QRIS Gagal Scan, Apa Penyebabnya? Begini Solusinya!

27 Februari 2024

Tak dapat dimungkiri bahwa QRIS gagal scan kadang membuat orang menjadi panik, padahal sebenarnya hal ini lumrah terjadi. Meskipun demikian, kegagalan scan QRIS bisa menyebabkan transaksi kamu tidak diproses oleh penjual atau merchant. Ketika hal ini terjadi, kamu harus mengetahui penyebabnya untuk menemukan solusi paling tepat.

QRIS sendiri merupakan metode pembayaran yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi pembayaran melalui kode QR terintegrasi. Artinya cukup dengan memiliki satu akun rekening di bank atau akun penyelenggara QRIS, kamu bisa bertransaksi di mana saja.

QRIS Gagal Scan, Apa Penyebabnya? Kamu Perlu Tahu Solusinya! 

gagal scan qris
Sumber : Pexels

Kehadiran QRIS membuat kamu tak perlu lagi repot membawa banyak uang tunai dan bisa bepergian maupun bertransaksi lebih aman tanpa rasa cemas. Namun, terkadang terjadi kendala yang tak diharapkan saat bertransaksi. Salah satunya kegagalan scan kode QR. Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut? Bagaimana solusinya? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Pembayaran dari Mana Saja yang Bisa Diterima QRIS?

Koneksi Internet Tidak Stabil 

Untuk menggunakan aplikasi QR scanner dibutuhkan koneksi internet, baik WiFi maupun kuota data. Terkadang ketika kamu berada di kawasan susah sinyal atau di dalam ruangan, QR scanner tidak berfungsi secara maksimal. Alhasil, proses pemindaian kode QR akan mengalami kegagalan.

Solusinya, pastikan koneksi internet yang digunakan memadai. Ketika pemindaian gagal, cobalah untuk menonaktifkan data selama beberapa saat kemudian nyalakan kembali. Apabila sinyal normal, masuk ke akun bank atau dompet digital untuk melakukan pemindaian kode QR ulang. Biasanya cara ini cukup efektif dan bisa kamu coba.

Adanya Masalah Pada Kamera 

Mengingat pemindaian QRIS membutuhkan alat berupa kamera ponsel, kamu harus memastikan bahwa perangkat tersebut berfungsi normal. Kerusakan pada kamera ponsel atau software yang tidak update bisa berdampak pada kegagalan scan QRIS. Selain itu, tidak semua QR scanner mendukung format atau jenis kode tertentu. 

Solusinya, cek spesifikasi ponsel kemudian lakukan update perangkat (apabila diperlukan). Instal QR scanner yang mendukung seluruh format kode QR. Jika tetap gagal, artinya kamu harus mengganti perangkat. 

Saldo Kurang

QRIS gagal scan juga bisa disebabkan saldo kurang. Kekurangan saldo akan membuat kamu tidak bisa melanjutkan proses pembayaran. Solusinya, lakukan top up dompet digital atau isi saldo bank kamu lebih dulu. Supaya tidak terjadi hal serupa, ada baiknya untuk melakukan pengecekan saldo secara berkala. 

Baca juga: Sudah Paham Apa Itu QRIS? Kalau Belum, Cek Artikel Ini, Yuk!

Kerusakan Pada Kode QRIS Statis 

Sebagaimana diketahui QRIS Customer Presented Mode (CPM) terbagi dua jenis, yakni dinamis dan statis. Metode CPM dinamis lebih minim risiko gagal scan karena kode QR akan dicetak setiap kali melakukan transaksi. Lain halnya dengan CPM statis yang menggunakan print out atau stiker kode QRIS untuk seluruh transaksi.

Apabila kode QRIS statis tidak dicetak menggunakan kualitas baik atau terdapat kesalahan selama pembuatannya, scanner QR berisiko gagal memindai kode secara akurat. Solusinya, pastikan bahwa kode QRIS statis dicetak dengan resolusi tinggi dengan bahan yang tidak mudah rusak.

QR QRIS Merchant Sudah Expired 

Berbeda dengan kode QRIS CPM statis yang dapat digunakan berkali-kali tanpa batasan waktu, kode QRIS CPM dinamis hanya memiliki masa pakai selama 48 jam. Setelah 48 jam, kode tersebut sudah tidak berlaku. Solusinya kamu harus meminta kode QRIS yang baru dan pastikan pembayaran segera dilakukan untuk mencegah kegagalan berulang.

Demikianlah informasi singkat yang bisa menambah pengetahuanmu mengenai penyebab QRIS gagal scan dan solusinya. Kamu bisa memanfaatkan QRIS untuk bisnis dengan mencoba layanan Solusi Pembayaran QRIS dari OttoPay. 

OttoPay telah mengantongi lisensi Bank Indonesia, tersertifikasi PCI DSS, serta tercatat sebagai anggota ASPI dan Fintech. Kehadiran Solusi Pembayaran QRIS dari OttoPay membuat transaksi bisnis jadi lebih lancar dan aman. Asyiknya, H+1 setelah pendaftaran sudah bisa digunakan lho! Tunggu apa lagi? Ayo, pakai QRIS dari OttoPay!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: