Apa Itu Split Settlement? Lancarkan Bisnis Dengan Payment Gateway

22 Februari 2024

Split settlement merupakan layanan yang memungkinkan kamu menentukan penyelesaian pembayaran sesuai kebutuhan. Kehadiran layanan ini melancarkan setiap transaksi masuk ataupun keluar untuk keperluan bisnis. Tak hanya itu saja, split settlement juga memudahkan kamu memastikan operasional bisnis berjalan sebagaimana mestinya sehingga bisnis bisa berkembang lebih cepat. 

Apa Itu Split Settlement? 

Split Settlement
Sumber : Envato

Banyak bisnis masih mempertahankan banyak rekening bank untuk menerima dan menyelesaikan transaksi pembayaran. Ketika mendapatkan uang dari pelanggan, pemilik bisnis akan membaginya secara manual. Hal ini berisiko tinggi terhadap kesalahan pembagian dan memperberat kinerja operasional. 

Split settlement adalah fitur layanan untuk menentukan aturan penyelesaian pembayaran. Layanan ini merupakan solusi bagus bagi pebisnis yang ingin mengelola pembayaran kompleks, seperti waralaba, marketplace, platform, bisnis dengan banyak cabang, dan lainnya. Penyelesaian pembayaran terpisah mempermudah kamu melakukan kostumisasi membagi penerimaan dana langsung ke sejumlah rekening. 

Baca juga: Ingin Pakai Payment Gateway? Ini Fitur yang Dibutuhkan

Berbekal split settlement, pembayaran dari pelanggan akan masuk secara langsung ke akun masing-masing. Selain itu, layanan ini juga memudahkan pembayaran otomatis ke beberapa vendor, penjual, dan penyedia layanan lainnya dengan akurat. Penyelesaian yang dilakukan merchant utama dan vendor bisa dilakukan menggunakan file via email ke merchant utama atau mengunduh file settlement dari dashboard merchant

Pada konsumen, split settlement bisa digunakan untuk membayar barang atau jasa menggunakan sejumlah sumber pembayaran. Kemunculan layanan ini memudahan konsumen yang memiliki satu rekening atau bank dompet digital. Penerapan split settlement pada bisnis kamu akan memberikan kenyamanan pada konsumen karena mereka bisa memilih metode pembayaran sesuai kemampuan.

Contoh cara kerja split settlement: ketika berbelanja di beberapa toko, konsumen tak perlu melakukan pembayaran satu per satu. Konsumen bisa membayar satu kali dalam satu invoice saja. 

Nantinya, marketplace akan memanfaatkan fitur split settlement untuk menyalurkan dana ke penjual berbeda secara otomatis, sesuai dengan nominal belanja konsumen. Hal ini membantu pemilik marketplace menjaga pelanggan dan membuat penjual puas menjadi bagian dari marketplace.

Bisnis Makin Lancar Dengan Payment Gateway 

Split Settlement
Sumber : Envato

Mengingat pentingnya kelancaran pembayaran transaksi, kamu disarankan untuk menggunakan layanan payment gateway. Payment gateway adalah layanan bisnis yang disediakan penyedia layanan aplikasi e-niaga untuk mengotorisasi kartu kredit atau pemrosesan pembayaran langsung untuk bisnis elektronik, pengecer online, dan pelaku bisnis lainnya.

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Hampir semua penyedia layanan payment gateway telah menyediakan fitur split settlement yang terintegrasi sistem. Payment gateway juga menyediakan metode pembayaran transaksi terlengkap, mulai dari virtual account , kartu debit, kartu kredit, E-Wallet, hingga QRIS.

Tak hanya itu saja, payment gateway memungkinkan penjual yang tidak memiliki website dan hanya mengandalkan aplikasi chat untuk mendapatkan pembayaran dari pembeli. Kamu juga bisa mengirim dana sekaligus ke akun bank berbeda dengan cepat. Integrasi payment gateway tidak membutuhkan waktu lama. 

Supaya lebih paham, berikut keunggulan payment gateway.

  • Transaksi bisnis lebih praktis dan cepat.
  • Transaksi lebih fleksibel karena tersedia banyak metode pembayaran.
  • Membantu pebisnis mendapatkan laporan keuangan jelas. Data ini bisa dijadikan untuk analisis dan perbaikan bisnis.
  • Keamanan transaksi terjamin keamanannya.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen.

Demikianlah sekilas info mengenai split settlement yang bisa menambah pemahamanmu mengenai metode pembayaran untuk bisnis. Kamu juga bisa lho memanfaatkan fitur Flexible Settlement dari OttoPay.

Gunakan fitur tersebut untuk mengelola seluruh transaksi bisnismu. Kamu bisa mengirim uang ke partner bisnis secara otomatis dalam waktu relatif singkat. Kehadiran Fitur Flexible Settlement memastikan pembayaran transaksi bisnis akan dilakukan secara tepat waktu. Info selengkapnya kunjungi link ini, ya!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: