Mengenal Payment Gateway dan Layanannya

27 Juni 2023
Payment Gateway

Kemajuan teknologi dan makin inovatifnya manusia membuat banyak produk canggih beredar di pasaran. Keberadaan produk ini tidak lepas dari meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap sesuatu yang praktis dan efisien. Apalagi, saat ini, banyak orang yang tertarik mengembangkan bisnis online.

Para pengusaha bisnis online tersebut pasti selalu membutuhkan produk untuk membantu meningkatkan penjualan. Mengingat saat ini hampir semua orang menggunakan internet, bisa dibayangkan persaingannya apabila sebuah bisnis tidak bisa berinovasi.

Salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan para pebisnis online, terutama pemilik toko online, adalah payment gateway.

Apa Itu Payment Gateway

Payment gateway merupakan sistem pembayaran satu pintu di mana setiap transaksi yang terjadi harus diotorisasi terlebih dahulu untuk mencegah kerugian, baik itu dari pihak pembeli maupun penjual. Cara kerja teknologi ini mirip dengan rekber (rekening bersama) yang biasanya digunakan di marketplace.

Bedanya, setiap transaksi yang memanfaatkan teknologi ini dikelola oleh sistem cerdas yang bekerja secara otomatis. Jadi, begitu pembeli melakukan pembayaran, sistem akan mendeteksi nominalnya. Jika transaksi dinilai sah, sistem akan mengirimkan pesan ke penjual untuk menyelesaikan pembelian.

Uang yang masuk ke payment gateway biasanya tidak langsung cair. Untuk mencairkan (payout), teknologi ini membutuhkan waktu. Karena itu, tidak perlu heran apabila pemilik bisnis baru bisa menikmati hasil penjualan mereka setelah beberapa waktu.

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Bagi pebisnis, sistem semacam ini sebenarnya menguntungkan. Dana dari pembeli tetap awet dan tidak terpakai sehingga nanti ketika payout, dana tersebut bisa diputar kembali sebagai modal. Selain cara kerja, perbedaan lain teknologi ini dengan rekening bersama adalah variasi kanal pembayaran.

Mengingat rekber dikelola secara manual, sistem pembayaran ini biasanya hanya melayani beberapa metode pembayaran seperti transfer sesama bank atau kartu kredit. Berbanding terbalik, payment gateway service melayani lebih dari satu kanal pembayaran dan cukup bervariasi.

Pembayaran melalui teknologi ini memungkinkan kita bertransaksi dengan mudah menggunakan kartu kredit, debit, transfer, Qris, hingga e-wallet. Jadi pembeli tidak perlu repot saat akan membayar transaksi online mereka dan potensi bisnis menjadi ramai pun semakin besar.

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Cara Kerja Payment Gateway 

Sebagaimana yang sempat dibahas sebelumnya, cara kerja teknologi pembayaran ini mirip dengan rekber. Hanya saja sistemnya lebih canggih karena melibatkan server dan sistem keamanan yang lebih mumpuni. Selain itu proses otorisasi dilakukan secara otomatis oleh sistem. 

Jadi jika dibandingkan dengan rekber, sistem yang digunakan teknologi ini jelas lebih memadai dan aman. Bagi pembeli, keberadaan teknologi ini tentu saja memudahkan setiap transaksi online yang dilakukan. Sedangkan untuk penjual, teknologi ini merupakan alat untuk melancarkan bisnis dan meningkatkan potensi keuntungan.

Layanan Payment Gateway

Payment Gateway

Ada banyak sekali layanan payment gateway yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi bisnis. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menerima pembayaran transaksi toko online melalui berbagai macam channel pembayaran
  • Melayani transaksi pembelian pulsa, voucher game, dan transaksi lainnya.
  • Memonitor setiap transaksi yang masuk dan mencatatnya secara sistematis dan digital melalui teknologi Point of Sales (POS).
  • Melayani penjualan produk digital atau grosir untuk membantu meningkatkan omset UMKM.

Selain yang telah disebutkan, beberapa platform payment gateway bahkan menyediakan layanan transaksi online lain yang bermanfaat untuk bisnis kamu. Seperti misalnya, layanan pengiriman dan penerimaan dana dari luar negeri. Seiring perkembangan zaman, bukan tidak mungkin teknologi pembayaran ini akan berkembang menjadi lebih canggih lagi.

Rekomendasi Kanal Payment Gateway

Payment Gateway

Saat ini ada banyak sekali jenis payment gateway yang bisa dipilih. Sebagai rekomendasi, pilihlah yang aman dan memiliki layanan bervariasi. Salah satu platform yang memenuhi kriteria tersebut adalah OttoPay. Tidak hanya melayani pembayaran online melalui berbagai channel, OttoPay juga berkomitmen meningkatkan potensi bisnis dengan menyediakan layanan yang dapat membantu bisnis online tumbuh secara pesat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: