Ingin Pakai Payment Gateway? Ini Fitur yang Dibutuhkan

27 Juni 2023
Fitur Payment Gateway

Dalam menjalankan bisnis, kamu tak cukup hanya menyediakan barang dagangan dan memajangnya di etalase, baik secara offline maupun online. Di era serba digital seperti sekarang, kamu perlu menyediakan sarana pembayaran yang praktis. Caranya gampang. Kamu tinggal memanfaatkan layanan payment gateway

Fitur Payment Gateway
Sumber : Envato

Mengenal Payment Gateway

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan payment gateway atau gerbang pembayaran? Teknologi ini merupakan sistem transaksi yang bertugas dalam melakukan otorisasi proses transaksi online dalam sebuah platform e-commerce. Selanjutnya, pelanggan kamu pun bisa melakukan berbagai jenis pembayaran online dengan nyaman saat berbelanja.

Teknologi gerbang pembayaran tak hanya bermanfaat bagi para pelaku bisnis online. Mereka yang menjalankan bisnis secara offline juga bisa memperoleh manfaatnya. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran dalam berbagai jenis, termasuk di antaranya adalah QRIS, e-wallet, EDC, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Cara Kerja Payment Gateway

Teknologi gerbang pembayaran memberi manfaat dalam meningkatkan kecepatan proses transaksi. Selain itu, teknologi ini juga membantu kamu dalam menerima pembayaran dari berbagai jenis rekening. Karena manfaat yang sangat besar tersebut, kamu tentu penasaran dengan cara kerja teknologi payment gateway, kan? 

Ada 4 tahapan yang menggambarkan sistem kerja gerbang pembayaran, yakni: 

1. Transaksi oleh Konsumen

Sistem gerbang pembayaran mulai bekerja ketika ada konsumen melakukan pembayaran melalui aplikasi. Konsumen tersebut kemudian diarahkan ke halaman dengan berbagai opsi pembayaran. Pilihan cara pembayaran itulah yang disebut sebagai payment gateway.

2. Penyampaian Informasi Transaksi ke Payment Processor

Saat konsumen sudah melakukan pembayaran, sistem akan melakukan konfirmasi. Selanjutnya, sistem akan mengirimkan informasi tersebut ke payment processor sesuai pilihan. Misalnya, konsumen memilih bayar lewat internet banking BCA. Maka, payment gateway akan menginformasikan data transaksi tersebut ke BCA.

3. Lembaga Perbankan Menerima Informasi Transaksi dan Memberikan Balasan

Tahapan selanjutnya, pihak bank mendapatkan informasi transaksi yang dikirim oleh payment processor. Setelah itu, bank akan memberi respons dalam bentuk pengiriman kode khusus yang menyatakan status transaksi. 

4. Konfirmasi Pembayaran

Tahapan terakhir adalah ketika payment gateway telah menerima pesan kode khusus dari payment processor. Dari kode ini, sistem pun bisa menginformasikan apakah transaksi yang tengah berlangsung telah terkirim atau tidak. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Ini Fitur yang Harus Ada di Payment Gateway

Kalau kamu ingin memanfaatkan teknologi gerbang pembayaran, ada banyak layanan yang bisa kamu peroleh di pasaran. Hanya saja, jangan memilih sembarang layanan. Ada 3 fitur penting yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan layanan payment gateway, yakni: 

1. Keamanan

Sistem pembayaran digital memang praktis dan menawarkan kecepatan proses transaksi. Hanya saja, terdapat ancaman kejahatan siber yang sangat merugikan. Kamu pun bisa meminimalkan risiko tersebut dengan memanfaatkan layanan gerbang pembayaran yang memiliki sistem keamanan canggih.

2. Layanan Pembayaran Online Multichannel

Dalam memilih layanan gerbang pembayaran, perhatikan pula variasi metode pembayaran yang bisa kamu gunakan. Untuk meningkatkan peluang omzet yang lebih tinggi, pertimbangkan untuk memilih layanan payment gateway dengan opsi pembayaran multichannel

Ketersediaan berbagai opsi kanal pembayaran, memungkinkan konsumen untuk bebas menentukan pilihan sesuai kondisinya masing-masing. Dengan begitu, kamu memiliki peluang untuk melayani pembayaran konsumen lebih banyak. Risiko konsumen batal bertransaksi karena pilihan pembayaran yang tak sesuai pun bisa kamu minimalkan.

3. Kemudahan Cara Pemakaian Layanan

Terakhir, kamu perlu mengutamakan pilihan pada layanan payment gateway yang memberi kemudahan dalam pemakaian. Jangan sampai proses penggunaan layanan malah membuang banyak waktu. Termasuk di antaranya adalah terkait proses konfirmasi pembayaran oleh pihak penyedia layanan. Apakah prosesnya berlangsung cepat atau lambat? 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Payment Gateway di Dunia Bisnis

Kesimpulan

Dengan memperhatikan berbagai fitur penting yang kamu butuhkan, opsi layanan gerbang pembayaran terbaik ada pada OttoPay. Lewat OttoPay, kamu akan mendapatkan keamanan dalam bertransaksi secara digital. Selain itu, OttoPay juga memberikan kemudahan cara pemakaian dan sekaligus pilihan metode pembayaran yang variatif. 

Kamu pun bisa mulai menggunakan layanan OttoPay dengan mudah. Daftar jadi Mitra Bisnis OttoPay kamu dapat segera memanfaatkannya sebagai sarana pembayaran yang praktis dan efektif. Yuk, segera pakai daftar Mitra Bisinis OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: