Mudah dan Cuan, Begini Cara Jadi Agen Pembayaran Tagihan

25 Januari 2023
Agen Pembayaran Tagihan

Seiring banyaknya tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan, bisnis PPOB atau agen pembayaran tagihan pun kian marak. PPOB sendiri merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank, yaitu jasa layanan pembayaran berbagai tagihan online layaknya loket bank.

Bisnis ini memiliki prospek yang cukup baik sekaligus tidak memerlukan modal yang besar. Cukup memanfaatkan satu aplikasi penyedia jasa pembayaran tagihan online saja, kamu sudah bisa menjalankan ide bisnis ini.

Untuk lebih jelas, berikut ini adalah langkah mudah untuk menjadi agen pembayaran online. Silakan disimak, sebelum kamu memantapkan diri untuk terjun ke dalamnya.

Agen Pembayaran Tagihan
Sumber : Envato

Riset Kebutuhan Konsumen

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak memulai suatu usaha, termasuk usaha jasa di bidang PPOB, ialah riset kebutuhan konsumen atau pasar. Hal ini berguna untuk memetakan, produk apa saja yang banyak dibutuhkan konsumen, sehingga kamu bisa menjualnya.

Menurut skillacademy.com, riset kebutuhan pasar dapat dilakukan melalui beberapa metode, seperti wawancara dengan masyarakat, survei, Focus Group Discussion (FGD), hingga pengujian produk, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan beberapa metode ini untuk mengetahui produk pembayaran apa yang paling banyak dibutuhkan calon market-mu.

Pilih Aplikasi Pembayaran Tagihan Terbaik

Cara jadi agen pembayaran tagihan berikutnya adalah memilih aplikasi pembayaran tagihan terbaik. Saat ini, ada banyak aplikasi PPOB yang berlomba-lomba menawarkan jasanya. Oleh sebab itu, kamu harus jeli memilih aplikasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu ciri aplikasi PPOB terbaik ialah memiliki fitur pembayaran produk yang lengkap. Di samping itu, aplikasi tersebut juga bisa digunakan secara mudah karena memiliki antarmuka (user interface) yang responsif. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan OttoPay, aplikasi mitra warung yang melayani berbagai pembayaran tagihan online.

Daftar Akun OttoPay

Untuk memulai bisnis agen pembayaran tagihan dengan memanfaatkan aplikasi OttoPay, kamu bisa mendaftar secara mandiri maupun lewat salesman. Perbedaannya, jika mendaftar lewat salesman, fitur yang bisa digunakan lebih lengkap. Langkah ini cocok dipilih jika kamu memiliki toko permanen.

Sementara untuk mendaftar jadi mitra OttoPay secara mandiri, kamu cukup memiliki aplikasi dan akun OttoPay. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya melalui Play Store.

Cara Daftar Akun OttoPay

Berikut ini adalah langkah mudah untuk mendaftar akun OttoPay.

  1. Setelah instal aplikasi, segera buka aplikasi tersebut.
  2. Lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor ponsel aktif, klik “Lanjutkan” dan pilih “Daftar Sekarang“.
  3. Masukkan data informasi pemilik, berupa nama lengkap, tanggal lahir, dan nama usaha, lalu klik “Lanjutkan“.
  4. Beri tanda centang pada jendela persetujuan syarat dan ketentuan. Lalu klik “Lanjutkan“.
  5. Buat PIN akun OttoPay, lalu verifikasi kode OTP yang bisa dikirim lewat pesan SMS atau WhatsApp.
  6. Jika sudah, akun OttoPay kamu siap digunakan. Kamu bisa melakukan top-up saldo via berbagai bank dan gerai Alfamart sebelum melakukan transaksi pembayaran tagihan.

Sementara itu, untuk mendaftar agen pembayaran tagihan dengan menjadi mitra OttoPay melalui salesman, kamu bisa mengisi formulir pada tautan ini.

Produk Pembayaran

Produk-produk yang bisa dibayar dengan OttoPay antara lain:

  • Pulsa
  • Paket data
  • Listrik PLN
  • Voucher game
  • Saldo e-wallet (dompet digital)
  • Tagihan telepon dan internet
  • Berbagai cicilan
  • Air PDAM
  • Asuransi
  • BPJS
  • dan sebagainya.

Produk-produk di atas adalah produk yang bisa digunakan oleh pendaftar mandiri. Jika mendaftar menjadi mitra OttoPay melalui salesman, toko kamu bisa menggunakan fitur pembayaran QRIS, transaksi grosir, serta pinjaman.

Keuntungan Pakai OttoPay

Penggunaan OttoPay sebagai sarana menjadi agen pembayaran tagihan memberikan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah harga produknya yang bersaing, sehingga dapat memberikan banyak keuntungan. Di samping itu, OttoPay juga memberikan banyak bonus, produk lengkap, dan mudah untuk digunakan.

Lakukan Promosi secara Masif

Terakhir, lakukan promosi secara masif agar usahamu dikenal oleh banyak orang. Tawarkan berbagai keunggulan, seperti harga yang lebih murah dibanding tempat lain maupun diskon untuk pembelian produk tertentu, untuk menarik semakin banyak pelanggan. Maksimalkan penggunaan berbagai media sosial untuk menjalankan upaya ini.

Itulah beberapa cara untuk menjadi agen pembayaran tagihan yang mudah dilakukan dan berpotensi memberikan banyak cuan. Tunggu apa lagi? Segera jalankan bisnis PPOB dengan menjadi mitra OttoPay.

Unduh aplikasinya secara gratis di Play Store.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: