Langkah Membuat Website Bisnis Online untuk Pemula

27 Februari 2024

website bisnis online
Sumber : Pixabay

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku tentang bagaimana cara membuat website bisnis online. Namun, yang terpenting kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan website-mu. Dengan begitu, kamu tahu elemen apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam website bisnis.Kita ambil contoh toko online yang menjual alat tulis, tentu membutuhkan tampilan situs yang berbeda dengan firma arsitektur. Kamu perlu menentukan apakah produkmu hanya bisa didapatkan secara offline ataukah kamu berniat menjualnya secara online. Ini menentukan bagaimana penampilan situsmu nantinya.Ketika kamu sudah paham apa tujuanmu, kamu bisa mencari tahu langkah lanjutan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat situsmu. Simak selengkapnya dalam artikel ini!Baca juga: 12 Jenis Pembayaran Non Tunai yang Perlu Diketahui

Pilih Platform Anda

Untuk kamu yang tidak punya pengetahuan coding, menggunakan platform khusus sangat direkomendasikan. Ada 2 opsi yang bisa kamu pilih:

  • Menggunakan WordPress. WordPress.org bisa jadi pilihan terbaik karena memberimu kontrol yang lebih besar terhadap situs yang akan dibuat.
  • Website builder. Jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan website builder seperti Wix atau Squarespace. Keduanya sangat mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Pilih Domainmu

Nama domain idealnya harus selaras dengan nama bisnismu. Kalau kamu tidak tahu nama apa yang harus dipilih, kamu bisa menggunakan generator online seperti DomainWheel. Beberapa pertimbangan yang perlu kamu perhatikan saat memilih nama domain antara lain adalah:

  • Pastikan namanya mudah dieja
  • Buat nama yang pendek
  • Masukkan kata kunci yang relevan dengan bisnismu.

Temukan Hosting Provider yang Cocok

Jika kamu memilih membuat website dengan menggunakan website builder, kamu bisa melewatkan step ini. Namun, kalau kamu menggunakan WordPress, kamu membutuhkan hosting untuk menyimpan data website-mu. Beberapa pertimbangan sebelum memilih hosting antara lain:

  • Memiliki customer service 24 jam yang sigap membantu semua masalahmu
  • Memberikan sertifikasi SSL gratis
  • Memberikan biaya domain gratis selama setahun pertama
  • Memiliki dasbor yang user-friendly
  • Dilengkapi dengan fitur optimasi WordPress

Install Software WordPress

Langkah ini juga bisa kamu lewatkan jika kamu memilih menggunakan website builder. Jika pilihanmu jatuh kepada WordPress dan perusahaan hosting, kamu perlu menginstal perangkat lunak untuk menggunakan CMS (Content Management System).

Pilih Tema

WordPress maupun Squarespace menawarkan banyak sekali template dan tema yang bisa dikustomasi dengan mudah. Ada banyak yang gratis juga untuk digunakan. Di WordPress, kamu bisa mengakses tema gratis dengan menavigasi menu Appearance > Themes.Setelah kamu menginstal dan mengaktifkan tema yang sudah kamu pilih, kamu bisa melakukan penyesuaian. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli tema khusus bisnis di WordPress Premium. Fiturnya biasanya lebih lengkap dan cocok untuk bisnis.

Install Plugin dan Extension 

Plugin (di WordPress) dan ekstensi atau extension (di Squarespace dan website builder lainnya) bisa menambahkan fitur baru ke situsmu. Tanpa tools ini, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk memaksimalkan website bisnismu.Kamu bisa menelusuri ekstensi di Squarespace di library-nya. Di WordPress, kamu memiliki akses ke hampir 60.000 plugin yang akan memudahkanmu dalam membangun website.

Tambahkan Konten

Setelah website selesai dikustomasi, kamu mungkin ingin segera menambahkan konten ke dalamnya. Sebelum memasukkan konten, pastikan kamu memiliki struktur yang bagus untuk website-mu. Biasanya website bisnis memiliki beberapa halaman seperti:

  • Homepage atau halaman utama
  • Halaman berisi informasi terkait produk, layanan atau portofolio
  • Halaman ‘About’ berisi informasi tentang bisnis dan tim kamu
  • Halaman kontak
  • Blog. Blog biasanya berisi artikel atau konten yang sangat penting sebagai alat pemasaran.

Optimisasi Website dengan SEO

Setelah semua konten tersedia secara online, kamu perlu memastikan bahwa situsmu bisa ditemukan. Salah satu strategi yang bisa kamu gunakan adalah dengan SEO (Search Engine Optimization). Strategi ini terdiri dari berbagai praktik yang akan membuat visibilitas situsmu di mesin pencarian meningkat.Baca Juga: 4 Jenis Modus Kejahatan Online yang Alus Banget!

Publikasikan Situs Anda

Kalau kamu sudah merasa situsmu siap mengudara, kamu bisa langsung mempublikasikannya. Kebanyakan website builder memungkinkanmu untuk mem-private situs selama proses pembuatan. Adapun dengan WordPress, situs akan langsung bisa diakses begitu kamu menginstal software di akun hosting-mu.Setelah membangun website bisnis yang mumpuni, jangan lupa lengkapi bisnismu dengan sistem pembayaran yang mumpuni. OttoPay Payment Gateway siap jadi mitramu dalam mengembangkan usaha. Cek layanan kami selengkapnya di sini!

Fadianto Pudan

Fadianto Pudan

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: