Kapan Bisnismu Harus Mulai Menggunakan POS dan EDC?

20 Februari 2024

Manfaat sistem POS sudah terbukti di berbagai bidang usaha, tetapi belum semua pemilik bisnis menerapkannya. Padahal, POS bisa mendukung pengelolaan bisnis setiap harinya. Kenapa POS penting dan kapan sebaiknya bisnismu menggunakannya?

Perbedaan Sistem POS dan EDC 

Sistem POS
Sumber : Envato

Point of Sale (POS) adalah sistem yang merekam transaksi serta melakukan tugas-tugas manajemen terkait, misalnya membuat laporan dan merekam stok. POS sering disamakan dengan Electronic Draft Capture (EDC), padahal keduanya sedikit berbeda.

EDC hanyalah satu dari berbagai langkah dalam proses pencatatan transaksi di POS. Ketika pelanggan melakukan transaksi dengan kartu kredit atau QRIS, misalnya, EDC mencatat informasi tersebut dan merekam transaksinya ke sistem POS.

Jadi, EDC merupakan proses pencatatan elektronik dalam tindakan transaksi. Hal ini adalah satu dari berbagai fitur yang dilakukan sistem POS untuk mendukung bisnis.

Keuntungan Menggunakan POS dan EDC

Sistem POS dan EDC memberi banyak keuntungan untuk bisnis, mulai dari usaha kecil hingga besar.

POS dan EDC mempermudah pencatatan serta perekamannya sehingga staf tidak perlu melakukannya secara manual. Setiap transaksi otomatis akan tercatat dan laporannya bisa diakses kapan saja jika diperlukan. Cocok untuk proses evaluasi dan laporan rutin.

POS dan EDC juga mendukung pengelolaan bisnis yang lebih efisien dan praktis. Lupakan mencatat stok secara manual. Ketika transaksi berlangsung, sistem POS akan mencatat dan memberi informasi jumlah stok yang masih tersisa. Pemilik bisnis pun bisa merencanakan pembelian dengan lebih mudah.

Mau menganalisis data demi kebutuhan audit dan evaluasi? Sistem POS membantu kedua proses ini agar lebih lancar. Dengan audit dan evaluasi rutin, bisnismu akan maju pesat dan kamu bisa melacak hal-hal yang harus ditingkatkan atau diperbaiki.

Saran Penggunaan Sistem POS

Sistem POS
Sumber : Envato

Kapan sebaiknya pemilik bisnis mulai mengadopsi sistem POS? Pertimbangkan untuk mengadopsi sistem ini jika kamu:

Berencana Mengembangkan Bisnis

Jika kamu punya misi untuk mengembangkan bisnis, kamu harus mengadopsi sistem transaksi yang lebih efisien. Teknologi POS dan EDC menawarkan kemudahan dalam pengelolaan bisnis, mulai dari transaksi lebih cepat, pengelolaan stok, hingga kemudahan dalam evaluasi dan audit bisnis.

Punya Target Pasar Kalangan Pengguna Transaksi Elektronik

Apakah target pasar/pelanggan kamu cenderung menggunakan transaksi elektronik? Pastikan mengadopsi sistem POS sejak awal membuka bisnis. Pelanggan yang terbiasa menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau e-money akan mengharapkan bisnismu untuk bisa menerima transaksi tersebut.

Tingkat Transaksi dalam Sehari Cenderung Tinggi

Bisnis seperti restoran dan minimarket biasanya memiliki tingkat transaksi cukup tinggi dalam sehari. Kamu harus mengadopsi POS jika tidak ingin kewalahan dalam mengelola transaksi dan pencatatan harian.

Sering Mengalami Kesalahan Pencatatan Transaksi

Ketika kamu masih menggunakan sistem manual dan sering mendeteksi kesalahan, saatnya beralih ke sistem POS. Sistem ini cenderung lebih aman dari risiko human error karena pencatatan dilakukan secara otomatis dan real time.

Pemilik bisnis juga bisa menghindari kesalahan saat pencatatan stok di inventori. Sistem POS bisa langsung mencatat berapa jumlah stok yang tersisa setelah transaksi sehingga tidak perlu dilacak secara manual.

Jadi, jika kamu ingin menghindari risiko kesalahan (atau mulai kewalahan dalam mengelola tingkat kesalahan pencatatan), saatnya beralih ke POS.

Solusi Adopsi Sistem POS dan EDC

Tertarik mengadopsi POS dan EDC untuk bisnismu? Manfaatkan OttoPay EDC demi kemudahan manajemen transaksi dan stok. 

Dengan OttoPay, pemilik bisnis bisa memanfaatkan fitur untuk mempermudah manajemen transaksi, pencatatan, dan pelaporan. Fitur yang tersedia termasuk:

  • Kemampuan menerima pembayaran lewat kartu kredit, kartu debit, e-money, dompet virtual, dan sebagainya
  • Dukungan sistem online dan offline
  • Pengelolaan semua fungsi dalam satu platform
  • Pencatatan dan pelaporan secara real time
  • Kemudahan dalam pengiriman data transaksi
  • Bebas biaya berlangganan selama masa sewa sistem masih berlaku

Layanan POS dan EDC ini memudahkanmu mengelola bisnis, mengurangi risiko kesalahan dalam pencatatan, dan melakukan audit serta evaluasi. Untuk pengelolaan bisnis yang lebih mudah, padukan mesin EDC dari OttoPay dengan sistem layanan POS HelloBill sebagai rekanannya. Sistem keduanya sudah terintegrasi sehingga kamu tingga menjalankannya setelah instalasi.

Adopsi sistem POS dan mesin EDC demi kemajuan bisnismu, dan gunakan OttoPay EDC sebagai solusinya untuk usaha yang lebih sukses.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: