Wajib Tahu! Ini Perbedaan Modal Usaha Vs Pinjaman Online

28 Februari 2023
Modal usaha dan pinjaman online

Keberadaan layanan pinjaman modal usaha vs pinjaman online menjadi angin segar bagi pebisnis baru. Berbekal layanan yang tersedia, kamu bisa mendapatkan bantuan modal usaha dalam waktu relatif cepat. Namun, perlu diingat bahwa kebijakan setiap layanan berbeda sehingga kamu harus lebih teliti sebelum menandatangani perjanjian kredit.

Modal Usaha Vs Pinjaman Online, Pilih Mana? 

Modal Usaha Vs Pinjaman Online
Sumber : Envato

Kendati memiliki kegunaan yang sama, terdapat perbedaan di antara kedua layanan tersebut. Supaya kamu lebih paham dan tak salah pilih, berikut perbedaan modal usaha vs pinjaman online.

Persyaratan 

Persyaratan dokumen untuk mengajukan pinjaman modal usaha vs pinjaman online memang terbilang banyak. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu merupakan debitur potensial yang mampu mengembalikan dana pinjaman sesuai kesepakatan. Persyaratan umum yang kerap diajukan oleh pihak bank untuk modal usaha, meliputi data diri, foto KTP-el, foto diri dengan KTP-el, nomor rekening tabungan, email aktif, dan foto NPWP.

Tak jauh berbeda dengan modal usaha, pinjaman online juga menyertakan sejumlah syarat yang harus kamu penuhi. Syarat tersebut hampir sama dengan pinjaman modal usaha. Namun, kamu juga harus menyertakan nomor kontak darurat yang akan dihubungi ketika terjadi masalah pada pembayaran. 

Proses Pengajuan 

Proses pengajuan modal usaha vs pinjaman online biasanya menghabiskan waktu relatif singkat. Sebagai contoh: Untuk meminjam Dana Talangan dari Bank Mandiri, kamu harus terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri terlebih dahulu dan telah berusia 21 tahun. Supaya proses pengajuan lancar, pastikan kamu tidak memiliki pinjaman yang tidak lancar di tempat lain. Pasalnya, pihak bank akan melakukan proses pengecekan SLIK OJK untuk memastikan bahwa kamu layak mendapatkan pinjaman. Proses pengajuan kredit menghabiskan waktu sekitar 3 hari.

Pinjaman online memiliki durasi pengajuan yang bervariasi. Ada yang hanya menghabiskan waktu 1 jam, 1 hari, 3 hari, maupun seminggu. Hampir serupa dengan pengajuan modal usaha, pengajuan pinjaman online juga cukup rumit karena harus mengecek dokumen dan SLIK OJK.

Durasi Pencairan 

Pencairan modal usaha akan segera dilakukan setelah pengajuan diterima. Aplikasi pinjaman online menawarkan durasi pencairan yang lebih cepat dibandingkan modal usaha, hanya dalam hitungan jam saja. Sebagai contoh: Setelah melalui proses verifikasi data selama 3 hari, pengajuan Dana Talangan kamu diterima. Dana tersebut akan dikirimkan ke nomor rekening yang tercantum setelah kamu menandatangani perjanjian pinjaman. 

Ketika kamu meminjam kredit melalui aplikasi pinjaman online, mungkin saja dana tersebut cair dalam waktu relatif singkat. Namun, alangkah bijak apabila kamu tidak tergiur dengan hal tersebut sebelum mempertimbangkan bunga pinjaman, tenor pinjaman, dan keamanan. 

Bunga Pinjaman 

Modal usaha vs pinjaman online menerapkan bunga pinjaman yang berbeda. Modal usaha, seperti Dana Talangan menerapkan bunga Rp1.000 per hari untuk nominal pinjaman Rp1 juta berlaku kelipatan. Dibandingkan modal usaha, bunga pinjaman online dipatok lebih besar mulai dari 0.3% sampai 0.46% per hari dari nominal pinjaman. Makin besar bunga, makin besar pula pinjaman yang harus kamu kembalikan nantinya. 

Keamanan 

Modal usaha vs pinjaman online menawarkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi. Modal usaha biasanya berada di bawah naungan bank yang terjamin keamanannya. Berbeda dengan modal usaha, tidak semua pinjaman online aman. Pasalnya, masih banyak pinjaman online yang belum terdaftar OJK. Apabila meminjam uang melalui aplikasi ilegal, kamu akan mendapatkan banyak kerugian. Tidak hanya bunga yang sangat tinggi, melainkan juga risiko penyebaran data yang dilakukan oleh pihak kreditur.

Demikianlah sejumlah perbedaan antara modal usaha vs pinjaman online yang perlu diketahui. Kalau kamu memerlukan tambahan modal, jangan ragu menggunakan layanan Dana Talangan dari OttoPay. Nikmati kemudahan pinjaman modal dengan bunga serta biaya transaksi jelas dan bebas jebakan, seperti pinjol. Pengajuan mudah dan cepat, cukup melalui aplikasi. Tertarik mencoba? Yuk, hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: