Alasan Kenapa Kamu Perlu Menempatkan Vending Machine di Tempat Bisnis!

12 September 2023

Apakah kamu pernah terlambat sarapan dan harus menahan lapar sepanjang hari di tempat kerja karena berangkat terburu-buru dari rumah? Fenomena seperti ini sangat umum terjadi. Apalagi, banyak karyawan yang harus berangkat pagi-pagi biar tak terjebak kemacetan di jalanan. 

Salah satu solusi untuk mengatasi problem ini adalah menempatkan vending machine di lokasi kerja. Keberadaan mesin tersebut, membuat para karyawan bisa membeli makanan atau minuman dengan mudah. Mereka tak perlu khawatir lagi ketika perut lapar karena berangkat pagi-pagi dari rumah dan tidak sempat sarapan. 

Penempatan vending machine di tempat bisnis kamu tak hanya berkaitan dengan akses makanan dan minuman yang mudah. Namun, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain yang berkaitan dengan peningkatan operasional bisnis. Manfaat tersebut antara lain adalah: 

1. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Sumbe : Unsplash

Bayangkan ketika karyawan harus bekerja dalam kondisi perut kosong? Pada kondisi tersebut, mereka tidak akan bisa fokus dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Bahkan, mereka akan mempunyai kecenderungan mudah marah, stres, dan tubuh yang terasa tidak berenergi. Suasana kerja pun jadi tidak kondusif. 

Perut kosong dan tak mendapatkan suplai makanan dalam waktu cukup panjang akan berpengaruh pada penurunan kadar gula. Selanjutnya, hal ini membuat tubuh mengeluarkan reaksi berupa produksi hormon yang menimbulkan perasaan marah dan stres. Oleh karena itu, menyediakan vending machine di kantor efektif dalam meningkatkan kepuasan para karyawan. 

Baca juga: Stempel Fisik Sudah Ketinggalan Zaman, Yuk Beralih ke Sistem Digital!

2. Mendorong Produktivitas Karyawan

Ada banyak upaya yang bisa kamu lakukan ketika ingin mendorong efektivitas produksi karyawan. Instalasi vending machine di kantor adalah salah satunya. Ada beberapa alasan kenapa keberadaan mesin tersebut mendorong produktivitas karyawan, di antaranya: 

  • Meningkatkan moral. Akses makanan dan minuman yang mudah membuat karyawan lebih happy. Kamu perlu tahu kalau karyawan yang merasa nyaman dengan tempat kerjanya, punya efektivitas kerja 13% lebih produktif. 
  • Energy boost. Suplai makanan kecil setiap 3-4 jam dapat membantu tubuh biar tetap berenergi. Karyawan memang bisa memilih bawa bekal sendiri dari rumah. Namun, kamu bisa pula menyediakan alternatif lewat keberadaan vending machine
  • Menjaga tubuh terhidrasi. Tubuh akan terasa lemas dan tak berenergi kalau kurang minum. Menyediakan minuman lewat mesin jual otomatis di kantor dapat membantu karyawan terhindar dari situasi tersebut.

3. Menghemat Waktu

Sumber : Pexels

Pemasangan mesin jual otomatis di lingkup tempat kerja juga membantu karyawan dalam memanfaatkan waktu secara efektif. Mereka tak perlu ke luar kantor kalau sekadar ingin nyemil atau mencari minuman saat waktu istirahat. 

Menjaga agar karyawan tetap berada di area kantor saat istirahat siang memberikan banyak manfaat. Mereka bisa memanfaatkan waktu secara lebih baik dengan melakukan interaksi dengan sesama karyawan. Interaksi tersebut mendorong untuk saling berkolaborasi dan menjalin hubungan lebih erat.

Baca juga: 5 Contoh Loyalty Program untuk Marketing Bisnis

4. Promosi Kebiasaan Hidup Sehat

Keberadaan vending machine di lingkup tempat kerja dapat pula menjadi sarana mempromosikan gaya hidup sehat. Apalagi, kamu dapat secara bebas menentukan pilihan makanan dan minuman yang ada di dalamnya. Dengan begitu, karyawan bisa mendapatkan makanan maupun minuman yang sehat dengan mudah di area kantor.

5. Mendorong Peningkatan Kepuasan Konsumen

vending machine
Sumber : Pexels

Terakhir, kamu bisa mendapatkan manfaat mesin jual otomatis karena tak perlu repot dalam melakukan perawatan. Sebagai contoh, kamu dapat menempatkannya di area waiting room. Dengan begitu, para pelanggan maupun klien bisa menunggu dengan nyaman sambil mengambil minuman ataupun makanan.

Nah, sekarang kamu jadi tahu begitu besar manfaat penempatan vending machine di tempat bisnis, kan? Kamu bisa pula memperoleh manfaat tersebut dan sekaligus mendapatkan keuntungan lebih dari penjualan makanan dan minuman. Caranya gampang, cukup dengan menjadi Mitra Bisnis dari OttoPay. 

Mitra Bisnis OttoPay membantu kamu dengan menyediakan mesin jual otomatis yang canggih. Sudah dilengkapi dengan fasilitas pembayaran modern berbasis QRIS, CCTV, dan bahkan analisis big data. Dengan begitu, kamu bisa meraih untung yang menjanjikan dari penempatan vending machine

Yuk, pasang vending machine di tempat bisnis kamu dengan menjadi Mitra Bisnis OttoPay!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: