Mengenal Jenis-Jenis Sistem POS dan Keunggulannya

26 Juni 2023
jenis-jenis sistem POS

POS atau dikenal pula dengan point of sales merupakan sebuah tempat pembayaran yang berfungsi untuk memudahkan pebisnis dalam menjalankan transaksi. Istilah sederhana yang lebih dikenal orang tentang teknologi ini adalah mesin kasir. Selain bisa menghitung dengan cepat, menyimpan uang, serta mencetak struk, POS juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan data pelanggan.

Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis sistem POS pun berkembang dan terkoneksi dengan internet sehingga ada banyak fitur baru yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis. Sebelum mengulas lebih dalam tentang variasi sistem POS, mari kita bahas mengapa sistem POS dibutuhkan dalam bisnis.

Mengapa Menggunakan Sistem POS

jenis-jenis sistem POS
Sumber : Envato

Digitalisasi bisnis di masa sekarang mau tidak mau mendorong kita untuk berkembang menjadi lebih canggih. Tanpa adanya sistem ini, segala hal akan dilakukan secara manual seperti sistem konvensional yang sebelumnya kita kenal. Mulai dari mencatat stok, mendata barang, mencatat transaksi harian, hingga menghitung laba rugi akan kita lakukan sendiri dengan tenaga yang terbatas. 

Padahal zaman sekarang, segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat supaya lebih efektif dan efisien. Inilah mengapa sistem POS dibutuhkan. Tidak hanya menghemat waktu, sistem ini akan membantu kita me-manage bisnis lebih baik lagi. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang didapat pemilik bisnis jika menggunakan sistem POS, yaitu:

  • Mencatat dan menyimpan harga barang sehingga pemilik toko tidak perlu mencatat satu persatu harga secara manual
  • Mencatat pendapatan, pengeluaran, dan laba secara komputerisasi
  • Mencatat secara otomatis barang yang masuk dan keluar sehingga pemilik bisnis tidak perlu melihat setiap barang satu persatu secara detail
  • Menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut karyawan dalam jumlah banyak

Sementara itu dari kacamata pelanggan, ada beberapa keunggulan dari salah satu atau semua jenis-jenis sistem POS yaitu:

  • Sistem pemesanan lebih mudah
  • Metode pembayaran lebih bervariasi dan fleksibel

Jenis Sistem POS 

jenis-jenis sistem POS
Sumber : Envato

Setelah mengetahui betapa pentingnya memiliki sistem POS dalam bisnis, selanjutnya mari kita bahas jenis-jenisnya. Setidaknya ada 2 jenis sistem POS yang dikenal dan banyak digunakan, yaitu POS Tradisional dan Cloud POS. Berikut ulasan lengkapnya:

POS Tradisional

Sebelum internet populer dan bisa diaplikasikan ke banyak hal, POS tradisional merupakan salah satu jenis yang banyak digunakan pebisnis. Untuk menyimpan data, POS tradisional menggunakan harddisk sehingga aksesnya terbatas yaitu ketika kita berada di toko saja.

Menyimpan data penting di harddisk tentu saja memiliki banyak risiko. Salah satunya data hilang karena sistem bermasalah. Padahal data tersebut merupakan sesuatu yang dijadikan acuan ketika menjalankan toko. Selain itu, proses instalasi sistem tradisional cenderung membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar.

Inilah mengapa seiring perkembangan zaman, inovasi sistem POS pun semakin lebih baik. Ketika internet populer, POS tradisional pun berkembang menjadi Cloud POS yang dinilai lebih efisien. 

Cloud POS

Satu hal yang membedakan Cloud POS dan POS Tradisional adalah sistemnya. Cloud Pos memanfaatkan internet sehingga datanya dapat diakses di mana dan kapan saja. Untuk bisa menggunakan Cloud POS, biasanya dibutuhkan aplikasi yang terintegrasi dengan gadget seperti smartphone

Inilah mengapa dibutuhkan akses akun berupa username dan password supaya tidak sembarangan orang bisa mengakses data Cloud POS bisnis kita. Dibanding sistem tradisional, Cloud POS cenderung lebih aman. Meskipun risiko data hilang tetap ada, tetapi fitur back up dan restore berkala akan membuat data mudah dikembalikan lagi.

Selain itu, pemasangan dan perawatan Cloud Pos tidak begitu mahal. Jadi pemilik bisnis bisa lebih fokus dalam menganggarkan pengeluaran dan mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Saat ini ada banyak sekali platform Cloud POS yang bisa dipilih dan dimanfaatkan untuk melancarkan usaha kita.

OttoPay bekerja sama dengan Helobill menawarkan sistem POS canggih dengan berbagai fitur bermanfaat, OttoPay merupakan produk tepat bagi kita yang ingin memulai bisnis dan mengembangkannya dari nol. Ditambah akses mudah dan customer support memadai, bukan tidak mungkin bisnis kita bisa berkembang lebih besar dengan menjadi Mitra OttoPay Bisnis.

Jadi pastikan untuk menggunakan Solusi Mitra Bisnis OttoPay jika ingin bisnis kita sukses. Itulah ulasan tentang jenis-jenis sistem POS dan keunggulannya. Semoga bermanfaat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: