Cek Potensi Ide Franchise Laundry: Untung atau Tidak?

19 Februari 2024

Menjajal ide franchise laundry biasanya cukup menguntungkan. Mencuci pakaian adalah kebutuhan sehari-hari, dan banyak komunitas membutuhkan layanan tersebut. Pertanyaannya, seberapa menguntungkan membuka laundry di bawah nama franchise dibandingkan jenis usaha lainnya?

Keuntungan Bisnis Franchise Laundry

Franchise Laundry
Sumber : Envato

Ide franchise laundry biasanya membutuhkan modal cukup besar di awal, sekitar 30 hingga 50 juta Rupiah. Akan tetapi, modal besar ini bisa tertutupi dengan beberapa keuntungan.

Dengan model usaha franchise, kamu tidak perlu membuat konsep bisnis. Cukup gunakan nama, materi promosi, dan identitas bisnis lainnya yang sudah tersedia. Ada juga panduan penyediaan perlengkapan seperti mesin cuci, pengering, setrikaan, dan produk cuci.

Bisnis waralaba juga biasanya menyediakan panduan promosi dan program bimbingan. Cocok untuk yang ingin mencoba membuka usaha tetapi belum percaya diri dalam memulai merek sendiri.

Target Pasar Potensial Bisnis Laundry

Ingin bisnis sukses? Pastikan mengetahui siapa target pasar usaha laundry.

Pekerja kantoran dan mahasiswa, terutama perantau atau yang tinggal di kos-kosan, adalah target ideal. Mereka biasanya bisa menjadi pelanggan reguler, tetapi jumlah cucian yang dibawa biasanya dalam jumlah kecil.

Keluarga juga merupakan target bisnis ideal, terutama yang memiliki anak lebih dari satu atau jika kedua orang tua adalah pekerja. Jenis cucian yang dibawa keluarga biasanya lebih beragam, termasuk boneka, karpet, dan cucian spesifik lainnya.

Tantangan dalam Membuka Franchise Laundry 

Franchise Laundry
Sumber : Envato

Ide franchise laundry juga punya tantangan tersendiri. Contohnya adalah:

Tidak Ada Ruang Berkreasi

Bisnis waralaba biasanya kurang memberi ruang untuk berkreasi. Berbagai aspek usahanya harus mengikuti pakem tertentu. Hal ini kurang memuaskan untuk kamu yang berjiwa kreatif.

Paket Usaha Sudah Ditentukan

Kamu hanya bisa memilih paket usaha berdasarkan yang sudah ditentukan pihak waralaba. Ini berarti kamu tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan areamu sendiri.

Banyak Pesaing

Karena merupakan usaha populer, bisnis laundry cukup banyak pesaingnya. Kamu mungkin harus menghadapi beberapa usaha serupa di areamu, terutama jika dekat dengan pemukiman atau perkantoran.

Tips agar Bisnis Laundry Banyak Pelanggannya

Walau banyak tantangannya, ide franchise laundry bisa mendatangkan cukup banyak keuntungan. Coba terapkan beberapa strategi berikut:

Buat Penghargaan untuk Pelanggan Loyal

Membuat pelanggan loyal merasa dihargai bisa membuat mereka terus kembali sekaligus mengundang yang baru. Contohnya adalah menyediakan kupon yang bisa dikumpulkan. Setelah beberapa kali memesan jasa cuci-setrika, pelanggan tersebut bisa mendapat diskon.

Manfaatkan Promosi Digital Murah/Gratisan

Layanan seperti Facebook Page for Business, iklan Instagram, dan TikTok menyediakan jasa promosi sangat murah. Kamu bisa memesan iklan dengan jangkauan sesuai kebutuhan dan biaya. Jangan lupa buat akun media sosial khusus untuk bisnismu agar informasinya bisa tersebar dengan mudah.

Pahami Jadwal dan Karakteristik Pelanggan

Pelanggan usaha jasa biasanya loyal terhadap bisnis yang memahami jadwal dan gaya konsumsi mereka. Setelah mendapat beberapa pelanggan, coba pelajari karakteristik masing-masing. Sesuaikan gaya komunikasi dan promosi layanan dengan sifat serta kebutuhan masing-masing. Memahami target pasar adalah salah satu kunci sukses bisnis.

Rekomendasi Merek Franchise Laundry

Franchise Laundry
Sumber : Envato

Waralaba laundry Indonesia kini sudah banyak tersedia. Beberapa yang sudah memiliki sistem bisnis yang kuat contohnya sebagai berikut:

Londria Coin Express

Londria Coin Express menawarkan produk premium dan perlengkapan cuci impor. Walau terhitung sedikit mahal, Londria Coin Express cocok untuk membidik pasar kelas menengah dan keluarga urban modern.

Koin Laundry

Koin Laundry tidak hanya terkenal sebagai waralaba penatu Indonesia berkualitas, tetapi juga menawarkan paket pengembangan diri bagi pemilik usaha. Kamu bisa mengakses pelatihan dan seminar, plus pilihan paket bisnis kecil di bawah 30 jutaan.

Simply Fresh

Simply Fresh tidak hanya menawarkan paket waralaba, tetapi juga kepemilikan usaha. Pilihan kedua ini cocok untukmu yang ingin memiliki lebih banyak kebebasan dalam mengatur rincian tempat usaha.

Selain memilih waralaba dan strategi bisnis yang tepat, kamu membutuhkan program seperti point of sale (P.O.S) yang mencatat dan mengelola transaksi beserta datanya. Solusi Mitra Bisnis OttoPay bekerja sama dengan HelloBill untuk menyediakan layanan tersebut bagi bisnis laundry kamu.  

Dengan HelloBill, kamu bisa mengelola sistem kasir otomatis sekaligus melacak dan mengendalikan stok produk. Layanan ini bisa kamu sandingkan dengan fitur bisnis OttoPay seperti beragam fasilitas pembayaran online dalam sistem terpusat.

Memulai ide franchise laundry menawarkan potensi keuntungan sekaligus tantangan. Gunakan Mitra Bisnis OttoPay dan HelloBill untuk membantu mengelola bisnis agar lebih menguntungkan.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: