Ini Cara Kerja Payment Gateway dan Manfaatnya Bagi Bisnis

27 Juni 2023
Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway merupakan sistem transaksi yang memberikan otorisasi proses pembayaran melalui kartu kredit, debit, mobile banking, internet banking, maupun dompet digital. Teknologi ini memungkinkan kamu menerima maupun mengirim uang dari seluruh penjuru dunia dengan mudah dan praktis. Berkat kehadiran sistem pembayaran canggih tersebut, kamu tidak perlu melakukan pengecekan pembayaran manual ataupun mengirim bukti transfer. Semua sudah dilakukan secara otomatis. 

Kemudahan tersebut secara tidak langsung mendorong peningkatan pertumbuhan ecommerce. Tak dapat dimungkiri, di masa kini orang-orang lebih memilih melakukan jual beli online karena hemat waktu dan harga relatif terjangkau dibandingkan membeli langsung di toko atau mall. 

Cara Kerja Payment Gateway
Sumber : Envato

Cara Kerja Payment Gateway

Adapun cara kerja sistem pembayaran online gateway terdiri dari beberapa tahapan, yakni:

Konsumen Melakukan Check Out 

Ketika konsumen telah menyelesaikan proses check out di situs atau aplikasi e-commerce, konsumen akan diarahkan ke halaman pembayaran. Tersedia beragam metode pembayaran yang bisa dipilih. Beragam metode tersebut telah menerapkan sistem pembayaran gateway

Informasi Transaksi 

Setelah memilih metode pembayaran dan terkonfirmasi oleh sistem, informasi transaksi akan tercantum pada payment gateway. Informasi tersebut secara otomatis akan diteruskan ke payment processor milik bank yang dipilih oleh konsumen.

Respon ke Payment Processor

Setelah mendapatkan informasi transaksi dari payment processor, bank akan mengirim  respon ke payment processor berupa kode khusus tentang berhasil atau tidaknya transaksi tersebut. Ketik data yang diinput konsumen tidak sesuai atau terdeteksi sebagai kesalahan pembayaran, sistem akan menggagalkan pembayaran secara otomatis.

Status Transaksi

Di tahap akhir, payment gateway akan menerima informasi dari payment processor mengenai status transaksi konsumen. Pesan berisikan status transaksi tersebut akan diteruskan ke situs atau e-commerce. Transaksi pembayaran pun selesai.

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Manfaat Payment Gateway

Salah satu manfaat utama penerapan gateway pembayaran adalah kemudahan bagi konsumen memilih metode pembayaran ketika melakukan transaksi online. Namun, manfaat payment gateway tidak hanya terbatas pada konsumen. Penjual juga mendapatkan sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Kemudahan Transaksi

Sebelum adanya sistem pembayaran via payment gateway, toko online masih menggunakan transfer bank untuk menyelesaikan proses transaksi. Namun, metode pembayaran ini cukup merepotkan karena pembeli harus menyimpan slip transfer dan melakukan konfirmasi manual menggunakan bukti tersebut. Perbedaan rekening bank pembeli dan penjual juga menambah beban biaya pada pembeli. 

Berkat gateway payment Indonesia, penjual hanya membutuhkan satu rekening bank saja untuk ditautkan ke sistem payment gateway. Lantaran menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang mencakup seluruh bank, proses transaksi menjadi lebih mudah dan konsumen tidak dibebani biaya admin ataupun transfer antarbank. Tentunya, hal ini memberikan peluang bagi pebisnis untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. 

2. Jaminan Transaksi Aman

Keamanan transaksi menggunakan sistem payment gateway sangat terjamin. Pasalnya setiap penyedia jasa akan memaksimalkan keamanan dengan cara membangun sistem keamanan berteknologi tinggi. Payment gateway memastikan informasi dan data rahasia konsumen terjaga dari kebocoran. Tak hanya mempercepat proses transaksi, sistem ini juga meminimalisasi terjadinya transaksi fiktif yang merugikan pebisnis.

3. Metode Pembayaran Bervariasi

Metode pembayaran lebih bervariasi sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhan tanpa harus membuat rekening baru dari awal. 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Payment Gateway di Dunia Bisnis

4. Transaksi Cepat

Berbeda dengan transaksi manual yang harus menunggu beberapa hari, proses transaksi menggunakan payment gateway lebih cepat selesai. Hal ini terjadi lantaran payment gateway terintegrasi langsung ke bank dan tempat pembelian produk.

5. Tidak Ada Limit Transaksi

Manfaat selanjutnya adalah tidak adanya limit transaksi sehinggak bisa melakukan transaksi sebanyak mungkin dalam satu waktu. 

Demikianlah informasi mengenai payment gateway yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin meningkatkan penjualan, jangan ragu menggunakan gateway pembayaran. OttoPay menyediakan layanan gateway untuk bisnis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tunggu apa lagi? Yuk, gabung jadi Mitra Bisnis OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: