Sudah Paham Apa Itu QRIS? Kalau Belum, Cek Artikel Ini, Yuk!

4 Mei 2023
Apa Itu QRIS

Sudah tahu apa itu QRIS? QRIS (dibaca kris) merupakan salah satu metode pembayaran yang beberapa tahun  belakangan ini semakin populer. Nah, kalau kamu masih belum punya gambaran mengenai apa yang dimaksud dengan QRIS, informasi berikut bakal membantumu untuk mengenal QRIS dan berbagai manfaat yang diberikan.

Apa Itu QRIS
Sumber : Envato

Apa Itu QRIS?

Saat ini sudah banyak metode pembayaran cashless berupa aplikasi yang digunakan masyarakat. Cara penggunaan aplikasi-aplikasi pembayaran itu pun tergolong mudah. Cukup dengan memindai QR code, transaksi pun bisa lunas dengan segera. 

Nah, QRIS ini ada kaitannya dengan QR code dan pembayaran cashless.

Jadi, apa itu QRIS? QRIS, yang merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, adalah sistem pembayaran nontunai yang diberlakukan sebagai standardisasi QR code di Indonesia. QR code terstandar ini dibuat untuk menjembatani penggunaan beragam aplikasi penyedia jasa pembayaran nontunai.

QRIS sendiri merupakan sebuah sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dan mulai diterapkan secara masif pada 2020. 

Sesuai dengan namanya, wujud dari QRIS ini adalah sebuah QR code yang bisa di-scan menggunakan aplikasi pembayaran (misalnya e-Wallet dan mobile banking app).

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan QRIS untuk Usaha Rumahan?

Tujuan Dibuatnya QRIS 

Sebelum ada QRIS, perlu e-Wallet yang sama dengan merchant jika kamu ingin melakukan pembayaran secara cashless

Dengan konsep ini, jika kamu menggunakan aplikasi e-Wallet A sedangkan merchant menggunakan aplikasi e-Wallet B, maka transaksi cashless tidak bisa dilakukan. 

Nah, Bank Indonesia membuat QRIS untuk mengatasi permasalahan ini. QRIS dibuat sebagai standar dari QR code untuk transaksi cashless di Indonesia. Tujuannya agar merchant hanya perlu satu QR code untuk menerima pembayaran dari beragam aplikasi pembayaran yang dimiliki customer.

Manfaat QRIS untuk Merchant

Selain mengetahui apa itu QRIS dan tujuannya, kita perlu tahu juga manfaat-manfaat yang bisa diperoleh merchant jika mereka menggunakan sistem pembayaran ini.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan merchant dengan menggunakan QRIS adalah:

1. Mempermudah sistem transaksi

Merchant tidak lagi perlu menyediakan berbagai QR code berbeda untuk mengakomodasi beragam aplikasi pembayaran yang digunakan oleh customer. Dengan QRIS, merchant hanya perlu menyediakan satu QR code saja.

2. Meminimalkan risiko uang palsu

Selain mempermudah transaksi, penggunaan QRIS bisa membantu meminimalkan risiko penerimaan uang palsu. Dengan demikian, kerugian bisnis karena uang palsu bisa ditekan.

3. Bisa mengetahui riwayat transaksi dengan mudah

Kamu bisa mengelola riwayat transaksi dengan lebih mudah jika menggunakan QRIS. Pasalnya, semua transaksi terekam secara digital sehingga kamu tidak perlu membuat laporan transaksi lagi dari nol.

Baca juga: 6 Tips Transaksi Aman Menggunakan QRIS

Manfaat QRIS bagi Konsumen 

Apa saja manfaat QRIS untuk konsumen/customer? Berikut daftarnya.

1. Kamu bebas menggunakan aplikasi pembayaran apa saja

Selama aplikasi pembayaran bisa digunakan untuk melakukan pemindaian QRIS, kamu bisa menggunakan aplikasi pembayaran apa saja ketika berbelanja di sebuah merchant. Dengan demikian, kamu memiliki kebebasan memilih aplikasi pembayaran favoritmu. 

2. Proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis

Kamu hanya perlu scan QRIS untuk melakukan pembayaran. Tidak perlu lagi mencari uang dalam dompet atau saku, menghitungnya, dan menunggu kembalian! Dengan QRIS, pembayaran bisa dilakukan cukup dengan scan QR code.

Cara Menggunakan QRIS

Setelah tahu apa itu QRIS dan manfaat-manfaatnya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan QRIS. 

Menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran ternyata sangat mudah, lho. Berikut step-by-stepnya.

  1. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan jaringan internetmu aktif dan saldo e-Wallet atau aplikasi pembayaran yang akan kamu gunakan mencukupi.
  2. Kunjungi kasir merchant. Lalu, sampaikan kepada kasir bahwa kamu akan melakukan pembayaran cashless dengan QRIS. 
  3. Buka aplikasi pembayaran, lalu pilih ikon scan QRIS. 
  4. Lakukan pemindaian (scanning) QR Code QRIS. 
  5. Masukan nominal belanja dan verifikasi pembayaran dengan memasukkan PIN transaksi. 
  6. Terakhir, klik ‘Bayar’.

Gampang, bukan? Supaya kamu jadi tahu bagaimana menggunakan QRIS, akan lebih baik untuk mempraktikkannya langsung. Tidak perlu takut, pembayaran dengan QRIS dijamin aman, kok!

Mau coba pakai QRIS, tapi belum pernah menggunakan aplikasi pembayaran? Kamu bisa coba pakai OttoPay untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, lho!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: