Apakah Bisnis Jual Pulsa Masih Worth It untuk Dilakukan?

29 Mei 2023
Bisnis Jual Pulsa

Dahulu, bisnis jual pulsa dianggap sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Tak heran, sempat banyak orang yang membuka konter pulsa sebagai pilihan bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan mudah. Bagi sebagian orang, hasil dari bisnis jual pulsa ini pun cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Mungkin kamu sempat berpikir untuk mulai usaha konter pulsa demi menambah pemasukan. Di era internet seperti saat ini, apakah bisnis pulsa masih cukup menjanjikan? Yuk, temukan jawabannya di artikel berikut!

Pulsa Masih Dibutuhkan Meski Paket Data Menjamur

Bisnis Jual Pulsa
Sumber : Envato

Penggunaan internet melalui handphone mulai banyak dijumpai sejak sekitar tahun 2009-2010-an. Tidak hanya untuk urusan searching saja, penggunaan internet melalui handphone biasanya dilakukan untuk mengakses media sosial, melakukan online shopping, dsb.

Dahulu, akses internet bisa dilakukan hanya jika Anda memiliki pulsa. Karena alasan inilah, bisnis jual pulsa bisa ‘berjaya’ dan menjadi bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. 

Namun, beberapa tahun belakangan, operator seluler mengeluarkan produk berupa paket data yang dalam bentuk voucher. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan kode voucher dan handphone-mu akan bisa terhubung ke internet. 

Karena produk voucher ini, keberadaan pulsa seakan-akan tidak diperlukan lagi. Penggunaan layanan seluler untuk telepon atau SMS pun rasanya berkurang karena keberadaan aplikasi chat online.

Karena pengguna layanan telepon dan SMS berbayar berkurang peminatnya, kebutuhan akan pulsa pun jadi berkurang.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa bisnis pulsa jadi tidak worth it, kok. Bagaimanapun juga, saat ini masih banyak layanan yang membutuhkan pulsa. Beberapa di antaranya seperti:

1.Melakukan telepon

Meskipun saat ini banyak aplikasi chat yang memiliki fitur telepon gratis, ini adalah layanan yang akan selalu ada dan mungkin tidak akan hilang. 

Aplikasi chat membutuhkan jaringan internet supaya fitur tersebut tetap jalan. Tanpa internet, kamu jadi tidak bisa melakukan apa pun dengan aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi chat tidak bisa kamu gunakan untuk menelepon nomor telepon rumah maupun nomor telepon layanan pelanggan. 

Jika ingin menelepon ke dua jenis nomor ini, kamu perlu menelepon menggunakan fitur telepon biasa. Alhasil, kamu perlu mempunyai sisa pulsa yang cukup sebelum menelepon.

2. Membeli paket data

Selain untuk melakukan panggilan telepon, pulsa juga bisa digunakan untuk membeli paket data. 

Membeli paket data dengan pulsa bisa dikatakan sebagai cara yang sangat praktis karena kamu tinggal melakukan pembelian via aplikasi atau nomor USSD saja. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pembelian paket data dengan menggunakan pulsa kapan pun dan di mana pun.

3. Membeli produk digital dalam aplikasi (in-app purchases)

Pulsa dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran untuk produk-produk dalam aplikasi (misalnya untuk membeli koin game atau untuk berlangganan layanan tertentu). Pulsa juga bisa digunakan untuk membeli e-Book.

Nah, karena tiga alasan inilah penjualan pulsa masih terus berlangsung hingga saat ini. Hal ini jugalah yang mengakibatkan konter pulsa masih terus bertahan meskipun sudah banyak layanan komunikasi berbasis internet yang bisa digunakan.

Baca juga:

Lokasi Konter Sangat Menentukan

Jika kamu memutuskan untuk melakoni bisnis jual pulsa, pastikan lokasi kontermu berada di lokasi strategis. Dengan demikian, masyarakat yang berlalu lalang pun bisa tahu bahwa ada konter pulsa di kawasan tersebut.

Beberapa contoh lokasi strategis yang bisa kamu incar adalah di pinggir jalan besar, dekat area sekolah/kampus/perkantoran, lingkungan yang padat penduduk, atau di dekat fasilitas umum yang ramai seperti pasar, rumah sakit, dan terminal.

Coba Gabungkan dengan Ide Usaha Lain

Selain membuka konter di lokasi yang strategis, kamu juga bisa menambah pemasukan dengan menjual produk selain pulsa. Produk yang dimaksud misalnya seperti paket data, voucher game, dan aksesori ponsel. 

Pertimbangkan juga jenis lokasi yang kamu pilih sebelum menentukan ide usaha apa yang cocok. Misalnya, jika konter pulsa kamu berada di kawasan sekolah/kampus, menggabungkan konter pulsa dengan toko alat tulis dan jasa fotokopi adalah ide yang bagus. 

Kesimpulan

Jadi, apakah bisnis jual pulsa saat ini masih cukup worth it untuk dilakukan? 

Peluang cuan konter pulsa ini masih cukup besar. Hanya saja, kamu perlu perhatikan pemilihan lokasi dimana kamu berjualan pulsa. Selain itu, perbanyak keuntunganmu dengan menjual produk lain selain pulsa. 

Supaya bisnis makin cuan, pastikan juga agen pulsa yang kamu pilih menawarkan harga yang murah. Dengan demikian, kamu tidak perlu memotong keuntungan hanya supaya harga jual pulsa tidak terlalu mahal.

Kamu bisa mendaftar jadi mitra OttoPay kalau ingin jualan pulsa, lho! Harga pulsa untuk mitra OttoPay lebih murah sehingga kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama seperti harga pasar. Pembelian pulsa pun cepat dan mudah–kamu tinggal melakukan pemesanan melalui aplikasi. 

Ingin menjadi mitra OttoPay? Kamu bisa cari tahu caranya dengan mengklik link berikut.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: