5 Barang Dagangan UMKM yang Unik, Bisa Bikin Cuan!

12 April 2023
Barang unik UMKM

Peningkatan jumlah UMKM membuat persaingan makin ketat. Jika tidak punya taktik jitu, kamu bisa tertinggal jauh dari para kompetitor, lo! Salah satu taktik untuk bersaing di sektor UMKM adalah dengan menjual produk yang unik. Barang unik UMKM bisa melonggarkan persaingan dan membantumu meraih target pelanggan yang lebih spesifik.

Bingung menentukan produk apa yang akan dijual? Ide-ide barang jualan UMKM yang unik berikut ini bisa menjadi inspirasimu!

Barang unik UMKM
Sumber : Envato

1. Kruistik

Jualan unik UMKM yang pertama adalah kruistik, karya seni yang dibuat dari sulaman bersilangan di atas kain lubang-lubang. Seni kruistik menjadi salah satu kerajinan sulam tertua di dunia. Jika kamu punya hobi menyulam dan ingin menghasilkan pendapatan dari hobi, kruistik bisa menjadi pilihan.

Produk kruistik terbilang jarang di industri UMKM, padahal bisa membawa omzet yang menjanjikan. Seiring dengan perkembangan gaya estetis, banyak orang mencari produk-produk yang dapat memperindah tampilan ruangan mereka. Bagi pelanggan yang bosan dengan lukisan biasa, produk kruistik akan memberikan nuansa estetis pada interior.

Selain unik, usaha kruistik juga membutuhkan modal minim. Harga benang, kain, dan bingkai untuk kruistik tidak terlalu mahal. Kruistik bisa menjadi produk mahal apabila kamu menggarapnya dengan kreativitas, ketekunan, dan ketelitian yang tinggi.

2. Makanan dan Minuman dari Bahan Organik

Barang unik UMKM selanjutnya adalah makanan dan minuman dari bahan organik. Produk organik merupakan produk yang dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet, tanpa penyedap rasa atau pemanis buatan, dan kaya akan nutrisi. Mengingat banyaknya kasus medis yang melibatkan makanan dan minuman tak sehat, produk berbahan organik memiliki pasarnya sendiri.

Beberapa contoh makanan dan minuman organik yang bisa diproduksi UMKM, antara lain, mi instan, jus, kopi, dan camilan. Tidak hanya menjual produk jadi, UMKM juga bisa membuka restoran dengan menu-menu organik.

3. Properti Foto

Peningkatan peran dan penggunaan media sosial di kehidupan sehari-hari membuat aspek visual sangat penting untuk diperhatikan. Banyak orang berlomba-lomba membuat foto estetis, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Artinya, usaha properti foto juga memiliki pasarnya sendiri.

Ada banyak jenis properti foto yang bisa kamu jual. Mulai dari peralatan dapur dari kayu dan batu, taplak meja, latar foto, tumbuhan kering, tembikar, hingga kartu pos bernuansa klasik. Asalkan barangnya bisa meningkatkan keindahan foto, produk apa pun bisa kamu jadikan cuan!

4. Produk Perawatan Tubuh Ramah Lingkungan

Barang unik UMKM ini kian populer semenjak meningkatnya kesadaran masyarakat akan perawatan tubuh dan kelestarian lingkungan. Produk ramah lingkungan biasanya menggunakan bahan-bahan dan kemasan yang mudah terurai secara alami, aman untuk kesehatan, dan diproses secara etis.

Sebagai contoh, kamu hendak memproduksi losion tubuh yang ramah lingkungan. Buatlah menggunakan bahan-bahan alami yang lembut di kulit. Bahan-bahan harus diambil secara bertanggung jawab, seperti tidak menebang atau mencemari hutan. Setelah produk jadi, hindari pula mengetes produk ke hewan.

5. Perabot Estetik

Barang unik UMKM yang satu ini memiliki banyak peminat. Pasalnya, masyarakat modern kini banyak memperhatikan estetika interior maupun eksterior hunian. Beberapa perabot estetik yang bisa dijual UMKM, antara lain, lentera ukir, meja dan kursi kayu, vas kaca, dan cermin asimetris.

Bagaimana? Adakah barang unik UMKM yang paling menarik perhatianmu? Walaupun unik, pastikan untuk membanderol barang dengan harga yang sewajarnya, ya. Jangan sampai pelanggan malah kabur karena harga barang yang dijual tidak masuk akal!

Kemudian, untuk mendukung usaha unikmu, gunakanlah aplikasi OttoPay. Aplikasi ini menawarkan beragam kemudahan, mulai dari pengajuan pinjaman modal usaha, belanja grosir, berjualan produk digital, hingga metode pembayaran nontunai. Pokoknya, cukup dengan satu aplikasi, kamu bisa menjalankan dan memenuhi kebutuhan UMKM secara praktis.

Penasaran dengan aplikasinya? Langsung unduh di sini, yuk!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: