7 Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Jualan Pulsa

29 Mei 2023
Jualan Pulsa

Dari dahulu hingga sekarang, jualan pulsa memang nggak ada matinya! Meski perlahan penggunaan SMS atau telepon berbayar berkurang karena adanya aplikasi chat (messenger), pulsa tetaplah menjadi kebutuhan para pengguna telepon seluler. Wajar saja kalau hingga saat ini masih banyak orang yang ingin berjualan pulsa–terlepas itu jualan pulsa di konter atau jualan pulsa online.

Kamu ingin mulai berbisnis jual pulsa juga? Selain mencari agen pulsa yang menawarkan harga oke, lokasi strategis jual pulsa juga menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan. Kira-kira, tempat seperti apa saja, sih, yang cocok digunakan untuk bisnis jual pulsa? Ketahui jawabannya di artikel berikut, yuk!

Pilih Tempat yang Jadi Pusat Keramaian

Bukan rahasia lagi jika pusat keramaian menjadi lokasi yang strategis untuk jualan pulsa. Pusat keramaian yang dimaksud bukan sembarang pusat keramaian, ya. Beberapa pusat keramaian yang dimaksud misalnya seperti terminal, stasiun, bandara, rumah sakit, ataupun di sekitar kawasan wisata. 

Intinya, pusat keramaian ini cocok kamu jadikan sebagai tempat bisnis pulsa jika dikunjungi orang secara terus menerus, bukan pusat keramaian yang hanya ‘musiman’ saja ramainya.

Dekat Area Perkantoran, Sekolah, atau Kampus

Lokasi strategis konter pulsa selanjutnya adalah di dekat area perkantoran, sekolah, atau kampus. Alasan utamanya adalah karena situasi lokasi-lokasi tersebut yang cenderung ramai. Karena ramai, peluang penjualan pulsa meningkat pun jadi sangat besar!

Selain itu, akan lebih baik kalau kamu juga menjual produk lain di konter pulsamu. Misalnya, berjualan paket data, aksesori handphone, atau merambah ke bidang jasa lainnya seperti fotokopi atau toko kelontong kecil-kecilan.

Pilih Area dengan Akses Jalan yang Mudah

Akses jalan yang mudah akan mempermudah calon pembeli untuk mengunjungi konter pulsa kamu. Untuk itu, kamu bisa memilih untuk jualan pulsa di pinggir jalan besar tempat banyak orang berlalu-lalang.

Selain itu, pikirkan juga bagaimana caranya agar pembeli bisa dengan mudah menemukan kontermu. Cara yang dapat ditempuh bisa memasang spanduk, papan nama, atau neonbox. Dengan begitu, orang tidak hanya sekadar lewat di depan kontermu saja; mereka akan tahu dan ingat bahwa ada konter pulsa yang bisa dikunjungi ketika mereka butuh.

Area Padat Penduduk

Karena area padat penduduk banyak jumlah penduduknya, jumlah pengguna handphone pun banyak. Alhasil, kebutuhan pulsa besar di area tersebut.

Meskipun menguntungkan karena ada banyak target pasar, sering kali kamu akan menjumpai banyak kompetitor dengan produk yang sama di kawasan tersebut. Dalam kondisi persaingan sempurna seperti ini, pastikan konter pulsa kamu memiliki nilai tambah tersendiri agar bisa dilirik konsumen, ya! 

Area yang Sedikit Kompetitornya

Di area yang sedikit kompetitornya, konter pulsa kamu sangat mungkin menjadi incaran para pembeli. Pasalnya, konter pulsamu menjadi satu dari sedikit penyedia pulsa yang ada di lokasi itu. 

Pertimbangkan Kepadatan Lalu Lintas di Area Itu

Jika konter pulsa kamu berada di area dengan lalu lintas yang padat, maka akan banyak orang yang tahu mengenai bisnis yang kamu jalankan. Alhasil, konter pulsamu pun bisa ramai pembeli.

Meski begitu, terkadang kepadatan lalu lintas mendatangkan risiko tersendiri untuk bisnismu, lho. Terlebih lagi, bisnismu berada di pinggir jalan yang padat tetapi tidak dilengkapi dengan fasilitas parkir memadai. Akibatnya, calon pembeli sulit memarkir kendaraan dan hal ini pulalah yang bisa menghambat bisnis.

Pilih Lokasi yang Aman

Terakhir, pastikan memilih lingkungan yang aman. Dengan memilih lokasi jualan pulsa yang aman, pembeli tidak perlu merasa takut akan tindakan kriminal yang bisa saja terjadi saat mereka membeli pulsa. Tindakan kriminal yang dimaksud misalnya seperti curanmor, penjambretan, dsb.

Memilih lokasi aman juga tentunya akan memberikanmu ketenangan tersendiri ketika menjalankan bisnis. Dengan demikian, kamu bisa berfokus untuk mengembangkan usaha konter pulsa tersebut.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih lokasi-lokasi yang tepat untuk mulai jualan pulsa. Dari ketujuh pilihan di atas, kira-kira apakah ada lokasi di sekitarmu yang memenuhi kriteria tersebut? 

Jika ternyata lokasi yang ideal susah untuk dicari, jangan khawatir. Pertimbangkan untuk mulai jualan pulsa online. Kamu bisa melakukan jualan pulsa online melalui marketplace atau melalui media sosial.

Selain mencari lokasi untuk memulai bisnis, kamu perlu mencari agen yang dapat memberimu harga murah untuk jualan pulsa

Solusinya, kamu bisa gabung menjadi mitra OttoPay. Baik berjualan pulsa di konter ataupun jualan pulsa online, kamu bisa mendapatkan harga pulsa terbaik dengan menjadi mitra OttoPay. 

Bukan hanya pulsa yang bisa dijual dengan menjadi mitra OttoPay. Kamu juga bisa membuka loket pembayaran tagihan juga. Mau jualan voucher game? Bisa! Dengan menjual berbagai macam produk, bisnismu jadi lebih banyak cuan, deh!

Ingin bergabung menjadi salah satu mitra OttoPay? Yuk, baca bagaimana caranya menjadi mitra OttoPay di link berikut.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: