Ampuh! Ini 5 Tips Optimasi SEO buat Tingkatkan Penjualan

13 Februari 2024

Teknik marketing dalam menjalankan usaha kini makin beragam. Salah satunya dengan optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Seperti apa prosesnya? Artikel ini akan membahas lima tips SEO yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan!

Sebelum kita bahas satu per satu, mari pahami dahulu apa itu SEO. Menurut Neilpatel, SEO adalah salah satu upaya untuk membantu situs web agar mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Artinya, ketika seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu, situs web yang memiliki SEO bagus akan muncul di halaman pertama pencarian. Strategi ini cocok diterapkan untuk meningkatkan penjualan melalui website. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO.

Tips SEO
Sumber : Envato

1. Riset Kata Kunci Populer

Tips SEO yang pertama ialah riset kata kunci yang populer. Maksudnya, kamu harus mencari tahu, kata kunci apa yang banyak dicari oleh pengguna internet dalam kurun waktu tertentu.

Setelah itu, gunakan kata kunci tersebut untuk membuat artikel SEO di situs web kamu. Hal ini akan sangat membantu untuk menarik semakin banyak pengunjung website.

Saat ini ada banyak tools yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Mulai dari Google Keyword Planner, Google Trends, Ahrefs Keyword Generator, Ubersuggest, hingga Keywordtool.io dan sebagainya. 

Dari berbagai tools tersebut, kamu bisa mencari kata kunci utama serta kata kunci tambahan seperti long-tail keyword, related keyword, dan Latent Semantic Indexing (LSI) keyword.

2. Perhatikan Sebaran Kata Kunci dalam Konten

Setelah mendapat kata kunci yang cocok, kamu bisa menjalankan tips SEO berikutnya, yaitu membuat artikel dengan kata kunci tersebut. Di sini, kamu harus memperhatikan penempatan kata kunci yang digunakan, jangan menuliskannya di sembarang bagian. Kata kunci harus ditulis sesuai kaidah SEO.

Misalnya, diletakkan pada bagian judul, meta deskripsi, paragraf pertama artikel, sub judul, disebar dalam isi artikel, serta pada paragraf penutup. Jangan berlebihan dalam menuliskan kata kunci, cukup satu persen dari total kata artikel yang dibuat, dan disebar secara merata.

Selain itu, selalu upayakan untuk memakai kata kunci secara bijak. Jangan memaksakan dalam suatu kalimat yang tidak relevan, sehingga membuat kalimat sulit dimengerti.

3. Tulis Judul atau Nama Produk yang Jelas

Tips SEO untuk meningkatkan penjualan selanjutnya ialah dengan membuat judul atau nama produk yang jelas. Maksudnya begini, jika kamu membuat judul untuk artikel, maka pastikan judul itu mudah dipahami, menarik, dan bikin penasaran.

Demikian halnya jika kamu membuat unggahan produk pada website e-commerce, pastikan judulnya juga mudah dimengerti dan sesuai dengan produk yang dijual.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan target market, misalnya dengan menambah kata “Murah” pada judul unggahan produk tersebut. Hal ini bisa memicu orang-orang untuk kian tertarik dengan produk yang dijual.

4. Tambahkan Gambar yang Mendukung

Penggunaan gambar yang bagus pada unggahan website juga mampu menarik minat orang-orang untuk mengunjungi website. Artinya, gambar pun dapat berpengaruh pada SEO. Oleh sebab itu, tips SEO selanjutnya ialah dengan mengoptimalkan penggunaan gambar.

Selain bagus, jelas, dan dapat mewakili uraian artikel atau produk, gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kaidah SEO. Misalnya dengan mengubah nama file dengan kata kunci yang digunakan, memberikan caption singkat dengan related keyword, dan sebagainya. Intinya, segala atribut gambar harus disesuaikan dengan kata kunci.

5. Tambahkan Link yang Relevan

Terakhir, yang tidak kalah penting, kamu harus menambahkan link-link yang relevan pada artikel atau deskripsi produk. Link yang dimaksud bisa berupa internal link yang mengarah ke postingan lain pada website kamu, maupun external link yang mengarah pada sumber acuan.

Kamu juga bisa menambahkan link call to action seperti mengunduh aplikasi, melakukan pembelian, dan sebagainya. Hal ini bisa disesuaikan dengan produk yang sedang dipasarkan.

Itulah lima tips SEO yang bisa kamu terapkan untuk menaikkan traffic kunjungan website, sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan. Nah, di samping optimasi SEO untuk menarik pelanggan, kamu juga harus memberikan kemudahan pembayaran agar pelanggan dapat bertransaksi secara nyaman.

OttoPay adalah solusi untuk hal tersebut. Platform ini menyediakan layanan Payment Gateway yang bisa disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis, khususnya bisnis digital dengan transaksi non-tunai.

Ada lebih dari 50 metode pembayaran yang bisa dimanfaatkan, serta telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia dan terjamin keamanannya karena sudah tersertifikasi PCI DSS. Ayo daftar jadi Mitra Bisnis OttoPay dan tingkatkan transaksi penjualan bisnismu secara lebih mudah.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: