Sederhana! Ternyata Begini Strategi Belanja Kebutuhan Pokok

21 Januari 2023
Belanja Kebutuhan Pokok

Belanja kebutuhan pokok merupakan hal yang biasa dilakukan untuk memastikan kebutuhannya tercukupi dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, seminggu, dua minggu, atau sebulan. Kebutuhan pokok, meliputi bahan makanan, keperluan dapur, perlengkapan mandi, kebersihan rumah, perlengkapan kecantikan, dan obat-obatan pribadi. 

Di era modern, pemenuhan kebutuhan pokok dapat dilakukan secara online tanpa perlu mengunjungi pusat perbelanjaan. Proses yang praktis didukung pengiriman barang dalam waktu cepat membuat orang-orang menyukai belanja online. Namun, terkadang hal ini memicu seseorang belanja secara berlebihan hingga menyebabkan pengeluaran membengkak. 

Mau Hemat Bujet? Ini Strategi Belanja Kebutuhan Pokok 

Belanja Kebutuhan Pokok
Sumber : Envato

Apabila kamu termasuk orang yang senang berbelanja hingga melebihi batas anggaran, mulailah untuk mengatur keuangan. Cara termudah adalah dengan menerapkan strategi belanja kebutuhan bulananmu berikut ini. 

Buat Daftar Kebutuhan 

Membuat daftar kebutuhan sangat penting untuk mengelola pengeluaran. Tulis barang yang kamu perlukan dalam selembar kertas. Pastikan daftar tersebut telah mencakup kebutuhan dalam waktu tertentu. Tulis kebutuhan kamu secara rinci. Mencatat belanjaan akan mempermudah kamu mempersiapkan anggaran dan memastikan tidak ada barang yang terlewat.

Misalnya: kamu adalah anak kos yang menerapkan pola belanja dua minggu sekali. Tulis kebutuhan yang diperlukan dalam waktu tersebut. Mulai dari makanan, kebersihan, kesehatan, dan kecantikan. Adapun daftarnya sebagai berikut.

  • Beras: 5 kg
  • Telur: ½ kg
  • Mi instan kuah: 4 pcs
  • Susu UHT 1 liter: 1 pc
  • Roti tawar: 1 bungkus
  • Detergen bubuk 770 gram: 1 pc
  • Pelembut pakaian 780 ml: 1 pc
  • Sampo 130 ml: 1 pc
  • Pasta gigi 190 gram: 1 pc

Tetapkan Skala Prioritas 

Setelah menulis daftar belanja, urutkan sesuai skala prioritas dari yang paling dibutuhkan hingga kurang dibutuhkan. Tulis kisaran harga di sebelah nama barang. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu memperkirakan anggaran yang dibutuhkan. 

Ketika total belanja melebihi bujet, kamu bisa mencoret beberapa barang dengan skala prioritas rendah. Tak hanya membiasakan kamu untuk berhemat, strategi ini akan mengasah kemampuan kamu mengatur keuangan dengan tepat sasaran. Bukan mustahil kamu bisa mencapai kemerdekaan finansial di masa muda. 

Baca juga: Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada!

Cari Promo Belanja 

Untuk menghemat bujet belanja kebutuhan pokok, carilah promo yang kerap ditawarkan oleh pedagang ritel maupun merchant online. Biasanya promo akan diberikan pada pelanggan yang telah berlangganan newsletter atau bergabung sebagai member. Bisa juga dengan mengecek akun penyedia informasi promo atau pamflet yang biasanya disebar di sekitar pusat perbelanjaan.

Di waktu tertentu, promo yang ditawarkan biasanya lebih menarik dibandingkan hari biasa. Waktu tersebut, antara lain Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Jumat Sabtu Minggu, HUT RI, menjelang lebaran, Natal, tahun baru, dan hari jadi toko. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga lebih miring. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Perlu Memberikan Reward Kepada Pelanggan

Belanja Grosir Murah via OttoPay 

Selain promo, gunakan aplikasi OttoGrosir untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Kamu hanya perlu mengunduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu. Lakukan pendaftaran dan mulai belanja dengan tahapan sebagai berikut.

  • Pada Toko Grosir pilih Pesan Barang.
  • Klik OttoGrosir.
  • Cari produk yang dibutuhkan di kolom pencarian atau melalui kategori yang tersedia pada menu. 
  • Klik produk yang ingin dibeli dan sesuaikan jumlah pembelian kemudian pilih Beli Sekarang.
  • Cek transaksi dengan klik Lihat Keranjang.
  • Apabila telah sesuai, lanjutkan dengan klik Pembayaran.
  • Pastikan data penerima telah sesuai. 
  • Klik Pesan Sekarang untuk menyelesaikan transaksi. 

Asyiknya lagi, kamu bisa bergabung sebagai Mitra OttoPay untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari harga bersaing, gratis ongkos kirim, dan bonus cashback menarik. 

Demikianlah sejumlah strategi belanja kebutuhan pokok yang dapat kamu terapkan. Berbekal strategi tersebut, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik dan terhindar dari pemborosan. Jangan ragu memilih OttoGrosir dari OttoPay sebagai aplikasi belanja online favoritmu ya! Yuk, pakai OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: