Raih Untung Berlipat Lewat Jasa Top Up E-Wallet

15 Mei 2023
Top Up E-Wallet

Perkembangan teknologi membuat berbagai hal di sekitar kita jadi lebih mudah. Jika dahulu saat berbelanja kamu harus membawa dompet, sekarang berbagai transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan dompet digital atau e-wallet. Hanya dengan top up e-wallet saja, kamu bahkan bisa melakukan berbagai transaksi, baik itu yang sifatnya pembelian online maupun pembelian langsung di toko fisik.

Bagi para pengusaha produk elektronik, jasa top up e-wallet tentu akan menjadi ladang yang menggiurkan untuk menambah omzet. Yuk, simak lebih jauh mengenai e-wallet dan cara menyediakan jasa top up e-wallet!

Sumber: Freepik

Baca Juga: 5 Cara Jualan Voucher Game Online agar Cepat Laku

Perkembangan Penggunaan E-Wallet di Indonesia

Dompet digital telah mengalami sejumlah evolusi bertahap seiring dengan perkembangan teknologi. E-wallet sendiri muncul pertama kali di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Meski begitu, e-wallet baru dikenal secara luas pada akhir tahun 2000-an. DOKU Wallet adalah e-wallet pertama di Indonesia yang mulai menyediakan layanan sejak tahun 2007.

Sejak saat itu, pengguna e-wallet tumbuh semakin pesat. Selain karena tingkat penetrasi internet yang semakin meluas, munculnya perusahaan-perusahaan e-wallet baru secara otomatis membuat penggunanya semakin banyak.

Berdasarkan survei dari DailySocial, sebanyak 9 dari 10 pengguna internet yang berumur antara 25-35 tahun adalah pengguna e-wallet aktif. Jumlah pengguna e-wallet mengalami kenaikan yang signifikan saat pandemi. Angka kenaikan tercatat lebih dari 300% sejak awal tahun 2021.

Tidak hanya itu, keberadaan e-wallet juga turut meningkatkan transaksi keuangan digital. Menurut laporan dari Bank Indonesia, pertumbuhan transaksi dengan menggunakan uang elektronik naik sebesar 42,06% selama year on year (yoy) pada 3 bulan pertama tahun 2022. BI memprediksi nilai transaksi akan meningkat sebanyak 18,03% yoy lagi sepanjang tahun 2022 menjadi Rp360 triliun.

Contoh E-Wallet di Indonesia

Saat ini semakin banyak perusahaan penyedia jasa e-wallet di pasaran. Menurut data resmi dari Bank Indonesia, ada 39 brand e-wallet yang sudah terdata dan mendapatkan lisensi. Beberapa di antaranya adalah:

  • GoPay. GoPay merupakan dompet digital yang diterbitkan oleh GoJek. Selain bisa membayar transaksi untuk layanan GoJek, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian di e-commerce maupun merchant fisik
  • OVO. Sudah terafiliasi dengan Grab, dompet digital OVO menyediakan beragam layanan termasuk investasi hingga tarik tunai dan transfer langsung ke bank
  • DANA. Berdiri sejak tahun 2018, DANA sudah beroperasi dengan 4 lisensi. Selain menyediakan layanan e-wallet, DANA juga memiliki lisensi kirim uang, uang elektronik dan LKD (Likuiditas Keuangan Digital)
  • ShopeePay. Dompet digital yang dikeluarkan oleh e-commerce Shopee ini dapat dipakai untuk membayar berbagai transaksi dalam aplikasi Shopee hingga berbelanja di toko fisik
  • OttoCash. OttoCash adalah dompet digital dari OttoPay yang siap membantu kamu melakukan pembayaran transaksi di berbagai merchant yang menggunakan QRIS. Kamu juga bisa melakukan transfer ke sesama akun dan melakukan tarik tunai (di kantor OttoCash).

Manfaat dan Cara Sediakan Jasa Top Up E-Wallet

Untuk kamu yang membuka usaha penjualan produk digital seperti pengisian pulsa, token listrik, pembayaran tagihan dan produk digital lain, kamu juga perlu menyediakan layanan top up. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  • Meningkatkan omzet usaha dan tentu saja memaksimalkan keuntungan
  • Menambah jenis produk yang kamu jual
  • Menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan semakin banyak layanan, akan lebih banyak konsumen yang menggunakan jasamu.

Baca Juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Lalu, bagaimana cara menyediakan jasa top up e-wallet? Tentu saja dengan bergabung jadi mitra OttoPay. Selain menyediakan beragam solusi pembayaran untuk bisnis, OttoPay juga siap menjadi mitramu dalam menjual berbagai produk digital termasuk pulsa, voucher game, token listrik, pembayaran tagihan dan tentu saja top up e-wallet.

Install langsung aplikasinya sekarang, kamu bisa langsung jualan beragam produk digital. Praktis dan sudah pasti cuan!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: