Mudah! Begini Cara Mencari Kredit Usaha yang Aman

28 Februari 2023
Dana Talangan OttoPay dan Bank Mandiri

Mencari kredit usaha yang aman kerap dilakukan oleh sebagian besar pebisnis. Hal yang wajar mengingat memulai usaha tentu membutuhkan modal yang tak sedikit. Tanpa modal, bisnis yang kamu rencanakan akan sulit terealisasi. Apabila membutuhkan modal bisnis dalam waktu relatif singkat, kamu bisa mencari kredit usaha yang aman. Modal pinjaman ini menjadi solusi untuk mengembangkan usaha. 

Di era modern, untuk meminjam modal usaha tak harus mendatangi kantor atau bank secara langsung. Kini, kredit usaha yang aman dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi maupun website. Meskipun demikian, kamu harus tetap waspada supaya tidak menjadi korban penipuan berkedok pinjaman modal usaha. 

Begini Cara Mencari Kredit Usaha yang Aman 

Mencari Kredit Usaha yang Aman
Sumber : Envato

Bagi kamu yang tengah mencari kredit usaha yang aman, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan. 

Memiliki Website Resmi 

Lakukan pengecekan terhadap lembaga keuangan yang hendak kamu pilih. Biasanya, lembaga keuangan yang terpercaya memiliki website resmi. Melalui website tersebut, kamu bisa mengecek layanan yang ditawarkan, reputasi, kualitas pelayanan, hingga rekam jejaknya. Namun, kamu harus ekstra teliti. Pastikan website tersebut masih aktif digunakan, bukan sekadar pajangan semata.

Catat seluruh informasi yang terdapat di website tersebut, termasuk alamat dan nomor kontak. Pelajari juga syarat dan ketentuan pinjaman. Kamu juga disarankan untuk membaca FAQ. Melalui FAQ, kamu bisa mendapat jawaban atas pertanyaan yang umum ditanyakan. Untuk menghindari penipuan, hindari memilih lembaga keuangan yang tidak memiliki kejelasan informasi. 

Menyediakan Informasi Lengkap 

Mencari kredit usaha yang aman memang membutuhkan ketelitian. Selain mengecek website, tak ada salahnya untuk mencari informasi lain melalui media sosial. Biasanya, lembaga kredibel memiliki media sosial sebagai media untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan. 

Agar lebih yakin bahwa lembaga tersebut kredibel, kamu bisa menggunakan fitur chat dengan Costumer Service. Tanyakan segala hal yang ingin kamu ketahui lebih jelas. Mulai dari suku bunga, plafon kredit, tenor kredit, syarat pengajuan, durasi pencairan, dan denda keterlambatan. Berbekal cara ini, kamu akan lebih mudah menentukan lembaga keuangan dan layanan paling tepat. 

Sudah Mengantongi Izin OJK 

Hal penting dalam mencari kredit usaha yang aman adalah izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga independen yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. OJK bertugas melindungi hak konsumen dengan memberikan informasi serta edukasi mengenai lembaga keuangan. 

Lembaga keuangan yang telah mengantongi izin OJK menandakan bahwa lembaga tersebut memiliki kredibilitas tinggi. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi kamu yang hendak mengajukan kredit. Ketika terjadi hal tidak diinginkan, kamu tidak akan dirugikan. 

Hal tak kalah penting lainnya sebelum mencari kredit usaha yang aman adalah memastikan tujuan pinjaman. Apakah untuk memulai usaha, menambah stok barang, mengembangkan bisnis, memperbesar gudang penyimpanan, atau menambah tenaga kerja. 

Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kebutuhan. Disarankan juga untuk menghitung jumlah dana kemudian membuat proyeksi pelunasan kredit. Apabila kurang memungkinkan, turunkan jumlah pinjaman. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko telat atau gagal bayar.

Apa pun yang menjadi pilihanmu, pastikan menyiapkan dokumen penting untuk mengajukan kredit. Masing-masing lembaga memiliki kebijakan mengenai persyaratan tersebut. Sebelum tanda tangan surat perjanjian kredit, baca seluruh syarat dan ketentuan. Jangan ragu bertanya apabila terdapat hal yang belum dipahami. 

Demikianlah tips mudah mencari kredit usaha yang aman. Apabila kamu membutuhkan pinjaman untuk modal bisnis, OttoPay bekerjasama dengan Bank Mandiri menyediakan layanan Dana Talangan hingga 25 juta. Layanan ini memungkinkan kamu meminjam dana dengan tenor pendek, mulai dari 14 hingga 30 hari. Berbeda dengan lembaga lainnya, proses pengajuan Dana Talangan tergolong cepat. 

Lantaran bekerja sama dengan Bank Mandiri, kamu tak perlu khawatir mengenai keamanannya. Nah, apa lagi yang kamu tunggu?

Ayo, segera hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: