Begini Cara Kerja Virtual Account untuk Transaksi Lebih Mudah dan Praktis

29 Februari 2024

Beberapa tahun terakhir, bisnis e-commerce mengalami perkembangan yang sangat masif. Hal itu pun membuat sistem transaksi daring yang dipakai dalam bisnis e-commerce jadi lebih bervariasi. Salah satu pilihan transaksi yang cukup diminati adalah virtual account atau VA.

Cara kerja virtual account dinilai lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan metode transaksi lainnya. Bukan tanpa alasan, ini karena pelanggan tidak perlu lagi mendaftarkan nomor rekening tujuan dan memasukkan jumlah transaksi ketika melakukan pembayaran. 

Apa Itu Virtual Account dan Jenisnya?

cara kerja virtual account
Sumber : Pexels

Jadi, virtual account adalah suatu rekening bank tidak nyata atau virtual yang berupa deretan nomor ID untuk melakukan transaksi. Nomor tersebut umumnya dibuat lembaga perbankan yang menjadi pilihan perusahaan guna proses transaksi. 

Nantinya, untuk setiap transaksi yang berlangsung, pelanggan akan mendapatkan nomor ID untuk menyelesaikan transaksi. Setiap nomor ID tidak akan sama untuk setiap pelanggan, dan nomor ini juga bisa berubah pada transaksi yang lainnya. Secara garis besar, virtual account sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  1. Fixed VA

Pertama ada fixed VA, nomor yang ditentukan dari pelanggan itu sendiri. Contohnya, aplikasi dompet digital memakai nomor telepon pelanggan sebagai nomor ID. Jenis VA ini memudahkan para pelanggan untuk melakukan transaksi berulang kali guna melakukan isi ulang saldo tanpa perlu memasukkan ID yang berbeda pada setiap transaksinya. 

  1. Non-fixed VA

Kemudian, non-fixed VA, merupakan nomor ID yang biasanya hanya dapat dipakai untuk satu transaksi dan ditentukan secara acak. Contohnya, saat pelanggan hendak bertransaksi dengan metode VA pada marketplace, maka nomor ID yang didapat pelanggan tidak bisa dipakai lagi untuk membayar transaksi lainnya. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?

Sumber : Pexels

Sederhananya, cara kerja virtual account ini sesuai dengan penyedianya, bersifat relatif, dan lokasi pemasangan. Namun, umumnya, proses kerja dari VA mulai pembayaran awal hingga konfirmasi adalah sebagai berikut: 

  • Mulanya, akun virtual yang terpasang pada aplikasi akan memberikan kode transaksi yang unik.
  • Selanjutnya, pelanggan bisa mengakses layanan mobile Banking (m-Banking) dan memilih menu transaksi yang menerima akun virtual. 
  • Kemudian, pelanggan dapat menyalin dan menempel nomor kode tadi pada kolom yang tersedia. 

Lalu, tekan menu OK. Layar ponsel akan menampilkan berapa total nominal yang harus dibayarkan, biasanya tertera pula nama perusahaan atau marketplace tempat berbelanja. Jika sudah benar, pilih kembali menu Bayar dan masukkan nomor PIN m-Banking untuk transaksi. Selanjutnya, proses transaksi akan terkonfirmasi setelah beberapa saat. 

Beda VIrtual Account dengan Rekening Biasa

Sumber : Pexels

Meski telah menjadi salah satu metode transaksi yang populer, tak sedikit orang awam yang masih bingung terkait cara kerja virtual account dan apa perbedaan metode satu ini dengan transfer bank biasa. Sebenarnya, tidak sulit untuk mengetahui letak perbedaan kedua metode pembayaran ini.

Mudahnya, ketika menggunakan transfer bank biasa, pelanggan terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor rekening bank yang menjadi penerima atau tujuan. Selain itu, kamu juga harus menuliskan secara manual berapa jumlah yang harus kamu bayarkan. 

Kemudian, setelah melakukan pembayaran, kamu mungkin harus mengirim bukti transaksi sebagai syarat supaya pembayaran bisa terkonfirmasi. Caranya tentu dengan memfoto atau screenshoot struk m-Banking. Sementara itu, jika memilih melakukan pembayaran dengan akun virtual, kamu tidak harus melakukan konfirmasi transaksi. 

Mudahnya, kamu cukup menyalin dan menempel nomor ID akun virtual dan semua informasi tentang jumlah belanja serta tempat kamu melakukan transaksi sudah tercatat. Jadi, tidak perlu lagi menulis berapa nominal transaksi secara manual. Tentunya, cara ini dinilai lebih mudah dan praktis karena minim risiko terjadinya kesalahan penulisan nomor rekening bank tujuan atau nominal belanja. 

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Demikian tadi ulasan mengenai cara kerja virtual account dan perbedaannya dengan transfer bank biasa. Supaya bisnis lebih optimal, kamu bisa memanfaatkan Solusi Mitra Bisnis dari OttoPay. Tersedia layanan Payment Gateway, pembayaran online dengan berbagai pilihan metode untuk berbagai jenis bisnis, salah satunya adalah virtual account. 

Selain itu, OttoPay Bisnis juga menawarkan berbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Jadi, tunggu apa lagi, segera jadi mitra bisnis OttoPay sekarang dan dapatkan berbagai kemudahan dalam mengelola bisnis.

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: