dulu sendiri di rumah. Gunakan biaya-biaya yang seharusnya untuk sewa tempat atau gaji karyawan untuk kebutuhan tak terduga. 

3. Pilih bahan baku berkualitas

Bahan baku memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis es potong. Jadi, pilihlah bahan baku berkualitas yang bisa menjamin rasa maupun tekstur es krim yang dibuat. Untuk bisa mendapatkan bahan baku yang bermutu, cobalah untuk melakukan riset.

Cari tahu supplier khusus bahan baku es krim yang sudah tepercaya. Dengan begitu, kamu pun juga akan diuntungkan. Sebab, pihak supplier biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Selain itu, kualitas bahan bakunya pun sudah pasti terjamin.

Baca juga: Aneka Macam Es Krim Kul Kul Indofood, Laris untuk Bisnis!

4. Ciptakan merek dan logo yang unik

Hanya karena usaha rumahan, bukan berarti kamu bisa meremehkan pentingnya merek. Cobalah untuk menciptakan merek sekaligus logo yang benar-benar mencerminkan usahamu. Buat semenarik mungkin agar orang penasaran dengan produk yang kamu jajakan.

Untuk masalah merek, kamu pasti bisa membuatnya sendiri. Sementara untuk desain logo, kamu bisa menggunakan jasa desain grafis profesional. Kalau kamu tidak mau mengeluarkan biaya tambahan, gunakan aplikasi desain yang bisa kamu akses dengan mudah lewat smartphone.

5. Gunakan media sosial

Media sosial adalah platform terbaik untuk memasarkan produk. Tak perlu menyewa jasa influencer dan sebagainya. Kamu bisa memasarkan produk es krimmu melalui status atau grup di WhatsApp terlebih dahulu. Cara sederhana ini termasuk efektif untuk membuat orang-orang yang menyimpan nomormu tahu bahwa kamu memiliki usaha es potong.

Baca juga: Peluang Menjanjikan Bisnis Es Krim, Cuan dari Rumah Saja!

Itu tadi informasi mengenai bisnis es potong khas Singapura. Namun kalau kamu tidak mau repot untuk membuat resep es potong dengan merekmu sendiri, kamu bisa langsung mulai jualan es potong dengan Espessia dari Indofood yang lebih simple dan praktis. Kamu tidak perlu khawatir dengan rasanya, dijamin enak dan tersedia berbagai macam rasa.

Sumber : indofoodicecream.com

Kalau kamu tertarik bisnis es potong Espessia, kamu bisa lho menjadi mitra Indofood Ice Cream via OttoPay. Modalnya kecil, kualitas produk terjamin, dapat pinjaman freezer lagi. Proses pendaftarannya juga mudah karena kamu akan dibantu oleh salesman OttoPay.

Tunggu apalagi, yuk, daftar sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: