Langkah Praktis Memulai Usaha Jualan Online Sendiri

28 Februari 2023
Jualan Online

Jualan online sekarang sudah menjadi pilihan bisnis mandiri, terutama setelah pandemi di mana banyak orang lebih suka berbelanja dari rumah. Tips jualan online untuk kamu yang baru memulai tentu berbeda dari pemilik modal besar. Akan tetapi, perkembangan teknologi dan tren bisnis masa kini memberimu kesempatan cukup besar untuk mencari penghasilan dari jualan online!

Laporan peringkat e-commerce dari iPrice menunjukkan bahwa, di Indonesia, 54 persen pengguna jasa tersebut memilih bisnis lokal sebagai tempat belanja. Selain pemain besar, kini semakin banyak orang Indonesia yang membeli produk dari toko lokal. Harga murah, pengiriman cepat, serta variasi produk yang beragam dan kecocokan dengan selera atau kebutuhan menjadi penentu utama.

Ingin tahu cara jualan online laris agar kamu bisa memulai usaha sukses.

Tips Jualan Online
Sumber : Envato

1. Tentukan Jenis Produk dan Segmen Pasar

Jenis produk dan segmen pasar menentukan tipe bisnis yang akan kamu jalankan. Apa yang paling dibutuhkan orang di sekitarmu saat ini? Siapa orang yang akan membeli produkmu? Bagaimana potensi produk tersebut di masa depan? Kamu tidak perlu menjual terlalu banyak produk atau sesuatu yang mewah dan unik untuk menarik perhatian. Cukup perhatikan kebutuhan calon konsumenmu saat ini dan fokus pada produk tersebut!

2. Menemukan Pemasok Tepercaya

Jenis dan kesuksesan bisnismu ditentukan oleh pemasok. Kamu harus membuat daftar beberapa pemasok potensial untuk membandingkan variasi produk dan harga borongan stok mereka. Hindari membatasi diri pada satu atau dua pemasok; pastikan kamu punya minimal tiga atau empat nama untuk cadangan.

3. Menyiapkan Identitas Usaha

Identitas usaha yang konsisten adalah tips jualan online sukses. Kamu harus punya merek, logo, dan deskripsi usaha yang menggambarkan bisnismu secara menyeluruh. Konsumen akan lebih mudah mengingatmu jika kamu memiliki identitas tersebut. Plus, jika kamu berniat melebarkan sayap, kamu bisa menggunakan identitas usaha untuk membuat proposal pendanaan.

4. Menyiapkan Identitas Digital yang Konsisten

Jika kamu belum punya situs resmi, media sosial adalah identitas digitalmu dalam berbisnis, dan ini bukan tanpa alasan. Pada tahun 2021, hampir 92 persen perusahaan di Amerika Serikat menggunakan media sosial untuk pemasaran, dan jumlah ini terus meningkat. Hal ini mencerminkan banyak situasi bisnis di seluruh dunia.

Ketika menggunakan media sosial, pastikan kamu konsisten. Gunakan nama dan logo usahamu sebagai gambar profil serta header. Masukkan deskripsi bisnismu di profil, dan pastikan semuanya serupa di berbagai akun media sosial. Gaya komunikasimu saat mengirim postingan juga harus identik di semua akun.

Cara jualan online lewat media sosial juga cocok untuk pelaku usaha modal kecil. Dengan akun gratis plus sedikit modal untuk memasang iklan, kamu bisa menjangkau cukup banyak orang.

5. Menentukan Kisaran Harga dan Modal

Ketika menentukan harga, kamu bisa mencari referensi lewat berbagai bisnis serupa di areamu. Pastikan mematok harga yang pas, tidak berbeda jauh dari kisaran harga tertinggi atau terendah. Jika kamu berani memasang harga tinggi, pastikan konsumen mengetahui keunggulan yang kamu tawarkan.

Setelah menentukan semua aspek bisnis, kamu bisa menghitung modal yang dibutuhkan. Modal tidak hanya mencakup harga stok produk, tetapi juga biaya pemasangan iklan, pembuatan dan pengelolaan situs toko resmi, biaya pengiriman produk ke pembeli, gaji staf, perlengkapan (listrik dan internet), dan sebagainya sesuai jenis usaha.

6. Menentukan Metode Pemasaran Terbaik

Berbagai tips jualan online mengusung media sosial sebagai metode pemasaran unggulan. Kamu bisa memulai secara gratis, berinteraksi langsung dengan orang banyak, dan membagikan konten menarik. Akan tetapi, metode pemasaran bukan hanya ini! 

Tergantung ruang lingkup jualanmu, komunikasi dari mulut ke mulut bisa cukup efektif, terutama jika kamu menyasar area kecil dulu. Kamu juga bisa menambah efisiensi media sosial dengan menyebar brosur atau memasang spanduk di rumah atau tokomu. Jika sudah punya cukup modal, buatlah satu situs resmi agar bisnismu terlihat lebih tepercaya dan kamu bisa memasang iklan.

7. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Akhirnya, gunakan aplikasi untuk mendukung bisnis kecil, seperti OttoPay. Sebagai mitra, kamu bisa berjualan barang grosir, membeli stok, dan mengelola pembayaran secara mudah lewat satu aplikasi. Bantuan tenaga pemasaran dan layanan pun siap membantumu mengelola bisnis grosir dan produk digital populer, misalnya token listrik.

Tips jualan online tidak perlu mewah, terutama jika modalmu kecil. Cukup terapkan strategi dasar seperti di atas dan gunakan aplikasi OttoPay untuk membantu bisnismu berkembang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: