UMKM Go Digital: Manfaat dan Tips untuk Memulainya

12 April 2023
UMKM Go Digital

Teknologi yang berkembang pesat membuat semua sektor dalam kehidupan beralih ke digital, tak terkecuali UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Khusus untuk UMKM, pemerintah menggerakkan para pengusaha untuk memanfaatkan internet dalam berbisnis. Gerakan ini disebut UMKM Go Digital.

UMKM Go Digital adalah gerakan yang memberikan banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaatnya? Bagaimana memulai gerakan ini? Mari simak pembahasan berikut!

Mengapa UMKM Go Digital Penting?

UMKM Go Digital
Sumber : Mnews

Jumlah pengguna internet di negeri ini terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan survei dari We Are Social dan Hootsuite, sekitar 202,6 jiwa atau 73,7 persen dari populasi Indonesia merupakan pengguna internet. Hal inilah yang membuat UMKM perlu menerapkan “go digital”.

Belum lagi, kala pandemi COVID-19, transisi UMKM ke dunia digital banyak membawa manfaat. Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, mengimbau masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan. Jadi, banyak orang beralih ke dunia digital untuk menjalankan kegiatan jual beli.

Peralihan ini bisa dilihat dari survei yang dilakukan oleh SEA Insight. Sekitar 45 persen dari 2.200 responden mengaku bahwa mereka sudah berjualan secara daring lewat situs web e-commerce semasa pandemi. Tak hanya itu, Kementerian Koordinator Perekonomian juga menyatakan bahwa sebanyak 301.115 UMKM sudah bertransisi ke digital per 14 Mei hingga 9 Juni 2020. Sangat banyak, kan?

Jadi, gabungan dari jumlah UMKM  yang “go digital” dan total pengguna internet yang besar di Indonesia akan membantu meningkatkan perekonomian negara sekaligus kesejahteraan masyarakat.

Tips Memulai UMKM Go Digital

UMKM Go Digital
Sumber : Envato

1. Mempersiapkan platform digital

Platform digital adalah sarana yang tepat untuk memperdagangkan produk-produkmu. Bangunlah platform digital yang sesuai dengan tujuan bisnis. Kamu bisa menggunakan jejaring sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Selain itu, platform perpesanan seperti WhatsApp dan Line juga bisa dimanfaatkan. Gunakan platform digital untuk menampilkan produk, memasarkan, serta menghubungi pelanggan.

2. Bekerja sama dengan marketplace

Gerakan Go Digital UMKM di Indonesia tak terlepas dari keterlibatan marketplace. Platform e-commerce ini banyak membantu UMKM, terutama di masa pandemi. Apa bedanya dengan jejaring sosial dan aplikasi perpesanan?

Bekerja sama dengan marketplace untuk pengelolaan penjualan dan keuangan akan meningkatkan kredibilitas UMKM. Marketplace biasanya memfasilitasi rekening bersama (rekber) sehingga penjual dan pembeli bisa bertransaksi secara aman. Selain itu, marketplace dilengkapi fitur ulasan yang dapat membantu pelanggan menilai tokomu.

3. Memperkaya literasi digital dan keahlian digital

UMKM Go Digital tidak bisa dijalankan begitu saja tanpa adanya literasi dan keahlian digital. Perkayalah dirimu dengan keduanya supaya operasional UMKM dapat berjalan lancar dan terhindar dari masalah. Sebagai contoh, dengan literasi digital, kamu dapat menghindari calon pembeli yang nakal atau tautan-tautan penipuan.

4. Menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas

Pelanggan akan lebih senang berbelanja di toko yang memiliki pelayanan baik. Layanan pelanggan berkualitas dapat berupa admin yang siaga membalas pesan pelanggan, proses retur barang yang cepat tanggap, atau pengemasan produk yang aman dari risiko-risiko selama ekspedisi.

Kemudian, menyediakan metode pembayaran yang praktis juga dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Kamu bisa memfasilitasi pembayaran nontunai untuk pelanggan dengan aplikasi seperti OttoPay. Jadi, ketika pelanggan lupa membawa dompet atau tidak punya uang kecil, mereka bisa langsung membayar lewat ponsel pintar.

Demikian serba-serbi UMKM Go Digital. Bagi kamu yang ingin ikut serta dalam gerakan ini, semoga berhasil dan bisa merasakan manfaatnya, ya!

Jangan lupa juga manfaatkan aplikasi OttoPay. Aplikasi ini sangat pas untuk memfasilitasi pembayaran nontunai, berbelanja secara grosir, berjualan produk digital, atau mengajukan pinjaman modal usaha. Cukup dengan satu aplikasi, berbagai kebutuhan bisnis UMKM sudah bisa terpenuhi secara praktis.

Penasaran dengan aplikasinya? Langsung saja unduh di sini!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: