Alur Masuk Uang QRIS (Penting untuk Dipelajari!)

6 Juli 2023
QRIS

Seorang pengguna QRIS, baik konsumen maupun merchant, perlu memahami alur perjalanan dana dengan teknologi transfer ini. Hal ini akan membantu pengguna untuk menanggulangi beberapa isu yang dapat muncul saat menjalankan aplikasi QRIS. Mari simak penjelasan mengenai alur uang masuk dengan menggunakan QRIS.

QRIS
Sumber : Envato

Alur Masuk Uang QRIS

QRIS memanfaatkan teknologi QR code di dalam proses transaksinya. QR code memberikan jaminan bahwa uang yang ditransfer oleh pengirim akan tersalurkan ke penerima. Dibandingkan dengan transfer antar-bank secara tradisional, QRIS lebih praktis karena pengguna tidak perlu memasukkan nomor rekening secara manual.

Selain itu, QRIS juga meningkatkan partisipasi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank di dalam sistem perekonomian. QRIS melayani transaksi dengan e-Wallet, yang pendaftaran dan penggunaannya dianggap lebih sederhana dibandingkan dengan bank konvensional.

Berikut merupakan langkah-langkah transaksi menggunakan QRIS:

  • Konsumen melakukan pembelian produk di sebuah merchant.
  • Merchant memberikan informasi mengenai nominal produk yang dibeli.
  • Konsumen memindai QR code dengan nominal sesuai harga produk.
  • Konsumer mengirimkan dana sejumlah harga produk kepada merchant.
  • Transaksi selesai ketika kedua pihak telah menerima notifikasi.

Konsumen yang melakukan transaksi melalui QRIS harus memiliki dana yang cukup untuk membeli produk di rekening atau e-Wallet miliknya. Jika jumlahnya tidak mencukupi, proses transaksi QRIS tidak dapat dilengkapi. Nantinya dana pembelian produk tersebut akan berpindah dari akun konsumen ke QRIS penjual.

Merchant tidak langsung menerima dana yang ditransfer oleh pembelinya. Terdapat proses settlement atau pencairan dana yang harus dilalui oleh merchant. Pencairan dana biasanya hanya bisa dilakukan sekali dalam sehari dan terdapat jumlah minimal yang harus dipenuhi. Dana nantinya akan dikirimkan oleh penyedia jasa QRIS ke rekening merchant.

QRIS dengan OttoPay

OttoPay merupakan salah satu penyedia layanan QRIS yang mengkhususkan diri untuk membantu pengusaha kecil di Indonesia dalam melakukan digitalisasi finansial. Para pelaku usaha kecil tidak perlu khawatir mengenai skala usahanya karena OttoPay dapat melayani usaha rumahan kecil seperti toko kelontong sekalipun.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan usaha kecil dari menggunakan QRIS dari penyedia jasa seperti OttoPay, di antaranya:

1. Riwayat transaksi tercatat lebih rapi

Permasalahan usaha kecil adalah sering tidak melakuakn pencatatan atau pembukaan transaksi. Hal ini bisa jadi menyebabkan ada perhitungan-perhitungan yang telewatkan sehingga usaha sulit berkembang. QRIS mencatat setiap transaksi secara otomatis sehingga masalah ini bisa diminimalkan.

2. Praktis

Pembayaran dengan QRIS lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Sebagai pembeli, kamu hanya perlu membawa smartphone untuk berbelanja. Sementara itu, penjual pun tidak perlu pusing menyediakan kembalian untuk pelanggannya.

3. Aman

Transaksi dengan QRIS dinilai jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Toko kecil kamu tidak perlu menyimpan uang sehingga meminimalisasi risiko terjadinya uang hilang baik karena ketidaksengajaan maupun alasan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan QRIS untuk Usaha Rumahan?

Seorang merchant OttoPay dapat melakukan settlement dengan nominal yang cukup kecil, sehingga cocok dengan pelaku usaha rumahan yang mungkin pemasukannya tidak sebesar usaha yang mapan. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap memiliki pemasukan harian meskipun bisnis kamu bukanlah bisnis yang besar.

Selain itu, seorang merchant OttoPay tidak harus memiliki rekening atau e-Wallet tertentu untuk mendaftar di platform OttoPay. OttoPay juga tidak mengenakan biaya tambahan terkait settlement ke berbagai Bank.Sebenarnya alur masuk uang di QRIS cukup sederhana bukan? Jika kamu memiliki usaha, sangat sayang jika tidak memanfaatkan teknologi ini. Dengan QRIS, seorang merchant bisa melindungi diri dari risiko-risiko bertransaksi dengan cara tradisional.

Jika ingin bermitra dengan platform QRIS unggulan OttoPay, kamu bisa mengunjungi tautan ini.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: