Internet 5G di Indonesia Sudah Tersedia, Ini Harga Paket Datanya

18 Januari 2023
Internet 5G di Indonesia

Sejak pertengahan tahun lalu, jaringan internet 5G dapat dinikmati di beberapa wilayah di Indonesia. Adapun provider yang pertama kali menyediakan akses untuk teknologi internet 5G di Indonesia ini adalah Telkomsel. Kini, jaringan internet 5G telah tersebar ke banyak kota dan telah tersedia untuk beberapa provider.

Apa itu jaringan internet 5G? Berapa harga paket data untuk akses jaringan ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Tentang Jaringan Internet 5G

Internet 5G di Indonesia
Sumber : Envato

Jaringan internet 5G adalah generasi ke 5 dari internet wireless. Teknologi internet terbaru ini diklaim memiliki layanan internet yang jauh lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya (1G, 2G, 3G, dan 4G). Dari segi kecepatan pengunduhan, unggahan, dan streaming, jaringan 5G 20x lebih cepat dibanding jaringan lainnya. Sementara itu, latensinya 10x lebih rendah.

Selain itu, internet 5G memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar. Jadi, mau main game, melakukan video call, download video, atau apa pun yang kamu lakukan, kualitas internet akan tetap stabil, bahkan ketika kamu berada di keramaian sekali pun.

Mengutip dari CNBC, berikut 9 kota di Indonesia yang sudah bisa mengakses layanan jaringan 5G:

  • Balikpapan
  • Bandung
  • Batam
  • Denpasar
  • Jabodetabek
  • Medan
  • Surabaya
  • Surakarta

Lebih lanjut, melansir Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 2 Tahun 2021, pemerintah sebenarnya telah mencanangkan pengembangan jaringan 5G di berbagai kota lainnya. Jadi, bukan hanya sembilan kota di atas, lima destinasi wisata super prioritas dan seluruh ibukota provinsi di Pulau Jawa pun menjadi target wilayah sebaran jaringan 5G.

Lima destinasi wisata super prioritas yang dimaksud dalam peraturan tersebut, antara lain:

  • Borobudur di Jawa Tengah
  • Danau Toba di Sumatera Utara
  • Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
  • Likupang di Sulawesi Utara
  • Mandalika di Nusa Tenggara Barat

Tahun 2024, pemerintah juga berencana memperluas jaringan internet 5G di Indonesia agar menjangkau ibu kota negara baru dan salah satu lokasi industri manufaktur.

Daftar Harga dan Syarat Menggunakan Koneksi Internet 5G di Indonesia

Pada tahun 2022 ini, sudah ada tiga operator provider yang mengantongi izin Kementerian Kominfo dalam pengoperasian jaringan internet 5G di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Telkomsel sudah meluncurkan layanan 5G ini sejak Mei 2021. Sedangkan, Indosat baru mengantongi izin laik operasional pada bulan Juni dan XL di bulan Agustus.

Berikut harga paket data jaringan internet 5G di Indonesia dari masing-masing operator provider tersebut:

Hyper 5G Telkomsel

Paket ini dibanderol dengan harga Rp20.000 untuk 10GB kuota 5G yang aktif selama 24 jam atau 1 hari. Paket Hyper 5G bisa dibeli oleh pelanggan PraBayar atau kartu Halo terpilih melalui UMB *363*56#.

Untuk dapat menikmati layanan 5G Telkomsel, kamu harus mengaktifkan profile 5G terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus punya paket kuota utama dan berada di area yang terjangkau jaringan 5G Telkomsel.

Paket Hyper ini juga bisa digunakan oleh pelanggan yang menggunakan kartu by.U dengan mengisi form permintaan layanan 5G Telkomsel terlebih dahulu.

5G Indosat Ooredoo Hutchison

5G Indosat Ooredoo Hutchison sudah menjangkau 5 kota di Indonesia, antara lain: Balikpapan, Jakarta, Surabaya, Surakarta, dan Makassar. Namun, dalam lima kota ini, jaringan 5G Indosat Ooredoo hanya bisa diakses di area tertentu saja.

Syarat untuk dapat menikmati layanan 5G ini cukup mudah. Pelanggan hanya perlu mengganti kartu SIM dengan tipe USIM. Pelanggan tidak perlu lagi melakukan aktivasi, asal menggunakan perangkat/device dan berada di area yang sudah mendukung layanan 5G Indosat Ooredoo Hutchison.

XL Axiata 5G

XL Axiata 5G tersedia untuk semua produk XLCO (kartu prabayar XL, AXIS, atau kartu pascabayar XL Prioritas). Paket yang tersedia adalah paket 25GB yang berlaku selama 1 hari dengan harga Rp0 (nol) dan tidak dapat diperpanjang otomatis.

Layanan ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan terpilih, dengan device yang sudah terdaftar di https://www.xlaxiata.co.id/id/5g. Selanjutnya, klaim paket internet 5G dari XL ini hanya bisa dilakukan di XL Center tertentu. Apabila kartu SIM telah men-support jaringan 4G LTE (USIM), pelanggan bisa langsung menggunakan jaringan 5G tanpa perlu mengganti atau melakukan aktivasi kartu.

Nah, demikian ulasan tentang harga paket internet 5G di Indonesia dan syarat penggunaannya. OttoPay menyediakan pulsa dan kuota berbagai operator dengan harga murah dan paket lengkap.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: