3 Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan, Jangan Sampai Menyesal!

15 Mei 2023
Pentingnya Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah hal mewah yang menjadi kebutuhan dasar setiap orang untuk tetap dapat hidup layak. Karena itu, menjaga kesehatan jadi kewajiban yang tidak terelakkan.

Selain melakukan dan menjaga pola hidup yang sehat, mempunyai asuransi kesehatan juga tidak kalah penting. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh pentingnya asuransi kesehatan meski sudah banyak contoh yang jadi alasan kuat mengapa penting mempunyai jaminan yang satu ini.

Alasan di Balik Pentingnya Asuransi Kesehatan

Pentingnya Asuransi Kesehatan
Sumber : Envato

Kebanyakan orang memilih tidak menggunakan asuransi kesehatan adalah karena preminya yang mahal dan merasa buang-buang uang jika tidak digunakan. Padahal, gangguan kesehatan bisa datang kapan saja tanpa pertanda, bukan?

Di samping itu, ada beberapa alasan kuat mengapa pentingnya asuransi kesehatan terutama di zaman sekarang seperti berikut.

1. Biaya Pengobatan Terus Meningkat 

Kamu bisa memperhatikan berapa biaya hanya untuk konsultasi saja. Rerata, biaya konsultasi dokter umum mulai dari Rp50 ribu hingga Rp300 ribu, sedangkan spesialis mulai Rp150 ribu hingga Rp500 ribu. Tentu saja, biaya tersebut disesuaikan dengan daerah dan fasilitas kesehatannya. 

Tidak berhenti di situ, kamu juga perlu menebus obat. Dalam beberapa kasus, kamu akan diminta melakukan pemeriksaan lanjutan seperti di laboratorium yang membuatmu merogoh kantong lebih dalam.

Melansir dari Kompas, pertumbuhan biaya kesehatan di seluruh negara selama dua puluh tahun terakhir lebih besar dibandingkan pertumbuhan ekonomi. Beberapa kondisi seperti pandemi global kemarin misalnya, juga membuat beberapa biaya terkait kebutuhan medis melonjak signifikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

2. Menjaga Kondisi Finansial Diri dan Orang Tersayang 

Pada dasarnya, asuransi adalah salah satu cara untuk menjaga aset atau kekayaan yang kamu miliki. Pun demikian dengan asuransi kesehatan, di tengah biaya yang terus meningkat, adanya jaminan ini akan membuat kondisi keuanganmu tidak terlalu terdampak.

Seperti contoh, A mengalami peradangan usus buntu akut. Kondisi ini tentu sudah terakumulasi sejak lama, tetapi biasanya saat sudah sakit tak tertahankan dan datang secara tiba-tiba, kondisi tersebut mengharuskan pasien segera operasi. Jika tidak, lebih banyak risiko ke depannya.

Biaya operasi usus buntu di Indonesia mencapai puluhan juta. Angka ini tidak sedikit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Terbayang, bukan, jika kamu tidak memiliki dana sedemikian besar? Harus ada aset yang dijual, membuat pinjaman, dan lain sebagainya. Padahal dengan adanya asuransi, kamu bisa bahkan tidak membayar sepeser pun.

3. Membuat Hati dan Tenang (H3)

Pentingnya asuransi kesehatan pada akhirnya adalah untuk membuat hati lebih tenang. Kamu tak perlu mengkhawatirkan tabungan, aset, dan kondisi finansial jika tiba-tiba mengalami penyakit—apalagi yang memerlukan pengobatan jangka panjang.

Selain itu, bagi pasien sendiri, salah satu hal yang membuat proses penyembuhan sulit adalah karena pikiran yang terbebani soal biaya pengobatan (khususnya jika pasien adalah tulang punggung keluarga). Selain harus berjuang kembali sembuh, pasien tanpa asuransi masih harus dibebani dengan pikiran bagaimana melunasi seluruh biaya pengobatan tersebut. 

Cara Pilih Asuransi Kesehatan 

Jangan khawatir soal premi asuransi kesehatan yang harus kamu bayarkan. Kamu toh punya banyak pilihan produk yang bisa digunakan. Pun tak perlu merasa “sia-sa” jika telah membayar ternyata tidak digunakan (meski kamu pun tak pernah tahu apakah sepanjang hidup tidak akan pernah sakit sama sekali). 

Artinya, kamu bisa menikmati hidup dengan sehat, bukan? Ibarat pepatah, sedia payung sebelum hujan—lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal setelah kejadian.

Nah, kembali lagi. Jadi, bagaimana cara memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai?

  1. Perhatikan kredibilitas dan track record perusahaan penyedia asuransi.
  2. Perhatikan detail layanan dan fasilitas yang ditawarkan.
  3. Perhatikan rekanan rumah sakit dan klinik produk asuransi tersebut.
  4. Perhatikan besarnya biaya premi dan cara pembayarannya.
  5. Perhatikan risiko dan kebijakan perusahaan asuransi apabila ada keterlambatan pembayaran premi bulanan.

Kalau masih bingung pilih yang mana, setidaknya mulailah dengan BPJS Kesehatan yang ditawarkan (bahkan diwajibkan) oleh pemerintah. Preminya yang cukup terjangkau (hingga kini nomial iuran tertinggi per bulan adalah Rp150 ribu untuk kelas 1) memberi banyak layanan dan fasilitas yang bahkan tidak ditawarkan asuransi swasta.

Baca Juga: BPJS: Wajib dan Perlu

BPJS Kesehatan menawarkan layanan rawat jalan dan rawat inap serta klaim kacamata. Selain itu, kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu juga masih bisa ditanggung oleh BPJS jika memerlukan pengobatan berikutnya. Mitra rumah sakit dan klinik BPJS Kesehatan pun cukup luas di seluruh Indonesia.

Jadi, sudah tahu, kan, pentingnya asuransi kesehatan apalagi di zaman sekarang? Yuk, lindungi diri dan keluarga untuk kesehatan dan kehidupan yang layak dengan asuransi mulai saja dulu dengan BPJS! 

Untuk pembayaran iuran BPJS sendiri, kamu bisa melakukannya di Ottopay. Proses dan cara bayar tagihan BPJS di Ottopay dijamin mudah, biayanya bersaing, dan selalu ada cashback yang menunggu! 

Yuk, instal OttoPay sekarang untuk bayar berbagai kebutuhan!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: