Gak Usah Panik, Ini Cara Mengatasi Struk Kasir Tidak Mau Keluar

26 Januari 2024

Mesin kasir adalah salah satu peralatan yang selalu ada di bisnis retail. Sama seperti peralatan lainnya, printer kasir tidak bisa lepas dari yang namanya gangguan teknis. Salah satu yang kerap terjadi adalah struk tidak mau keluar. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Struk Kasir Tidak Mau Keluar

Sumber : Pexels

Mesin kasir manual pertama dibuat oleh James Ritty dan John Birch pada abad ke-19. Seiring dengan berkembangnya zaman, mesin kasir terus mengalami kemajuan. Setidaknya ada dua jenis mesin yang umum digunakan untuk kasir, yakni printer thermal dan dot matrix.

Keduanya sama-sama rentan terhadap masalah struk tidak keluar. Penyebabnya beragam, berikut di antaranya:

1. Ada benda asing yang mengganjal

Bila ada benda asing masuk ke dalam printer, otomatis printer tidak akan bisa berfungsi secara semestinya. Umumnya, benda asing ini masuk ke roller sehingga kertas tidak bisa keluar dari printer.

2. Roller kotor atau sudah aus

Roller adalah bagian printer yang fungsinya untuk menarik kertas. Komponen satu ini wajib dicek secara berkala karena rentan terhadap debu dan aus. Jika kotor atau aus, struk tidak akan bisa keluar dan sering macet.

3. Komponen printer kotor atau rusak

Selain roller, masih banyak komponen lain dalam mesin kasir. Jika ada komponen yang kotor atau rusak, otomatis mesin kasir tidak bisa bekerja secara semestinya. Hal ini umumnya ditandai dengan struk tidak mau keluar.

Cara Mengatasi Struk Kasir Tidak Mau Keluar

Sumber : Pexels

Jadi, apa harus dilakukan untuk mengatasi masalah struk kasir tidak mau keluar? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Cek kertas printer

Bila struk macet atau tidak mau keluar, kamu bisa mengecek kertasnya terlebih dahulu. Pastikan kertas sudah terpasang dengan baik pada roller. Beberapa pengguna seringkali terbalik dalam memasang kertas printer. Pastikan pula kertas masih ada, kalau habis berarti inilah penyebab struk tidak mau keluar.

2. Cek kabel dan driver printer

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi kabel printer. Cek apakah kabel mesin kasir sudah terpasang dengan benar atau belum. Pastikan pula kondisi kabel masih baik dan tidak ada yang putus.

Jika ada bagian kabel yang terlihat putus, segera ganti dengan yang baru. Bisa jadi inilah yang menyebabkan struk kasir tidak mau keluar. Di samping itu, cek juga kondisi driver mesin kasir dan pastikan driver sudah ter-install. Jangan lupa juga untuk memperbarui driver mesin kasir bila ada pembaruan.

3. Cek koneksi printer

Bila kamu sudah melakukan kedua cara di atas dan kertas masih belum bisa keluar, coba periksa koneksi printer. Untuk printer bluetooth, putuskan sambungan bluetooth dari gadget yang kamu gunakan. Jika sudah, restart gadget dan koneksikan kembali bluetooth printer.

Kalau kamu menggunakan printer jaringan, pastikan router sudah terhubung dengan baik. Kamu bisa mencopot router kemudian memasangnya kembali. Lalu, tes apakah kertas sudah bisa keluar. Kalau masih belum bisa keluar, lakukan langkah berikutnya, yakni dengan mereset printer.

4. Reset printer

Reset printer berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan ke seperti saat pertama kali dibeli. Dengan cara ini, masalah-masalah pada printer bisa diperbaiki. Termasuk masalah struk kasir tidak bisa keluar.

Cara mereset printer tergantung pada merek dan jenis printer yang kamu gunakan. Umumnya, setiap printer disertai dengan tombol reset. Nah, kamu bisa langsung menekan tombol tersebut bila ada.

Kalau kamu sudah melakukan keempat cara di atas dan struk kasir masih tidak mau keluar, coba buka kembali buku panduan. Biasanya dijelaskan apa saja yang perlu kamu lakukan bila printer error. Jika masih error, bawa ke tempat servis printer atau beli baru jika ada dana.

Ketahuilah bahwa printer error dapat mengganggu transaksi bisnis. Sebab itulah penting untuk melakukan pengecekan secara berkala. Selain printer, kamu juga perlu memperhatikan program kasir atau POS yang kamu gunakan. Dengan menjadi mitra OttoPay, kamu bisa mendapatkan akses Hellobill, layanan POS untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: