5 Tips Mencapai Tujuan Keuangan yang Sukses

26 April 2023

Memiliki tujuan dan rencana menyeluruh adalah salah satu cara termudah untuk mengontrol keuangan kamu dan mengurangi stres. Baca tips mencapai tujuan keuangan di bawah ini agar kamu sukses menjalankan bisnismu.

5 Tips Mencapai Tujuan Keuangan 

  1. Lakukan Tinjauan Secara Tahunan

Jangan hiraukan kondisi keuangan tahun lalu, yang kamu perlu perhatikan adalah apakah tahun ini sama atau malah menurun. Melakukan evaluasi keuangan tahunan ini bisa menyadarkan diri sendiri atas kinerjamu selama setahun belakangan. Atau kamu bisa menanyai dirimu dengan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang dicapai tahun lalu yang bisa dibanggakan?
  • Produk atau layanan bisnis mana yang memberikan keuntungan paling banyak?
  • Bagaimana dengan tahun lalu yang paling mengecewakan?
  • Di mana peluang terbaik untuk pertumbuhan finansial?
  • Apa yang diajarkan tahun lalu kepada kemajuan bisnis?

Gunakan akuntan atau software accounting untuk menjalankan laporan keuangan, seperti laporan laba rugi (juga dikenal sebagai laporan laba rugi atau P&L) untuk tahun lalu. Hal ini menunjukkan pendapatan dan pengeluaran kamu untuk periode tertentu. 

Kamu juga perlu melihat kondisi pemasukan dan pengeluaran dari tahun lalu dan pelajari sistem dan cara yang benar untuk memaksimalkan tujuan keuangan di tahun berikutnya.

  1. Analisis Keuangan Bisnis Saat Ini

Fokuskan kembali tujuan keuanganmu pada tahun sekarang atau berikutnya, gunakan kondisi tahun lalu sebagai evaluasi dan analisis untuk kedepannya. Dengan mengadopsi sistem neraca dan laporan pribadi, kamu bisa menghindari masalah keuangan yang menjamur.

Neraca keuangan yang kamu miliki akan menunjukkan hutang dan piutang pemilik bisnis. Tips mencapai tujuan keuangan yang baik adalah dengan menggunakan laporan keuangan sederhana namun tetap menunjukkan aset serta kewajiban kamu pada bisnis yang kamu jalankan.

Apabila kamu tidak bisa membuat laporan keuangan, atau mengalami kesulitan membacanya kamu bisa menggunakan jasa konsultan bisnis atau akuntan. Dengan cara ini, selain mempermudah kinerja keuangan kamu juga bisa fokus pada hal lain yang sama pentingnya.

  1. Buat Gambaran Tentang Bisnismu di Masa Depan

Tips menjadi sukses secara finansial adalah dengan mempertahankan tujuan utama bisnis kamu. Pertimbangkan matang-matang jika ingin menimbang tujuan lain. Seperti pencapaian apa yang bisa kamu banggakan nantinya jika bisnismu mengambil tujuan tersebut.

Jika kamu sulit memikirkan masa depan bisnismu, lakukan pendekatan pada hal-hal seperti kondisi finansialmu, mitra bisnis, atau mungkin suppliermu. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang dari pendapatan untuk mengatasi masalah tak terduga. Selalu ciptakan solusi agar tujuan keuanganmu dapat mendukung suksesnya bisnismu di masa depan.

Kamu juga bisa menggunakan motto, tema atau slogan pertahunnya untuk membuat staff dan crew bisnismu semangat mengejar tujuan keuangan. Misalnya 2022 “Tahun Penghematan!” begitupun tahun berikutnya, tergantung bagaimana kondisi keuangan saat itu.

  1. Bangun Tujuan ke dalam Anggaran

Mungkin kamu memasukkan anggaran ke laporan keuangan adalah hal yang biasa dilakukan. Namun kali ini, masukkan pula tujuan keuanganmu pada anggaran. Menurut penelitian, sebagian besar bisnis besar akan menggunakan program akuntansi yang menghubungkan akun keuangan dengan anggaran. 

Dengan ini, kamu tidak hanya bisa memasukkan laporan dan tagihan, namun juga bisa mengikutsertakan tujuan keuangan. Setelah kamu memahami arus kas, tips mencapai tujuan keuangan selanjutnya adalah kamu perlu mengubahnya untuk memenuhi tujuan keuanganmu. 

Misalnya, jika kamu ingin memaksimalkan akun pensiun untuk wiraswasta atau membangun cadangan uang tunai pada tahun 2023, kamu dapat memecahnya menjadi arus kas tiga bulanan atau bulanan yang lebih kecil. Jika kamu tidak membentuk rencana pengeluaran untuk memperhitungkan bisnis atau tujuan keuangan pribadi kamu, kemungkinan itu tidak akan terjadi.

  1. Ingat Tujuan Utama Bisnis

Apapun jenisnya, setiap bisnis memiliki orientasi pada profit. Akan tetapi hal ini tidak berarti bisnis kamu tidak memiliki tujuan lain. Berikut beberapa tujuan bisnis lainnya:

  • Sebagai alat untuk mencukupi kebutuhan.
  • Memberikan keluarga kesejahteraan yang mereka harapkan.
  • Personal branding.
  • Keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru.
  • Memanfaatkan waktu luang yang produktif.
  • Mendapatkan simpati dari masyarakat.
  • Meneruskan usaha milik keluarga.

Dengan adanya tujuan-tujuan di atas kamu dapat mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Inilah sebabnya mengingat tujuan utama dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan yang sangat penting bagi berjalannya bisnis kamu.Tips mencapai tujuan keuangan utama adalah dengan memiliki rencana yang realistis untuk mengubah impian bisnis dan pribadi kamu menjadi nyata akan sangat membantu dalam mencapai kesuksesan.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: