7 Alasan Mengapa Bisnis Harus Menerapkan Cashless Payment

27 Desember 2023

Zaman yang makin canggih menuntut banyak hal untuk dilakukan secara digital, termasuk pembayaran. Sekarang ini, transaksi secara tunai atau fisik telah mulai tergantikan dengan transaksi nontunai atau cashless payment. Metode ini sangat diminati karena membawa kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi.

Apa Itu Cashless?

Sumber : Pexels

Cashless payment adalah transaksi finansial yang dilakukan tanpa adanya uang tunai. Metode ini juga menjadi salah satu bagian dari Gerakan Nasional Non Tunai yang dicetuskan oleh Bank Indonesia. Cara ini bisa mencegah terjadinya berbagai risiko bisnis, mulai dari perampokan hingga pemalsuan uang.

Tak hanya itu, pembayaran nontunai juga bisa menurunkan angka penarikan uang tunai dan biaya keamanan. Sekarang ini, Indonesia telah menerapkan sistem transaksi nontunai untuk sebagian besar sektor bisnis. Fenomena cashless society sendiri tengah populer beberapa waktu terakhir. 

Bukan tanpa alasan, ini karena cashless payment dinilai lebih mudah, aman, cepat, dan praktis. Selain itu, ada banyak promo dan penawaran menarik yang makin menguntungkan, baik bagi konsumen maupun merchant. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Mengapa Cashless Payment Penting untuk Bisnis?

Sumber : Pexels

Ada banyak alasan mengapa pemilik bisnis perlu menerapkan sistem pembayaran nontunai atau cashless payment. Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu tahu: 

  1. Persaingan bisnis lebih mudah

Penerapan pembayaran nontunai bisa membuat pembelian produk berlangsung lebih nyaman, cepat, dan pastinya aman. Cara ini menawarkan keuntungan bagi pemilik bisnis supaya bisa bertahan di tengah persaingan dengan meningkatkan angka penjualan. 

Pasalnya, e-wallet kerap menawarkan banyak promo menarik untuk pelanggan. Ini menjadi salah satu opsi terbaik karena konsumen menyukai berbagai hal yang berhubungan dengan promosi atau potongan harga. 

  1. Hemat waktu

Teknologi cashless payment hadir karena pesatnya pergerakan manusia. Konsumen ingin melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan rumah. Inilah mengapa muncul belanja daring yang menggunakan sistem transaksi nontunai. Melalui sistem ini, pelanggan cukup melakukan pemesanan dan membayar tanpa harus melakukan kontak fisik. 

Dengan begitu, pelanggan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pembelian barang. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat meningkatkan penjualan karena kemudahan yang ditawarkan. 

  1. Praktis dan mudah

Alasan lain bisnis harus menerapkan cashless payment adalah mudah dan praktis, baik bagi pelanggan maupun pemilik bisnis. Pelanggan tidak lagi harus membawa dompet atau uang tunai dalam jumlah besar. Cukup dengan ponsel atau kartu debit maupun kredit. 

Sementara itu, bagi pemilik usaha, pembayaran nontunai membuat lebih mudah karena tidak harus menyiapkan uang kembalian. Selain itu, pencatatan transaksi dan keuangan juga menjadi lebih mudah dan praktis. 

  1. Keamanan terjamin

Cashless payment memungkinkan transaksi bisnis menjadi lebih terkontrol dan pastinya aman. Sebab, kamu tidak lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Kamu tidak perlu cemas akan mengalami kehilangan uang. Selain itu, aplikasi penunjang transaksi digital juga telah didukung dengan penggunaan kata sandi. 

  1. Mudah mengontrol transaksi

Cashless payment juga membuat kamu dapat dengan mudah melihat dan mengontrol transaksi. Ini tidak sama dengan cara pembayaran fisik yang terkadang tidak disertai dengan bukti pembayaran atau struk. Melalui nontunai, kamu akan secara otomatis mendapatkan bukti transaksi dan bisa melihatnya kapan saja kamu membutuhkannya. 

Selain itu, kamu lebih mudah melihat berapa banyak total transaksi yang berlangsung dalam satu hari. Dengan demikian, kamu pun dapat mengetahui berapa banyak pemasukan yang kamu dapatkan. Tak ketinggalan, tidak perlu lagi khawatir akan terjadi kesalahan.

  1. Tak perlu menyiapkan uang receh

Hal penting lainnya adalah kamu tidak perlu terlalu repot untuk menyiapkan uang kembalian, terlebih uang koin yang memang telah sangat sulit didapatkan. Sebab, pembayaran cashless juga berlaku dengan nominal yang bahkan akan sulit memberikan kembalian jika pelanggan menggunakan uang dengan nominal yang lebih besar. 

  1. Kontrol manajemen yang lebih baik

Metode pembayaran nontunai juga lebih efektif jika kamu ingin melakukan promosi. Sebab, sistem telah mengaturnya dan kamu cukup mengikuti instruksi. Selain itu, sistem refund yang diajukan pelanggan karena transaksi yang gagal lebih mudah tanpa harus bertatap muka. 

Baca juga: Tips Memilih Sistem POS yang Efisien untuk Bisnismu

Demikian tadi berbagai alasan mengapa bisnis harus memiliki sistem cashless payment. Jika baru ingin memulainya, kamu bisa menggunakan layanan Payment Gateway dari OttoPay Bisnis. Tersedia banyak pilihan transaksi nontunai yang bisa kamu pilih. 

Selain itu, Payment Gateway dari OttoPay Bisnis telah mengantongi sertifikasi PCI DSS. Kamu juga dapat memilih layanan OttoPay Bisnis yang lain yang sesuai dengan tujuan bisnismu. Yuk, gabung jadi mitra OttoPay Bisnis sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: