Pentingnya BEP untuk Bisnis, Kunci Dasar Cuan Maksimal

13 Februari 2024

Break Even Point alias BEP adalah sebuah istilah yang perlu kamu ketahui saat memutuskan terjun ke dalam bisnis. Bahkan tak cuma ketahui, kamu juga perlu benar-benar memahami dan menelaah pentingnya BEP dan bagaimana mengaplikasikannya untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Saking pentingnya, BEP bahkan menjadi salah satu indikator yang digunakan oleh para investor dalam memilih dan memutuskan perusahaan mana yang akan menjadi tempatnya menanam modal. Pun bagi pemilik bisnis, BEP akan membantu mereka untuk menghindari kerugian.

Pentingnya BEP
Sumber : Envato

Apa Itu BEP 

Secara sederhana BEP adalah titik balik modal atau titik impas. Hal ini dikarenakan BEP merupakan titik saat perusahaan tidak memperoleh keuntungan dan tidak pula mengalami kerugian. Dalam kata lain, jumlah laba yang didapat besarnya sama dengan total seluruh biaya yang dikeluarkan.

Adapun tujuan dilakukannya analisis BEP adalah untuk membantu sebuah bisnis memahami dan menentukan seberapa banyak produk (baik barang maupun jasa) yang harus terjual sehingga mencapai ketidakseimbangan apalagi merugi. Di samping itu, beberapa tujuan lain dari dilakukannya analisis BEP juga untuk:

  • Mengidentifikasi margin keamanan alias safety margin, yakni selisih antara volume penjualan yang sebenarnya dengan BEP.
  • Mengidentifikasi ruang lingkup keuntungan alias profit scope, yakni selisih volume penjualan aktual dengan BEP dan dikali margin kontribusi.
  • Menentukan harga jual yang tepat sehingga mempermudah dan mempercepat mencapai tujuan bisnis.
  • Mengetahui efisiensi operasional bisnis daan menentukan pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Baca Juga: Pantang Menyerah dalam Berbisnis ala Bob Sadino

Pentingnya BEP bagi Bisnis 

Berdasarkan uraian di atas, kamu dapat melihat betapa pentingnya BEP bagi bisnis. Peran penting BEP pun sebetulnya tidak berlaku hanya bagi bisnis yang sudah besar dan berkembang. Sebaliknya, BEP justru juga berperan sangat penting bagi bisnis yang baru muncul sehingga dapat membantu pemilik bisnis menyiapkan pondasi usaha yang kuat.

BEP adalah ambang batas untuk memastikan apakah bisnis yang kamu lakukan berada di posisi aman atau tidak. BEP pun tidak cuma membantu bisnismu terhindar dari kerugian dan mencapai keuntungan. Lebih dari itu, BEP akan memastikan bahwa usaha yang kamu lakukan dapat bertahan dan dikembangkan.

Jika diuraikan lebih lanjut, berikut beberapa alasan mengapa melakukan perhitungan dan analisis BEP penting untuk kamu lakukan.

  1. Mengetahui seluruh biaya operasional dan produksi 

Kamu dapat benar-benar melihat berapa besar sebetulnya biaya yang harus kamu keluarkan untuk menghasilkan sebuah produk, baik barang maupun jasa. Meski terlihat sepele, tidak sedikit bisnis—terutama yang baru berkembang—mengabaikan detail-detail kecil terkait keperluan produksinya sehingga lama untuk dapat mengembangkan usahanya.

  1. Menjadi dasar penentuan profit

Setelah tahu berapa besarnya seluruh biaya yang harus kamu keluarkan, barulah kamu dapat menentukan berapa harga jual yang akan kamu tawarkan. Harga ini pun bukan hanya sekadar mengikuti pasar, tetapi yang tak kalah penting adalah dapat menutup biaya operasional.

  1. Memperkirakan waktu terjadinya balik modal

Pentingnya BEP bagi bisnis lainnya adalah membantumu melakukan estimasi kapan bisnis dapat balik modal dalam rentang waktu yang rasional. Dengan begitu, kamu tidak akan terobsesi ingin cepat balik modal dan untung tanpa perhitungan yang matang dan kerap berujung pada rasa cepat tidak puas dan ingin menyerah.

Baca Juga: Rekonsiliasi Invoice – Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis

Kapan Perlu Melakukan Perhitungan BEP? 

BEP sebaiknya dilakukan pada tahap awal bisnis sebelum kamu melakukan produksi. Makin awal kamu melakukan perhitungan BEP, akan lebih mudah buatmu menentukan rencana strategis untuk menjalankan bisnis dengan terukur.

Adapun faktor-faktor yang sangat memengaruhi BEP antara lain:

  • Kenaikan permintaan produk (penjualan)
  • Kenaikan biaya produksi
  • Biaya untuk melakukan pemeliharaan peralatan produksi

Jadi, sudah cukup jelas bukan, betapa pentingnya BEP untuk keberlangsungan usaha yang kamu lakukan? Dengan memiliki kalkulasi yang matang di awal perencanaan, kamu pun akan lebih mudah menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil sehingga bisnis dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Tak lupa, untuk membantumu mengelola bisnis secara efektif dan efisien, gunakan solusi Bisnis Portal Ottopay Bisnis. Solusi dasbor portal dari OttoPay Bisnis ini akan membantumu melakukan pencatatan seluruh transaksi sehingga pencatatan keuangan jadi lebih mudah dan transparan.

Asyiknya lagi, cukup dengan satu dasbor Bisnis Portal OttoPay, kamu bisa mengelola seluruh transaksi di seluruh cabang sehingga lebih praktis. Kamu pun dapat memilih berbagai macam layanan yang tersedia sesuai kebutuhan bisnis.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: