Ingin Memulai Usaha? Ini Cara Pilih HP yang Tepat untuk Jualan

28 Februari 2023
HP untuk jualan

Sebelum pandemi berlangsung, masih banyak orang yang meragukan efektivitas bisnis online. Namun, semenjak kebijakan PPKM diberlakukan dan kegiatan di luar rumah dibatasi, makin banyak yang yakin bahwa zaman sekarang segala sesuatu bisa dilakukan secara online dari mana saja, dengan mudah.

Peluang Usaha Online Zaman Now

HP yang Tepat untuk Jualan
Sumber : Envato

Kemudahan melakukan segala sesuatu melalui internet membuat muncul banyak peluang usaha baru, termasuk salah satunya bisnis jual beli online. Apalagi dibandingkan bisnis yang butuh toko fisik, modal untuk membuka sebuah bisnis online tidak terlalu banyak. 

Kamu hanya perlu beberapa perangkat memadai untuk berjualan dan sejumlah akun di media sosial atau marketplace untuk promosi. Salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan saat jualan online adalah HP atau smartphone. Tidak hanya untuk operasional, HP juga dibutuhkan untuk menjalankan beberapa aplikasi pendukung bisnis online.

Supaya bisnis tetap lancar, kita tentu butuh HP yang mumpuni. Sebagai tips, berikut ulasan tentang cara memilih hp yang tepat untuk jualan.

Cara Memilih HP untuk Jualan

HP yang Tepat untuk Jualan
Sumber : Envato

1. Mendukung Jaringan 4G / 5G

Mengingat saat ini hampir seluruh daerah di Indonesia mendukung jaringan 4G, tentu kita butuh HP atau gadget yang kompatibel dengan jaringan ini. Jadi sebagai langkah awal, pastikan smartphone yang dipakai sebagai alat operasional bisnismu minimal sudah mendukung jaringan 4G. Atau lebih baik jika sudah mendukung 5G karena di beberapa daerah sekarang sudah mendapatkan jaringan 5G yang memberikan pengalaman online yang lebih baik..

Jika sudah menggunakan HP 4G, kita tidak perlu khawatir akan mengalami masalah, terutama soal jaringan saat sedang melakukan transaksi jual beli atau mempromosikan produk di internet.

2. Memiliki RAM minimal 3GB

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi untuk mendukung bisnis online kita, seperti aplikasi editing foto atau video, marketplace dan media sosial, hingga aplikasi payment gateway seperti OttoPay. Supaya semua aplikasi bisa berfungsi maksimal, setidaknya kamu butuh smartphone dengan RAM 3GB.

Dengan RAM memadai, kita tidak perlu khawatir HP akan mengalami hang atau lag saat dipakai mengoperasikan semua aplikasi secara bersamaan. Jadi apabila saat ini sedang berburu hp yang tepat untuk jualan, pastikan RAM-nya minimal 3GB dengan dukungan memori internal atau eksternal yang memadai.

3. Kualitas Kamera Belakang Maksimal

Selain RAM dan kapasitas memori memadai, kita juga butuh HP dengan kualitas kamera belakang yang baik. Hal ini penting karena saat menjalankan bisnis online, kita akan mempromosikan produk dalam bentuk foto. Dengan kamera yang memadai, hasil foto bisa maksimal sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk.

Kamera belakang yang baik bisa dilihat dari resolusinya. Untuk menghasilkan foto jernih dengan detail yang tajam, setidaknya kita butuh smartphone dengan kamera belakang beresolusi 10 sampai 12 Megapixel dilengkapi fitur zoom in atau bokeh yang mumpuni.

4. Ukuran Layar Memadai

Tips memilih HP yang tepat selanjutnya adalah, pilih smartphone dengan ukuran layarnya memadai. Artinya, pilih layar dengan dimensi besar paling tidak 6 inci. Layar besar akan sangat membantu, karena kita bisa mengoperasikan smartphone dengan nyaman tanpa khawatir sakit mata. Selain itu dengan layar yang lebar, kamu juga bisa melakukan editing foto atau video untuk promosi secara mudah tanpa khawatir melakukan kesalahan. 

5. Sistem Operasi dan Keamanan Mumpuni

Hal terpenting dalam memilih HP untuk jualan online adalah, pilih smartphone dengan sistem operasi dan keamanan mumpuni. Seperti halnya RAM, sistem operasi yang memadai akan memudahkan kita menjalankan banyak aplikasi pendukung bisnis online. Minimal, pilih HP dengan sistem operasi Lollipop atau Android 5.0 dan 5.11.

Tidak hanya sistem operasi, kita juga butuh HP dengan sistem keamanan yang maksimal. Hal ini penting mengingat banyak aplikasi penting pendukung bisnis online yang cukup riskan apabila sistem keamanan kurang baik, seperti aplikasi OttoPay atau mobile banking.

Nah, itulah beberapa cara memilih hp yang tepat untuk jualan. Bagaimana, sudah menemukan smartphone seperti apa yang pas untuk memulai bisnis online? Semoga bermanfaat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: