Kamu Perlu Tahu! Ini Pilihan Lokasi Tempat yang Cocok Untuk Bisnis Kuliner

20 Februari 2024

Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang digemari pebisnis. Maklum saja, setiap orang membutuhkan makanan untuk bertahan hidup serta menutrisi tubuh supaya tetap sehat dan bisa beraktivitas. Selain itu, bisnis kuliner sangat bervariasi. Kamu bisa menjual makanan utama, camilan, atau aneka kue dan roti.

Kendati tingkat persaingan usaha kuliner tergolong tinggi, kamu masih bisa mendapatkan penghasilan bulanan yang menggiurkan. Namun, tentunya kamu harus pintar mengatur strategi. Salah satunya adalah memilih lokasi bisnis yang tepat.

Pentingnya Lokasi Untuk Bisnis Kuliner 

Bisnis Kuliner
Sumber : Envato

Barangkali kamu bertanya, apa hubungan antara bisnis kuliner dengan lokasi usaha? Sebenarnya, kamu bebas mendirikan bisnis di mana saja. Namun, cara terbaik untuk mendorong omzet penjualan kuliner adalah memilih lokasi bisnis yang tepat. Lokasi strategis memiliki peluang lebih besar untuk menggaet pelanggan. 

Mengingat tidak semua tempat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi bisnis kuliner, sangat penting mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan lokasi bisnis. Apabila asal memilih lokasi, tak menutup kemungkinan bisnis akan susah berkembang karena pelanggan kesulitan menemukan lokasi sehingga sepi pengunjung.

Lain halnya apabila kamu memiliki lokasi bisnis di tempat yang tepat. Bisnis kamu akan lebih mudah dikenal sehingga proses perkembangannya cepat. Makin dikenal, makin tinggi peluang penjualan yang berdampak positif pada omzet bulanan. Lantaran operasional berjalan baik, bisnis akan terhindar dari ketidakstabilan dan membuat kamu bisa bersaing sehat dengan kompetitor lainnya.

Baca juga: 6 Keuntungan Pakai Pembayaran Nontunai

Pilihan Lokasi Tempat yang Cocok Untuk Bisnis Kuliner 

Bisnis Kuliner
Sumber : Envato

Untuk mengoptimalkan potensi bisnis kuliner, berikut sejumlah lokasi tempat usaha yang bisa dijadikan pilihan terbaik.  

Area Sekolah atau Kampus 

Kalau kamu berjualan makanan atau minuman, area sekolah atau kampus layak dipertimbangkan. Di lokasi ini peluang untuk menarik banyak pelanggan sangat tinggi. Namun, kamu perlu menyesuaikan harga jual dengan target market. Misalnya: kamu bisa membuat menu hemat untuk pelajar dan mahasiswa, seperti nasi ayam penyet Rp12.000 atau nasi ayam penyet + eh teh manis Rp15.000.

Kendati target utama adalah pelajar dan mahasiswa, besar kemungkinan kamu juga bisa menarik pelanggan di luar target market. Harga jual yang murah, rasa lezat, pelayanan cepat dan ramah, serta lokasi yang mudah ditemukan menjadi faktor kesuksesan bisnis kuliner.

Area Perkantoran 

Selain area sekolah atau kampus, kamu juga bisa berjualan di sekitar kawasan perkantoran. Mungkin harga sewanya lebih tinggi, tetapi kamu bisa menyesuaikan harga jualnya supaya operasional tetap berjalan lancar. 

Dekat Pusat Perbelanjaan 

Lokasi bisnis kuliner dekat pusat perbelanjaan memiliki peluang yang bagus. Sebagian besar tempat makan di kawasan ini ramai dikunjungi oleh pegawai yang bekerja di pusat perbelanjaan maupun pengunjung lainnya. Dibandingkan harga makanan di pusat perbelanjaan, makanan di dekat kawasan ini lebih terjangkau. Tak heran apabila kawasan ini akan kebanjiran pelanggan sehingga potensi keuntungan bisa berlipat ganda. 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Payment Gateway di Dunia Bisnis

Pinggir Jalan 

Dibandingkan lokasi lainnya, harga sewa tempat di pinggir jalan tergolong paling ekonomis. Kamu bisa berdagang di tempat ini menggunakan gerobak. Lantaran berlokasi di pinggir jalan, biasanya area ini dipenuhi pedagang lainnya. Tentunya hal ini bisa menambah peluang kamu meraih banyak pelanggan yang memang datang untuk mencari dan menikmati kuliner kaki lima.

Booth Mall 

Lokasi lain yang tak kalah direkomendasikan adalah booth mall. Memang harga sewa booth mall tergolong mahal. Namun, kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan. Tentunya dengan memilih lokasi di area atau lantai yang banyak mendatangkan pelanggan, seperti food court atau swalayan. Tak hanya makanan, kamu juga bisa berjualan minuman siap saji sebagai alternatif atau pelengkap menu utama dengan harga bersahabat. 

Demikianlah rekomendasi lokasi bisnis kuliner yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Supaya bisnis kulinermu makin lancar, gunakan layanan EDC OttoPay. Layanan ini memudahkan kamu mengembangkan bisnis sekaligus menjaga kepuasan pelanggan. Berbekal layanan EDC, kamu bisa merekam transaksi secara otomatis dari kartu debit dan kredit, e-money, serta QRIS. 

EDC OttoPay juga hadir untuk membantu kamu memantau pencatatan dan laporan transaksi secara real time. Asyiknya lagi, EDC OttoPay mudah diintegrasikan dengan POS mana saja. Jadi kamu tak perlu bingung lagi ya! OttoPay hadir untuk membuat transaksi bisnis makin praktis dan lancar.

Yuk, pakai EDC OttoPay sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: