6 Fitur Wajib di Sistem POS untuk Meningkatkan Penjualan

26 Januari 2024

Semenjak pandemi mereda, kurang lebih 21 juta pelaku bisnis sudah go digital. Mereka memanfaatkan produk-produk digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan secara online. Salah satu produk yang digunakan adalah sistem POS (point of sales) atau kasir digital. Banyak fitur POS yang memungkinkan pebisnis untuk meningkatkan operasional bisnis.

6 Fitur yang Harus Ada di Sistem POS 

Pada dasarnya, setiap sistem POS memiliki fitur yang berbeda-beda. Fitur yang ada pada POS untuk bisnis retail jelas tak akan bisa ditemukan di bisnis kuliner. Namun setidaknya ada beberapa fitur yang wajib ada pada sistem POS. Adapun fitur-fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Fitur untuk melacak stok barang

Buat kamu yang menjalankan bisnis berupa produksi atau pemasaran barang, tentu wajib tahu yang namanya jumlah persediaan barang. Jangan sampai ketika ada calon konsumen mencari produk A, ternyata stok produk A sedang kosong. Akibatnya, kamu akan kehilangan calon konsumen.

Untuk itu, jangan sampai lupa untuk selalu menstok barang-barang dagangan. Namun juga jangan terlalu berlebihan karena bisa jadi malah merugikan bisnismu sendiri. Jumlah stok barang tidak boleh kurang maupun berlebihan. 

Nah, di sinilah pentingnya fitur pelacakan stok barang pada sistem POS. Fitur ini mempermudah kamu untuk mengetahui stok barang secara realtime. Sebab, sistem POS sudah diatur untuk bisa memperbarui persediaan barang dagangan secara otomatis.

2. Fitur pencarian produk

Beberapa sistem POS memungkinkan pengguna untuk mencari produk produk dengan mudah. Dengan begitu, pengguna tak perlu mencarinya secara manual. Sebab, semua produk sudah tersimpan sesuai pada kategorinya.

Untuk menggunakan fitur POS ini, pengguna hanya tinggal mengetikkan kode identifikasi produk. Produk yang dimaksud pun akan langsung muncul. Tentu saja, di sini pengguna harus menentukan kode identifikasi untuk masing-masing produk. Tujuannya agar tidak menyulitkan proses pencarian produk.

3. Fitur untuk memilih metode pembayaran

Di zaman serba cepat, banyak masyarakat menginginkan metode pembayaran yang efektif dan efisien. Banyak dari mereka bahkan lebih sering melakukan pembayaran digital atau nontunai. Contohnya menggunakan kartu debit atau kredit, e-wallet, virtual account, dan e-money.

Sebab itu, kamu harus memilih sistem POS yang dilengkapi dengan fitur untuk memilih metode pembayaran. Ingat, bukan hanya pembayaran tunai, tapi juga secara nontunai. Banyak sistem POS yang dapat diintegrasikan dengan rekening bank dari bisnis kamu. Dengan begitu, konsumen bisa lebih nyaman dalam bertransaksi dengan bisnis kamu.

4. Fitur untuk mengetahui laporan penjualan

Fitur yang satu ini wajib ada dalam semua sistem POS. Sesuai namanya, fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui laporan penjualan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tingkat perkembangan usaha kamu secara realtime.

Fitur POS ini mampu menyediakan data penjualan secara akurat dan cepat. Jadi, kalau bisnis kamu punya banyak cabang, fitur laporan ini akan sangat menguntungkan kamu. Sebab, kamu bisa mengecek laporan dari semua cabang tanpa harus datang langsung ke tempat usaha.

5. Fitur untuk mengelola data pelanggan

Beberapa jenis sistem POS ternyata juga dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan data konsumen. Jadi, data setiap konsumen yang membeli produk kamu akan tersimpan secara otomatis ke dalam sistem.

Apa manfaatnya? Data konsumen bisa digunakan untuk menciptakan program loyalitas pelanggan. Bisa juga untuk mengetahui produk yang paling banyak dibeli atau paling jarang laku. Dari data-data ini, kamu bisa menyusun strategi bisnis yang lebih baik lagi.

6. Fitur untuk mengetahui kinerja karyawan

Tak hanya laporan penjualan, sistem POS juga memiliki fitur untuk mengetahui kinerja karyawan. Fitur POS ini secara otomatis akan menyimpan aktivitas transaksi yang dijalankan oleh karyawan pada periode tertentu.

Mulai dari berapa banyak penjualan yang telah dilakukan, jumlah transaksi void, dan lain sebagainya, semua bisa diketahui lewat POS. Dari data ini, kamu bisa mengetahui bagaimana performa karyawan.

Selain dari keenam fitur POS di atas, masih banyak fitur lain yang bisa kamu temukan. Namun yang baru saja kita ulas adalah fitur wajib pada sistem POS. Kalau bisnis kamu belum memakai sistem POS, kamu bisa bergabung dengan mitra OttoPay. Sebab, kamu akan mendapat akses layanan POS HelloBill. Mau tahu bagaimana cara gabungnya? Silakan klik di sini.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: