7 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan untuk Investor

18 Desember 2023
Laporan Keuangan untuk Investor

Laporan keuangan adalah salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis. Namun, instrumen ini ternyata tidak hanya penting bagi pengelola bisnis saja. Ada beberapa alasan mengapa laporan keuangan untuk investor juga sangat penting. Berikut ini beberapa di antaranya.

Laporan Keuangan untuk Investor
Sumber : Envato

Memeriksa Penjualan

Kebanyakan startup memiliki produk inovatif yang mengatasi masalah pelanggan. Namun, ini saja tidak cukup karena para investor juga perlu tahu apakah bisnis Anda berhasil mendapatkan penjualan. 

Investor bisa memeriksa seberapa banyak penjualan dengan menggunakan laporan keuangan. Bagi investor, salah satu manfaat laporan keuangan adalah membantu mereka memahami apakah pelanggan mau membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda.

Memeriksa Titik Impas 

Titik impas adalah target penjualan khusus yang dapat membuat pengeluaran bisnis Anda berhasil terbayar impas dan Anda mulai mendapatkan keuntungan. Investor akan memeriksa titik impas di laporan keuangan untuk mengetahui nilai return on investment atau ROI dan kapan kemungkinan mereka akan mendapatkannya.

Menghitung Biaya Akuisisi Pelanggan 

Laporan keuangan untuk investor juga penting untuk menghitung biaya akuisisi pelanggan. Biaya akuisisi pelanggan adalah uang yang dikeluarkan oleh bisnis Anda untuk satu pelanggan. 

Biaya ini bisa dihitung dengan membagi biaya pemasaran dengan jumlah pelanggan baru yang berhasil didapatkan. Investor akan menggunakan perhitungan ini untuk menentukan apakah bisnis Anda bisa ditingkatkan dan di saat yang sama menjaga margin keuntungan.

Memeriksa Keuntungan Bersih 

Ketika bisnis sudah berjalan dan produk atau layanan yang Anda sediakan berhasil meraih minat pembeli, tentu rasanya menyenangkan. Namun, yang menjadi kunci penting adalah mengetahui apakah penjualan tersebut menguntungkan. 

Hal yang terpenting bagi investor adalah mengetahui apakah Anda berhasil menjual produk atau jasa hingga mencapai margin yang menguntungkan. Investor dapat menggunakan laporan keuangan untuk memeriksa semua pendapatan dan pengeluaran perusahaan. 

Dari sinilah mereka bisa menentukan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Selain itu, mereka juga bisa memeriksa apakah perusahaan mampu tumbuh dan berkembang.

Memeriksa Jumlah Pembeli yang Berhenti Berlangganan 

 Laporan keuangan untuk investor juga penting untuk memeriksa jumlah pembeli yang berhenti berlangganan atau churn rate. Laporan ini sangat penting karena memungkinkan investor untuk memeriksa apakah bisnis Anda bisa mempertahankan pelanggan atau tidak.

Churn rate yang tinggi berarti perusahaan mudah kehilangan pelanggan. Sebaliknya, churn rate yang rendah berarti perusahaan mampu mempertahankan pelanggan dan ini merupakan indikator yang sangat baik. Sehingga para investor akan mau tetap berinvestasi di perusahaan dengan churn rate yang rendah. 

Menganalisa Arus Kas 

Laporan arus kas adalah dokumen yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran. Investor akan memeriksa catatan ini untuk melihat apakah perusahaan tempat ia berinvestasi berhasil memenuhi kewajiban finansial secara efisien.

Analisa ini akan membantu investor untuk menentukan apakah perusahaan tersebut bisa mengatur keuangan ketika sedang terjadi krisis. Hal ini penting dalam menentukan keputusan investor untuk berinvestasi.

Mencari Investasi Pribadi 

Laporan keuangan juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada satu atau lebih anggota bisnis yang memiliki ekuitas pribadi di perusahaan tempat ia berinvestasi. Investasi pribadi ini juga menunjukkan bahwa pengelola atau pemilik bisnis percaya pada kemampuan mereka untuk membuat bisnis sukses. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi investor untuk tetap berinvestasi di perusahaan yang Anda kelola. 

Ketika sedang membuat laporan keuangan, Anda perlu tahu laporan seperti apa yang dibutuhkan investor. Laporan ini juga harus mampu menunjukkan sudut pandang keuangan perusahaan Anda. Agar membuat laporan keuangan untuk investor lebih mudah Anda bisa menggunakan OttoPay Bisnis untuk setiap transaksi keuangan.

OttoPay Bisnis merupakan solusi dashboard yang memberikan layanan bisnis portal yang mencatat semua transaksi oleh pelanggan dan merchant. Jadi, semua transaksi dan laporan keuangan akan lebih transparan yang memudahkan menghitung dan mengatur cashflow. Anda bahkan bisa mengelola transaksi di semua cabang usaha dalam satu dashboard.

Jadi, jangan ragu, download OttoPay sekarang juga!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: