Tips Mencegah Fraud dalam Pembayaran Online

13 Desember 2023

etika kita melakukan transaksi dengan uang tunai, kita akan mengalami sejumlah masalah mulai dari uang yang hilang, dicuri atau mendapatkan uang palsu. Begitu juga ketika kita melakukan pembayaran secara online. Masalah penipuan yang merugikan juga kerap terjadi.

Penipuan pembayaran online terjadi ketika penipu berhasil mendapatkan detail kartu kredit atau informasi pribadi korban yang mereka butuhkan untuk melakukan transaksi. Jika mereka berhasil mendapatkannya, bisnis yang menjadi korban akan mengalami kerugian akibat hilangnya barang dan jasa. Pemilik bisnis juga perlu bertanggung jawab karena adanya chargeback atau tolak bayar dari pemilik kartu asli yang mereka klaimkan ke bank.

Apa saja jenis fraud yang bisa terjadi dalam pembayaran online? Apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya agar bisnismu tidak mengalami kerugian? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Baca Juga: Ini Ciri Bisnis yang Perlu Menggunakan Mesin EDC

Kenali 3 Jenis Fraud dalam Pembayaran Online

Secara umum, ada 3 jenis fraud dalam pembayaran online berdasarkan bagaimana cara fraud tersebut terjadi. Apa saja?

Fraud yang Tidak Disengaja (Accidental/Innocent Request)

Permintaan tolak bayar seperti ini dilakukan ketika konsumen tidak mengetahui bahwa kartu atau akun mereka sudah dipakai untuk transaksi. Penipuan ini dikenal juga dengan friendly atau first party fraud karena kartu atau akun tersebut memang berada di tangan pemiliknya. Contohnya saja seperti kasus anak yang membeli barang-barang dengan kartu kredit atau akun mobile banking orang tuanya.

Opportunistic Friendly Fraud

Fraud jenis ini umumnya dilakukan dengan meminta pengembalian dana pada toko hanya karena konsumen tidak setuju dengan kebijakan pembayaran dari toko. Atau karena mereka menyesal sudah membeli barang/jasa tertentu.

Malicious Friendly Fraud

Pelaku fraud semacam ini akan berpura-pura berbelanja di tokomu kemudian meminta pengembalian dana. Misalnya saja konsumen yang memesan kue, memakannya dan meminta refund dengan mengatakan bahwa kuenya tidak enak atau sudah basi. Atau ketika ada konsumen yang memesan barang dan mengaku barang tidak sampai (padahal sebenarnya sudah sampai).

Baca juga: Apa Itu Sistem POS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bagaimana Mencegah Fraud dalam Pembayaran Online?

tips mencegah fraud
Sumber : Pexels

Bagi para pelaku bisnis, penting untuk mengidentifikasi fraud dalam pembayaran untuk mencegah kerugian. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

Lakukan Pencarian di Media Sosial

Kamu bisa mengecek data media sosial pemilik kartu dan menyesuaikannya. Jika nama konsumen sesuai dengan nama yang ada di kartu dan media sosial mereka, kemungkinan transaksi itu benar. Selain untuk mengecek, kamu juga bisa mendapatkan informasi tambahan lain terkait konsumen seperti foto profil mereka, nama lengkap dan lain sebagainya.

Lakukan Analisis IP

Selain memeriksa geolokasi, kamu juga bisa mengecek apakah konsumen tersebut melakukan transaksi dengan menggunakan VPN, proxy atau emulator. Jika ada hal-hal yang mencurigakan semacam ini, ada baiknya kamu waspada karena ada potensi fraud di dalamnya.

Lakukan Analisis Email

Bahkan data kecil seperti nomor HP atau alamat email saja bisa mengungkap banyak sekali data. Saat ini ada aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek nama pemilik nomor HP. Untuk alamat email, kamu juga bisa melakukan pengecekan keasliannya dengan menggunakan situs email checker.

Sekali lagi, jika kamu menemukan hal-hal yang mencurigakan, jangan ragu untuk membatalkan transaksi demi mencegah risiko yang merugikan.

Lakukan Analisis Telepon

Jika alamat pengiriman barang yang dicantumkan menyertakan nomor telepon atau nomor HP, kamu juga bisa menyesuaikannya. Apakah kode wilayahnya sesuai dengan alamatnya atau tidak? Apakah posisinya dekat? Atau adakah catatan yang mencurigakan terkait nomor tersebut?

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah fraud dalam pembayaran online. Untuk proses transaksi bisnis yang aman dan bebas dari penipuan, pastikan bisnismu dilengkapi payment gateway yang tepercaya. OttoPay sebagai payment gateway yang sudah tersertifikasi PCI DSS siap menjadi mitra pembayaran terbaik untuk bisnismu. Cek layanan kami di sini.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: