Mungkinkah Punya QRIS Lebih dari Satu? Simak Penjelasannya!

27 Juni 2023
QRIS

Keberadaan QRIS mempermudah proses transaksi antara pengguna e-Wallet satu dengan lainnya. Mungkin kamu salah satu orang yang bertanya-tanya, apakah bisa seseorang memiliki lebih dari satu QRIS. Akan lebih baik jika kamu mengenal fungsi QRIS sebagai alat pembayaran dan menyadari dampak dari kepemilikan QRIS ganda sebelum memutuskan.

QRIS Sebagai Alat Pembayaran

QRIS
Sumber : Envato

QRIS adalah sebuah platform QR Code yang mengikuti standar Bank Indonesia dan mampu menghubungkan berbagai bank dan e-Wallet di Indonesia. Seorang pengguna e-Wallet bisa membuat QR Code-nya sendiri untuk membantu proses pemabayaran. Proses aplikasinya bisa dilakukan dengan cepat dengan biaya minimal.

Dengan QRIS, kamu tidak perlu menyediakan uang dalam bentuk fisik untuk melakukan pembayaran. Sebagai pembeli, kamu juga bisa mendapatkan banyak promo menarik seperti cashback dan diskon dengan persentase yang cukup besar jika menggunakan QRIS.

Individu yang menjalankan bisnis terutama sangat terbantu dengan adanya QRIS. Manfaat yang bisa dirasakan antara lain:

1. Mencegah penipuan

Selama ini, mungkin kamu pernah mendengar pedagang yang menjadi korban penggunaan uang palsu. QRIS bisa mengurangi risiko kejadian semacam ini. Karena proses transfer dana dilakukan dengan melalui e-Wallet, risiko penggunaan uang palsu pun tidak ada sama sekali. Kamu dapat bertransaksi dengan aman tanpa kekhawatiran akan hal ini.

2. Proses pembukuan lebih mudah

Pembukuan yang rapi dan detail merupakan hal yang mungkin cukup sulit dilakukan oleh seorang pedagang, apalagi yang masih melakukan pendataan penjualan dengan cara manual. QRIS memungkinkan pedagang untuk melakukan pembukuan dengan lebih mudah karena semua proses transaksi tercatat secara otomatis di dalam sistem dan bisa diunduh.

3. Lebih aman

Jika kamu mendirikan sebuah toko yang melayani pembayaran cash, maka harus hati-hati menjaga uang di toko tersebut. Dengan beralih menggunakan QRIS, kamu bisa memastikan keamanan toko karena tidak adanya uang cash.

Permasalahan QRIS Ganda

QRIS
Sumber : Envato

Mengingat manfaat QRIS bagi konsumen maupun bisnis, mungkin kamu bertanya-tanya: mungkinkah memiliki QRIS lebih dari satu? Jawabannya adalah bisa, tetapi kamu pun harus menyadari kesulitan jika memiliki QRIS lebih dari satu.

1. Proses pendaftaran lebih rumit

Pertama-tama, kamu akan menghadapi kendala saat akan mendaftarkan QRIS baru ketika sudah mempunyai satu QRIS. Karena data personal kamu sudah ada di dashboard, maka kamu tidak bisa mendaftar ke aplikasi secara pribadi. Kamu harus menghubungi pihak layanan konsumen QRIS terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran secara manual.

Pendaftaran manual ini akan cukup menyita waktu kamu. Dalam proses biasa saja, seorang pedagang mungkin harus menunggu beberapa hari untuk memperoleh QRIS pertamanya. Hal ini dikarenakan tingginya volume permohonan pembuatan QRIS setiap harinya atas meningkatnya kesadaran akan pentingnya digitalisasi finansial.

Karena itu, jika kamu sudah mempunyai QRIS dan perlu menggunakannya dalam keadaan urgen, lebih baik menggunakan QRIS yang lama saja. Apalagi satu QRIS sudah bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai macam e-Wallet hingga bank.

2. Kesulitan settlement

Orang-orang yang mempunyai QRIS lebih dari satu pun melaporkan bahwa proses settlement lebih rumit. Settlement sendiri adalah proses transfer dana dari penyedia layanan QRIS kepada pedagang. Proses transfer atau pencairan dana ini hanya bisa dilakukan pada hari dan jam kerja sebanyak satu kali.

Bayangkan jika kamu mempunyai dua akun QRIS yang aktif digunakan untuk memproses pembayaran di tokomu. Kamu hanya bisa memproses pembayaran dari satu QRIS saja dalam sehari, yang berarti kamu tidak bisa mengakses pembayaran yang diterima dari dua QRIS secara bersamaan. 

Mungkin kamu masih bisa mengajukan permohonan untuk melakukan settlement masing-masing QRIS milikmu. Akan tetapi, belum semua penyedia jasa mampu memfasilitasi permintaan manual seperti ini mengingat banyaknya pengguna QRIS di zaman sekarang.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan QRIS untuk Usaha Rumahan?

Kesimpulan

Kamu bisa memiliki lebih dari satu QRIS, namun kamu harus tahu bahwa lebih banyak kesulitan yang akan kamu jumpai dibandingkan dengan kemudahannya. Dengan satu QRIS saja, kamu sudah dapat bertransaksi dengan leluasa dan menerima pembayaran dari berbagai bank dan e-Wallet.

Belum lagi jika kamu bekerja sama dengan penyedia jasa QRIS yang memiliki sistem pelayanan baik. OttoPay merupakan salah satu penyedia layanan QRIS yang melayani UMKM dan Bisnis di Indonesia. Aplikasinya mudah digunakan dengan fokus untuk mengedukasi para pemilik usaha untuk mengadopsi sistem keuangan digital.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: