Ini Dia 7 Metode Pembayaran yang Paling Diminati di Indonesia

27 Februari 2024
Sumber : Pexels

Sejak mengenal jual beli, metode pembayaran yang digunakan di dunia termasuk Indonesia semakin beragam. Beberapa tahun terakhir, pembayaran digital semakin diminati oleh masyarakat karena kemudahan yang ditawarkan. 

Semakin banyaknya bisnis yang go digital juga membuat konsumen terbiasa melakukan pembayaran dengan metode digital alih-alih menggunakan uang tunai. Lantas, apa saja metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini? Simak 7 di antaranya berikut ini!

Baca Juga: Ini Ciri Bisnis yang Perlu Menggunakan Mesin EDC

  1. Transfer Bank

Sistem pembayaran online pertama yang paling banyak dipakai adalah transfer bank. Metode ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara yang paling mudah yakni lewat teller bank dan mesin ATM hingga lewat mobile banking dan internet banking dengan modal ponsel pintar.

Transfer bank merupakan metode pembayaran online lama yang masih digunakan sampai saat ini. Selain mudah, transfer bank juga aman dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

  1. E-Wallet

Semakin banyaknya pengguna smartphone membuat popularitas e-wallet atau dompet digital meningkat pesat. Tidak hanya pebisnis online dan platform e-commerce, toko offline juga kini menerima pembayaran dengan menggunakan e-wallet

Penggunaan e-wallet dinilai memudahkan karena pengguna hanya perlu memindai kode dengan ponsel mereka. E-wallet juga meminimalisasi peredaran uang palsu karena keamanannya sulit dibobol.

  1. Kartu Kredit

Pembayaran online dengan menggunakan kartu kredit juga dinilai aman karena penerbit biasanya sudah melengkapi produk kartu kredit mereka dengan proteksi seperti On-Us Routing, Fraud Guard dan Dynamics 3DS. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi di dalam maupun di luar negeri.

Saat ini, hampir semua merchant baik offline maupun online yang menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit. Tak heran jika jumlah penggunanya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

  1. Rekber

Penggunaan rekening bersama sebagai salah satu metode pembayaran semakin populer seiring dengan semakin populernya sistem belanja online. Rekber digunakan dengan tujuan melindungi pembeli dan penjual di e-commerce dari penipuan transaksi.

Cara kerja rekber adalah dengan menggunakan pihak ketiga yang bertugas menahan dana transaksi sampai aktivitas jual beli diselesaikan. Artinya, pembeli harus menerima barang yang dibeli terlebih dahulu dan melakukan konfirmasi, barulah dana dapat diteruskan penjual.

  1. Kredit Tanpa Kartu

Kredit tanpa kartu lebih dikenal dengan istilah pay later. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menggunakan metode pembayaran ini dengan cara membeli barang yang kamu inginkan sekarang dan membayarnya nanti. Jika dilihat cara kerjanya, mirip dengan penggunaan kartu kredit, hanya saja tanpa kartu.

Dibandingkan dengan kartu kredit, kredit tanpa kartu lebih mudah diproses dan persyaratannya juga tidak sulit. Untuk menggunakannya, pengguna cukup memasukkan PIN sesuai dengan yang didaftarkan ke aplikasi. Adanya kredit tanpa kartu sangat memudahkan bagi mereka yang membutuhkan dana darurat namun tidak memiliki kartu kredit.

Baca Juga: 4 Jenis Modus Kejahatan Online yang Alus Banget!

  1. Mobile Banking

Jika dengan menggunakan kartu ATM kamu harus mencari mesin ATM terlebih dahulu untuk melakukan transaksi, dengan mobile banking semuanya tidak perlu serumit itu. Kamu cukup menggunakan aplikasi yang sudah terinstal di ponselmu dan jaringan internet untuk melakukan berbagai transaksi mulai dari transfer bank, mengecek mutasi hingga melakukan pembayaran cicilan dan pembelian produk digital seperti pulsa.

  1. QR Code

Menurut OJK, QR code adalah kode matriks dua dimensi yang dibuat untuk dikenali oleh kamera. Pembayaran dengan QR code dilakukan dengan cara memindai kode yang ada dengan menggunakan kamera pada ponsel yang terhubung dengan internet.

Pembayaran dengan QR code juga semakin meluas saat ini. Pemerintah juga sudah menyeragamkan sistem QR code yang ada di tanah air lewat QRIS (Quick Response Code Indonesian). Dengan QRIS semua merchant bisa menggunakan satu kode yang sama untuk berbagai aplikasi pembayaran.

Itu dia 7 metode pembayaran yang paling diminati di Indonesia. Untuk kamu yang memiliki bisnis dan ingin menyediakan beragam metode pembayaran bagi konsumenmu, kamu bisa menjadikan OttoPay sebagai payment gateway pilihan. Cek selengkapnya tentang payment gateway kami di sini.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: