5 Bisnis Ini Gampang Cuan dengan Layanan POS Kasir

26 Januari 2024

Bisnis layanan POS (point of sales) mulai banyak dimanfaatkan oleh berbagai bidang usaha. Dengan layanan ini, para pebisnis dapat menjalankan dan mengembangkan usahanya secara maksimal. Mau tahu bidang usaha apa saja yang menggunakan sistem POS? Temukan jawabannya pada ulasan berikut.

Apa Itu Layanan POS?

Layanan atau sistem POS adalah sebuah aplikasi kasir untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas transaksi bisnis. Selain digunakan untuk menerima pembayaran, layanan POS dapat digunakan untuk mencatat penjualan, melacak stok barang, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, layanan POS adalah mesin kasir modern. Inovasi teknologi ini pertama kali digunakan oleh McDonald’s pada 1984. Hingga kini, sistem point of sales terus mengalami perkembangan dan banyak digunakan oleh beragam bidang usaha.

5 Bisnis yang Membutuhkan Layanan POS Kasir 

Sumber : Pexels

Pemanfaatan layanan POS telah membantu banyak pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya. Transaksi yang biasanya lelet, kini menjadi lebih cepat dan minim praktik kecurangan karyawan. Berikut adalah sejumlah bidang usaha yang memanfaatkan layanan POS kasir.

1. Bisnis waralaba

Umumnya, bisnis waralaba barang atau jasa memiliki banyak cabang. Mengingat masing-masing cabang harus selalu dikontrol, otomatis butuh banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya. Dengan menggunakan aplikasi POS, proses kontrol setiap cabang usaha bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Kamu bahkan tak perlu repot datang langsung ke cabang-cabang usaha kamu. Cukup lewat satu sistem POS yang sudah terintegrasi, kamu bisa mengontrol operasional bisnis kamu dari jarak jauh. Sebab, produk teknologi ini dilengkapi dengan banyak fitur memadai. Di antaranya fitur untuk mengontrol keuangan, mengetahui stok, melacak penjualan, dan lain sebagainya.

2. Bisnis kuliner

Kuliner adalah salah satu bidang usaha yang banyak digeluti masyarakat. Bahkan semenjak pandemi, banyak orang yang menjajal merintis usaha kuliner. Pasalnya, sektor bisnis satu ini hampir tak ada matinya mengingat pangan adalah kebutuhan primer manusia.

Bisnis kuliner bisa dimulai dengan modal kecil. Caranya dengan menerapkan sistem pre-order. Nah, di sinilah peran bisnis layanan POS dibutuhkan. Bahkan bisnis kuliner skala besar pun sudah memanfaatkannya. Contohnya seperti restoran, kafe, angkringan modern, dan lain sebagainya.

Aplikasi POS memungkinkan kamu untuk menyelesaikan banyak keperluan usaha. Mulai dari mencatat penjualan, memastikan stok bahan baku, hingga melakukan audit. Bahkan aplikasi point of sales juga mempermudah kamu dalam mencatat pesanan secara online.

3. Bisnis online di marketplace

Berjualan online di marketplace sudah menjadi hal yang lumrah, terlebih semenjak pandemi. Rasanya hampir semua bidang usaha sudah go digital atau merambah ke pasar online. Hal ini tentunya menguntungkan banyak pihak, termasuk penjual dan pembeli.

Bagi penjual, pangsa pasar mereka menjadi semakin luas. Bagi pembeli, mereka bisa membeli apa saja tanpa harus keluar rumah. Nah, kalau kamu berencana merintis bisnis online, kamu tentu akan membutuhkan aplikasi POS.

Sistem POS bisa kamu integrasikan dengan marketplace yang kamu gunakan untuk berbisnis. Dengan begitu, pengelolaan usaha online kamu menjadi semakin efektif, efisien, dan pastinya dapat meraup banyak keuntungan.

4. Bisnis minimarket

Bisnis layanan POS juga banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis minimarket dan sejenisnya. Pemanfaatan layanan kasir digital ini memungkinkan pemilik bisnis untuk meningkatkan tren pembayaran nontunai.

Pasalnya, sistem POS dilengkapi dengan banyak fitur keuangan digital, seperti QR code. Dengan adanya fitur ini, pembeli dapat melakukan pembayaran secara lebih cepat dan efisien. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga mendapatkan keuntungan, yakni bisa menerima pembayaran digital dari banyak platform.

5. Bisnis salon

Usaha salon termasuk salah satu bisnis yang paling terdampak saat pandemi. Sebagai upaya untuk bangkit kembali, banyak pemilik salon memanfaatkan sistem POS. Ini lantaran aplikasi POS memudahkan pemilik salon untuk membuat program loyalitas pelanggan.

Aplikasi POS secara otomatis dapat menyimpan data pelanggan. Nah, pemilik salon dapat memanfaatkannya untuk menciptakan program keanggotaan agar pelanggan tidak pindah ke salon lain.

Itulah beberapa bidang usaha yang memanfaatkan keberadaan bisnis layanan POS. Mau merasakan manfaat dari sistem POS juga? Kamu bisa bergabung menjadi mitra OttoPay. Cukup sekali daftar, kamu bisa mendapatkan akses HelloBill, yakni layanan POS untuk meningkatkan transaksi bisnis kamu. Mau tahu bagaimana cara daftarnya? Klik di sini.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: